Sabtu, 17 Desember 2011

Ilmu Kebathinan / Mistik

Home

Saturday, December 17, 2011
6:09 PM


Alam Ghaib menurut definisi Kitab IQNA [ Review ] :
----------------------------------------
Sebelum membaca disini,anda di harapkan sudah membaca tulisan yang berjudul " Konsep jasad dan Roh" dan tulisan yang berjudul  "Antara Mantra dan Do'a".
---------------------------------------------

Imam Bujeremi,dalam kitabnya IQNA, menuliskan beberapa tingkatan alam yang terdiri dari mahluk tak kasat mata,dimulai dari alam Manusia,Ahmar,Abdul Jumud,Ahyar,Jin,Azrak,Khoarik,Thurobi,Barri,Adli,Sama',Majasi,
Malaikat,Jabarut,Qolam,dan Arsy.




Tampaknya alam ghaib yang dimaksud diatas adalah tidak memiliki rumusan yang jelas,apakah ia alam nyata atau alam fikiran.jika ia alam nyata maka tentu alam itu ada di ruang alam semesta,kalau ia ada di ruang alam semesta maka jelas ia berupa bumi / planet.bisa bumi ini dan bisa pula bumi yang lain,yang terletak di dalam sebuah tata surya dimana tata surya ini ada dalam salah satu dari ribuan galaksi yang ada di ruang alam semesta ini.dimanakah letak alam-alam ghaib ini dalam tatanan alam semesta..?



Sampai saat ini alam ghaib menurut sebagian orang ini belum jelas.kemungkinan besar bahwa alam- alam ghaib ini adalah alam yang ada di dalam ruang imaginasi fikiran.alam-alam ghaib ini adalah alam imaginer yang tercipta akibat Sihir dan sugesti yang berlebihan pada diri manusia yang mendalami masalah Mistik atau Kebathinan.



Kemungkinan lain adalah bahwa alam ghaib ini adanya di alam ini dan sesuai saja dengan tatanan alam semesta.misalnya seperti di bumi ini,terdapat alam ghaib yang tidak tampak oleh manusia.jika demikian maka pembagian alam ghaib seperti gambar diatas seakan menggambarkan bahwa alam ghaib itu terbagi dalam beberapa segmen sesuai jumlah yang tersebut diatas.dengan demikian di bumi ini terdapat beberepa alam ghaib dengan jumlah sesuai definisi dalam gambar.demikian pula di tempat lain,seperti di planet mars atau jupiter misalnya,juga di tempat lain dalam galaksi kita ini bahkan di luar galaksi.selalu terdapat alam ghaib seperti definisi gambar di atas.



Dari uraian di atas maka :

Untuk sementara sebelum didapat kejelasan letak alam ghaib ini,maka disini alam-alam ghaib seperti dalam gambar diatas, di definisikan sementara sebagai alam imaginer / imaginatif yang hanya ada di dalam fikiran.alam ini tercipta oleh Sihir,hipnotik dan Sugesti.
-------------------------------------

Sumber-sumber keterangan tentang alam ghaib :

Perjalanan Astral yang di anggap nyata :
Seseorang bisa melakukan perjalanan Astral / Ghaib,dimana dalam perjalanan ghaib ini orang bisa mengunjungi tempat-tempat seperti dalam gambar diatas dan di terima sebagai realita.sebagian orang menganggap bahwa perjalalan dan kunjungan itu adalah real melalui alam Astral / ghaib.perjalanan ini menurut pelakunya dilakukan oleh roh,ada sebagian yang menyatakan bahwa perjalanan ini dilakukan oleh sukma,bukan roh,sehingga roh tetap berada di dalam jasad selama perjalanan Astral.sukma tampaknya adalah bagian dari roh menurut konsep perjalanan ghaib ini.sukma adalah seperti duplikat roh atau duplikat tubuh dalam dimensi yang halus.dengan sukma ini lah orang melakukan perjalanan Astral atau disebut perjalanan Bathin.
Ketika proses perjalanan astral terjadi maka sebagian perasaan orang akan berada di tubuh ( jasad ) dan sebagian lagi berada pada sukma.dalam keadaan ini orang akan melihat dirinya di suatu tempat yang jauh dari tempat duduknya.ia sedang berada di alam yang berbeda nuansanya dari alam nyata.berbagai suasana di ungkapkan seperti suasana atmosfir yang lebih terang di alam astral dibanding di alam nyata,ada pakaian yang indah,bahkan ada tempat yang di kunjungi itu  di huni oleh penduduk seperti manusia yang berpakaian klasik jawa,melayu dll.adapula alam yang merupakan alam hunian Jin,dimana alam jin ini terbagi lagi menjadi berbagai macam alam.kemudian adapula perjalanan yang di lakukan di bumi seperti di perkotaan dan pedesaan,lalu ada pula yang sampai memasuki laut selatan,tempat Nyi Roro Kidul berada.adapula alam ghaib yang letaknya di dalam perut bumi,yang dikatakan dihuni oleh sebagian golongan Jin dengan ukuran gigantis/raksasa.bagaimana konstruksi hunian mereka ?..lorong / ruang / gua atau bagaimana,tidak dikatakan dengan jelas oleh orang yang melakukannya.

Yang membuat bingung adalah tempat dan kedudukan alam-alam ghaib ini.jika di bumi ini,dimana letaknya dalam peta  ?..jika di angkasa,dimana letaknya dalam peta ?..jika di permukaan bumi seperti wilayah perkotaan dan pantai selatan,ini masih bisa di ikuti akal.

Seperti keterangan dalam kitab Iqna diatas,bahwa alam ghaib itu terbagi atas :
Alam Ahmar,Abdul Jumud,Ahyar,Jin,Azrak,Khoarik,Thurobi,Barri,Adli,Sama',Majasi,Malaikat,Jabarut,Qolam,dan Arsy.
Dimanakah letak alam-alam ini dalam dimensi alam semesta ?..atau dimana letak alam-alam ini dalam galaksi bimasakti ?..atau dimana letaknya kalau alam-alam ini ada di luar bumi,apakah dekat dengan planet jupiter ?...pluto ?...atau atau dimana dalam galaksi kita ?...atau dimana letak alam-alam ini dalam peta kalau ia berada di atas bumi ini ?..
------------------------
Pertnyaan yang kemudian muncul adalah :
Apakah keterangan orang yang melakukan perjalanan ghaib itu bisa dipercaya ?..
Benarkah perjalanan astral itu nyata ?..tidakkah ia hanya merupakan imaginasi fikiran..?..ia tercipta oleh pengaruh sihir yang terjadi pada diri,pengaruh sihir ini membuat perasaan seakan berada di alam fikiran tersebut.fenomena ini sama persis dengan keadaan orang yang sedang bermimpi.dalam mimpi itu orang merasa seakan benar- benar nyata.padahal ketika bangun ia mendapati dirinya sedang terbaring di atas kasur empuknya.apakah seperti itu fenomena perjalanan astral ?...,ketika sadar,maka semua yang dialami akan sirna,dan realita perjalanan astral itu tidak lebih dari sebuah mimpi.ia ada tapi tidak nyata.atau ia ada tapi di alam sana …di alam yang mana ?..letaknya dimana ?...
-----------------------
Masalah lain adalah dipercaya-nya mimpi sebagai sebuah perjalanan roh.
Ini yang menjadi dasar kuat bahwa perjalanan astral itu dianggap perjalanan nyata yang dilakukan oleh roh atau sukma bagi.hal ini kembali pada perihal mimpi yang di sebut dalam syari'at islam.mimpi sebagai sebuah perjalanan roh dalam syari'at tidak memiliki dasar kuat baik di Al-Qur'an maupun Hadits,dasar yang dipakai adalah lemah dan terkesan di paksakan.[ lihat tulisan berjudul Mimpi dan keadaan Roh ].
jika dasar mimpi yang tersebut dalam syari'at yang menjadi dasar untuk membenarkan bahwa perjalanan astral itu nyata,maka kebenaran perjalanan astral menjadi lemah.[ lihat tulisan berjudul Mimpi dan keadaan Roh ]
Perjalanan astral ini tidak lebih dari upaya manusia untuk memasuki dunia mimpi.perjalanan astral ini sama saja dengan bermimpi.dengan kata lain adalah bahwa perjalanan astral adalah perjalanan yang terjadi dalam mimpi dan bukan merupakan perjalanan roh atau sukma,melainkan sebuah fenomena yang terjadi di alam bawah sadar.yang dipicu oleh media sihir,hipnotik dan sugesti.dengan cara ini orang bisa mengarahkan / mengendalikan alam bawah sadar ( alam mimpi ) ini menurut kehendaknya.sebagian kehendak di alam bawah sadar ini terjadi adalah atas bantuan mahluk halus ( jin ),baik disadari ataupun tidak disadari,dasarnya adalah adanya mantra yang digunakan.

Alam Bawah Sadar : Adalah keadaan dimana seseorang dalam keadaan tidak sadar ( umumnya dalam keadaan tidur atau setengah tidur ),dimana seakan fikiran dan perasaan melakukan aktivitas yang bersifat maya ( imaginer ).fikiran dan perasaan beraktivitas dalam ruang yang tercipta oleh daya imaginasi.ruang ini bisa saja berupa kota-kota yang ada di lingkungannya,kemudian ada ruang yang berbeda,ruang ini yang merupakan ruang dalam definisi sejumlah alam ghaib menurut kitab Iqna di atas.ruang ruang ini tercipta karena pengaruh Sihir,Hipnotik dan sugesti.ruang-ruang seperti alam Jin atau seperti ruang-ruang dalam definisi kitab Iqna diatas bisa tercipta oleh bantuan Sihir golongan Jin,atapun bantuan sihir dari Mantra yang di baca.
____________
Pintu-pintu Ghaib yang di anggap merupakan seperti pintu masuk ke alam ghaib yang bisa di masuki dengan ayat sihir ( mantra ) tertentu,adalah merupakan suatu fenomena yang tidak rasional,setiap pintu ghaib itu dimasuki dengan ayat sihir tertentu yang seakan merupakan password.salah melafalkan password,maka bisa nyasar ke pintu lain yang tidak di inginkan.begitu password selesai di lafalkan atau di niatkan,maka tiba-tiba dengan suatu kejadian aneh orang merasa bahwa sebagian perasaannya ada dalam dirinya yang telah berada di suatu tempat yang lain,sementara sebagian perasaannya lagi ada dalam dirinya yang sedang duduk bersemedi atau berbaring di tempat tidur.ini adalah alam mimpi ( buatan ).
__
Fenomena ini bisa dikatakan nyata jika : Diri itu dalam keadaan sadar,lalu melafalkan mantra ( ayat sihir ),kemudian lingkungan tiba-tiba berubah dalam fenomena yang berbeda dari biasanya.disekitar tampak mahluk-mahluk yang bukan manusia,yang bercampur dengan manusia,dimana manusia di sekitar tidak melihat adanya mahluk -mahluk yang bukan manusia tersebut.kondisi seperti ini baru bisa di katakan terjadi di alam nyata.merupakan bagian dari realita kehidupan.bukan alam bawah sadar yang terkesan di paksakan untuk diterima sebagai realita kehidupan.hanya orang yang terlena oleh pengaruh sihir yang mau menerima alam bawah sadar sebagai suatu realita.
__
Alam Ghaib menurut Al-Qur'an :
Alam Ghaib ini ada di sekitar kita,ia adalah realita bukan imaginer.indra manusia yang terbatas daya jangkaunya hingga dimensi astral ( ghaib ) ini tidak terdeteksi oleh indra maupun perangkat manusia.kalau dalam surah Al- Jin : 26- 27 sudah dikatakan bahwa yang ghaib itu tidak terjangkau manusia kecuali para nabi / rasul,maka ini artinya bahwa alam ghaib itu tidak bisa di jangkau manusia biasa.kalau orang masih juga mencoba menjangkaunya,maka kesesatanlah akhirnya.apakah perjalanan astral bukan sebuah kesesatan ?...bisakah alam astral di jangkau dengan ilmu bathin dengan hanya melafalkan ayat sihir tertentu ?..Allah SWT sudah mengingatkan bahwa hal itu tidak bisa di jangkau manusia biasa,kecuali gol.para nabi / rasul.adakah orang-orang yang menguasai ilmu kebathinan yang bisa masuk ke alam ghaib itu adalah gol.para nabi / rasul ?...kapan kita yang mengaku sebagai umat nabi Muhammad SAW bisa tidak membantah surah Al-Jin : 26-27...ini ?...kapan kita bisa menerima bahwa gol.para nabi / rasul itu adalah bukan kita....ini logika syari'at
___
Kalau dalam keadaan bermimpi,maka kesadaran orang akan penuh berada dalam dirinya yang sedang berada di alam mimpi,dalam perjalanan astral kesadaran itu terbagi,sebagian masih ada di tubuh ( mungkin tubuh dlm posisi bersemedi ),sebagian berada didalam dirinya yang dilihat sedang berada di tempat lain.dengan keadaan dua tempat ini maka perjalanan astral itu tidak berjalan begitu saja seperti dalam mimpi,karena ada hubungan antara diri yang sedang bersemedi dengan diri yang sedang bermimpi / di alam mimpi.keadaan dua tempat ini membuat perjalanan astral itu bisa di kontrol,diri itu bisa di buat bangun jika dikehendaki.kalau mimpi alami,maka diri itu akan bangun bilamana proses mimpi itu berakhir,atau ada sebab lain.
___
Fenomena perjalanan astral ini sepertinya adalah kemampuan / usaha membuat diri untuk masuk dalam dunia bawah sadar.
Dunia bawah sadar adalah dunia imaginatif,ia adalah dunia yang sama dengan dunia yang ditemui dalam mimpi.ruang dunia bawah sadar ini samasekali tidak ada di ruang alam semesta,ia adalah ruang maya.segala sesuatu yang terjadi di alam bawah sadar ini tidak bisa di katakan terjadi di alam nyata.mimpi adalah mimpi.

Kalau orang bisa memanfaatkan dan mengendalikan alam mimpinya,maka ini perkara lain,mimpi seperti ini berhubungan dengan perkara daya imaginasi,sugesti,hipnotherapy,pengaruh sihir ( adanya permintaan dalam ayat sihir ) dan adanya bantuan pengaruh yang juga bermuatan sihir dari mahluk Astral ( Jin ) yang membawa dunia imaginer ini menjadi lebih hidup dan seakan benar- benar nyata.padahal ia sedang terbaring di kasur empuknya atau sedang semedi.
Hypnotherapy : Terapi yang di berlakukan pada diri sehingga kondisi tubuh mengalami keadaan seperti tertidur .
Sugesti : Upaya yang memicu fikiran dan perasaan untuk menciptakan sesuatu dalam fikiran dan perasaan sesuai yang di inginkan.
___
Alam Ahmar,Abdul Jumud,Ahyar,Jin,Azrak,Khoarik,Thurobi,Barri,Adli,Sama',Majasi,Malaikat,Jabarut,Qolam,dan Arsy....alam- alam ini tidak terdapat dalam Al-qur'an dan Al-Hadits.dimanakah letak alam-alam ini ?...apakah semua alam ini ada di bumi, dimana kata alam disini hanya merupakan pembagian dalam segmen Hijab ?...ataukah alam- alam ini ada dalam gugusan galaksi di ruang alam semesta ?..di galaksi mana sajakah mereka berada ?..ataukah alam- alam ini adanya hanya di galaksi Milky Way ( Bima Sakti ) ?...jika alam- alam ini tidak jelas letak keberadaannya di ruang alam semesta ini,maka jelas bahwa alam-alam ini adalah alam maya,alam yang hanya ada dalam fikiran orang yang sedang bermimpi,baik mimpi alami maupun mimpi buatan.alam-alam ini berada di ruang maya,yang hanya akan ada jika seseorang masuk dalam ruang bawah sadar ( Alam Bawah Sadar ).Kehidupan itu adanya di alam nyata ( Ruang Alam Semesta ),bukan di alam yang tidak jelas letak atau keberadaannya dalam tatanan ruang alam semesta,apalagi alam yang keberadaannya di dapatkan dalam mimpi ( mimpi buatan atau mimpi alami,sama saja ).
Alam-alam di atas tidak tersebut dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits,melainkan hanya sebuah penjabaran.dan penjabaran ini dilakukan ketika IPTEK manusia masih belum mengenal wujud bumi,tata surya dan galaksi.definisi alam-alam ghaib ini adalah produk zaman lama,zaman dimana manusia berfikir hanya dalam ruang lingkup bumi yang sempit.untuk zaman sekarang dimana IPTEK manusia sudah menjangkau pengetahuan tata surya dan galaksi,maka definisi alam-alam ghaib ini seakan menjadi sesuatu yang mesti di perbaiki atau di luruskan dengan mengkaji kembali syari'at dan hubungannya dengan petunjuk- petunjuk zaman.
___
Kelemahan perjalanan astral yang membuatnya tertolak sebagai bagian dari realita kehidupan :

Adanya perasaan bahwa diri berada di dua tempat,satu di dunia ghaib dan satu di dalam tubuh yang berada dalam keadaan pasif ( dalam kamar dlm posisi berbaring atau bersemedi dll ).seseorang akan merasa bahwa ia dengan roh atau sukma-nya dalam istilah konsep Ilmu Bathin atau Ilmu Mistik, sedang melakukan sesuatu di suatu tempat,sementara ia juga merasa bahwa ia masih ada di tempat duduk atau pembaringannya.
Kalau hal ini mau di akui secara jujur,maka insya Allah bahwa perasaan yang benar adalah bahwa ia berada didalam dirinya yang sedang duduk / terbaring di rumahnya.hanya karena sugesti,hypnotis dan sihir ( akibat mantra ) yang membuat perasaannya di paksa mengakui bahwa ia benar-benar berada di dunia ghaib.dunia ghaib itu adalah dunia bawah sadar,dunia maya atau dunia mimpi.
Dengan adanya Tali Jiwa ( demikian sebutannya dalam konsep Ilmu bathin atau Mistik ),maka orang yang merasa berada di dunia ghaib akan tetap terhubung dengan jasad kasarnya yang mungkin sedang berbaring atau duduk dikamar.
Perjalanan Astral bisa di akui benar, kalau benar-benar keduanya ( roh dan jasad ) terpisah.dimana perasaan hanya ada pada roh.sementara jasad berada dalam keadaan seperti tertidur dimana system organiknya berjalan normal.kemudian roh bisa kembali ke jasad ketika telah kembali dari perjalanan.
Jadi kalau hanya perasaan bahwa seseorang sedang berada di alam ghaib,dimana seakan- akan ia melihat dirinya sedang melakukan sesuatu di tempat lain,lalu kemudian ia kembali dan kemudian ia sadar seakan baru bangun dari tidur,maka ini jelas adalah mimpi yang bersifat buatan ( mimpi buatan ).dan hal ini samasekali bukan perjalanan ghaib,ini mimpi yang di buat oleh sugesti,hypnotis dan sihir.

Contoh :
Ada orang yang melakukan perjalanan ghaib ke pantai selatan,kemudian ia di beri sesuatu berupa keris atau benda apalah namanya dari Nyi Roro Kidul.lalu kemudian dalam perjalanan ghaib itu,ia pulang dengan membawa benda-benda pemberian tersebut.ketika sampai di rumahnya,ia kembali ke jasadnya,begitu kira-kira teorinya.setelah itu ia bangun.apakah ia mendapatkan benda-benda itu ?..tidak !.
Jelas bahwa fenomena ini adalah mimpi,hanya saja ini mimpi buatan bukan mimpi alami.tapi statusnya sama saja dengan mimpi alami.
___
Ilmu Kebathinan ( Raga Sukma,Terawangan,Menembus Alam Ghaib ) dan Budaya- budaya yang menjadi Landasannya :
Didalam budaya animisme dan budaya campuran antara animisme dan hindu ( ini busaya campuran,bukan Hindu murni,maaf ) seperti di Indonesia,ada suatu Ilmu Kebathinan yang disebut LEAK.Ilmu Kebathinan lain yang sejenis LEAK ini banyak di anut di daerah- daerah lain di tanah air,hanya namanya saja yang berbeda,di kalimantan sering disebut hantu orang,di sulawesi sering di sebut "PARAKANG" atau "PEPPO".perbedaannya dengan LEAK hanya sedikit dan semua Ilmu Kebathinan atau Mistik ini memiliki Konsep bahwa sebagian dari diri,fikiran dan emosi keluar dari jasad ( badan ) dan di percaya melakukan suatu aktivitas nyata di suatu tempat dalam dimensi ghaib.
___
Menurut kepercayaan tiap daerah yang terdapat fenomena seperti ini,bahwa mereka ( para penganut Ilmu Kebathinan tsb ) akan bergentayangan ke rumah-rumah penduduk untuk mencari bayi dan ibu hamil atau apalah yang menjadi targetnya secara umum.
Hal ini bisa diterangkan dengan pendekatan sebagai berikut,pelaku akan merasa bahwa dirinya terbagi menjadi dua,dan dirinya yang ia lihat dalam fikirannya sedang bergentayangan tersebut akan melakukan sesuatu sesuatu tuntutan Ilmu Kebatinan yang ia pelajari atau sesuai tujuan atau niat dalam hatinya yang di perkenenkan oleh Ilmu Kebathinan atau Mistik tersebut ( misalnya mencari darah dari seorang bayi,baik itu bayi yang baru lahir atau bayi yang masih berada dalam kandungan).ketika ia merasa telah berhasil,maka ia akan kembali ke jasadnya.saat sadar maka ia akan merasakan sesuatu di mulut,tenggorokan dan perutnya seakan ia benar-benar telah meminum darah bayi tersebut.dan perasaan ini di rasakan benar-benar seperti nyata karena sebagian fikiran dan perasaannya di pengaruhi oleh sihir.padahal sebenarnya,ia tidaklah melakukannya secara nyata melainkan dalam mimpi buatan saja.akan tetapi Ilmu Sihir itu telah bekerja kepada bayi,yang bisa menyebabkan kematian sang bayi dengan kondisi seperti terhisap darahnya oleh mahluk halus.jadi disini yang bekerja adalah SIHIR semata ,bukan orangnya atau rohnya yang melakukan secara real.dalam hal ini pelaku Ilmu Kebathinan tersebut telah melakukan pembunuhan.
Disisi lain,terkadang orang bisa mengetahui pelakunya lewat Ilmu Kebathinan pula,atau orang bisa melihat dalam penampakan sekilas,atau dalam fenomena orang kesurupan,dimana orang kesurupan itu akan menyebukan nama pelakunya...akan tetapi hal ini tidak bisa di percaya...karena keterangan ini berasal dari Syaitan,jadi kemungkinan pelaku yang di sebut oleh orang kesurupan atau pelaku yang ada dalam penampakan atau pelaku yang dilihat oleh orang dengan Ilmu Bathinnya...adalah FITNAH KEJI IBLIS BELAKA.sama dengan orang yang di curigai menganut Ilmu Leak,terkadang menurut cerita bahwa di sekitar rumah orang tersebut sering nampak mahluk mengerikan yang sedang meneteskan air liurnya ke bawah lantai rumah ( rumah panggung ).namun sekal lagi bahwa ini tidak bisa dipercaya,sebab IBLIS bisa melakukan fitnah kepada orang lain,padahal pelakunya bukan orang yang di curigai tersebut.jadi hati- hatilah dalam menuduh orang...segala tuduhan yang timbul dari keterangan yang berlandaskan Ilmu Ghaib 99.9% adalah fitnah untuk mengadu domba manusia.dan 0.1 % adalah faktor kebetulan.keterangan dari Ilmu Kebathinan tidak bisa di jadikan landasan sebuah kebenaran.
___
Kembali kepada pokok pembahasan,bahwa Ilmu Kebathinan yang disebut perjalanan Ghaib seperti Raga Sukma,Terawangan dan menembus alam jin adalah sama saja cara kerjanya dengan cara kerja Ilmu Kebathinan seperti Leak dan sejenisnya.hanya saja dalam Raga Sukma dan Terawangan serta Menembus Alam Jin,tujuannya adalah berbeda.sedangkan dalam Ilmu Leak dan sejenisnya adalah kebanyakan perbuatan mudharat.

Kemudian...orang lain yang sering membawa cerita mengenai leak atau sejenisnya,sering melebih- lebihkan cerita supaya terkesan lebih magis,ini tradisi masyarakat.sehingga kebenaran akan cara kerja Ilmu Kebathinan ini menjadi kurang di ketahui,kecuali adanya penampakan mahluk terbang tanpa kepala atau adanya kematian bayi yang ganjil.padahal semua itu sebenarnya adalah sihir semata,mahluk terbang tanpa kepala adalah sihir,kematian bayi adalah akibat sihir,kedua fenomena ini tidak dilakukan secara fisik oleh pelaku.demikian pula cerita penganut Ilmu Leak yang bisa berubah menjadi hewan seperti kucing...semua itu adalah pengaruh sihir pada panca indra manusia,bukan orang itu yang benar-benar menjadi kucing,mungkin ia tetap dalam wujud manusia,mungkin juga ia dalam wujud manusia tapi perasaannya ia seperti seekeor kucing,ada sihir yang bisa bekerja seperti ini.terkadang sihir itu tidak bisa di duga batasannya.namun bagi manusia yang melihatnya,maka semua itu tidak nyata,semua itu adalah rekayasa sihir belaka.sifatnya temporer.akan tetapi akibat sebuah sihir tidaklah khayal,ia nyata dan bisa membunuh manusia.
Kalau kita kembali pada masalah budaya ...maka budaya olah kebathinan ini telah lama ada,bahkan sebelum agama Islam lahir.di Indonesia budaya ini diperkirakan berasal dari faham Animisme,lalu setelah Agama Hindu masuk,maka keduanya menjadi tercampur,.setelah Islam datang ke Indonesia,maka terjadilah pencampuran dari tiga faham ini ( Animisme,Hindu dan Islam ).hal ini tercermin dalam budaya masyarakat Islam yang masih membawa tradisi dari luar Islam seperti melakukan bakaran di senja hari di depan rumah,persembahan yang di tempatkan di pohon-pohon atau di pinggir hutan dibawah pohon yang di anggap angker,dll.
Islam tidak pernah membawa budaya-budaya masyarakat yang sudah tua ini dalam syari'atnya,kecuali hal itu di anggap sebagai toleransi dalam usaha dakwah agar tidak menimbulkan konflik yang bisa menyebabkan Islam menjadi sukar diterima sebagai pengganti agama lama.

Lalu bagaimanakah dengan Raga Sukma dan Terawangan ?...dua Ilmu Kebathinan ini sangat banyak macam dan penganutnya.tidak hanya di Indonesia,bahkan di amerika,suku-suku Indian juga banyak yang melakukannya,Ilmu Terawangan sering muncul dalam film-film Indian Amerika,ini bukan rekayasa film,tapi adalah tradisi suku-suku Indian,yang mayoritas menganut faham animisme.dari kondisi-kondisi di atas bisa sedikit di raba,bahwa Ilmu Kebathinan bukanlah Tradisi Islam,melainkan Tradisi Nenek Moyang yang sifatnya turun temurun dan ada pula yang muncul diantara kurun waktu tertentu dalam sebuah generasi yang dibawa oleh orang yang bisa melakukan hubungan dengan dunia ghaib baik sengaja maupun tidak sengaja.

Di Indonesia, orang yang mengkaji Ilmu Kebathinan seperti LEAK dan sejenisnya dianggap atau di tafsirkan orang sebagai orang yang salah jalan ( salah dalam mengkaji Ilmu ).sedagkan untuk Raga Sukma dan Terawangan,di anggap biasa-biasa saja,bahkan banyak orang Islam melakukannya dan menafsirkannya sebagai Ilmu Allah ( maksudnya ilmu yang halal ).wallahu'a'lam bissawwab,saya tetap menganggap bahwa Raga Sukma,Terawangan dan segala persamaannya adalah Sihir.ia tidak termasuk dalam kategori Karomah apalagi mukjizat,banyak orang tidak berhati-hati dalam penyebutan sehingga Sihir kebanyakan di anggap sebagai Karomah bahkan Mukjizat.semua ini kembali pada keyakinan dan pemahaman masing-masing.hanya saja kasihan pada generasi penerus kalau-kalau mereka nanti terjerumus ke jalan yang salah karena salah dalam mewarisi pendahulunya.
Kemudian Ilmu kebathinan seperti PESUGIHAN dan sejenisnya,Ilmu Kebal dan sejenisnya,dan semua atribut- atribut seperti ayat-ayat sihir dan tulisan-tulisan dalam benda-benda magis termasuk pusaka,harus di cermati kembali dengan mengkaji syari'at lebih dalam.karena banyak orang terjerumus akibat pemahaman akan syari'at yang terlalu dangkal.Ilmu Tauhid telah banyak membahas hal ini,barangkali ia bisa membantu.dan sebagai tambahan adalah Ilmu Fiqih.semua ilmu yang disebutkan tadi di sinyalir sebagai sihir ( bukan Karomah apalagi Mukjizat ).
Ilmu Santet dan sejenisnya,semua adalah Sihir,Ilmu seperti susuk dan sejenisnya adalah Sihir,dan masih banyak lagi Ilmu Kebathinan atau Mistik lainnya.
Yang jelas,bahwa Ilmu Sihir itu adalah segala kekuatan supernatural yang dimiliki manusia,dimana manusia memiliki kuasa atas penggunaannya.adapun Karomah,ia bekerja tanpa kuasa pemiliknya,Karomah bekerja begitu saja,tanpa di minta atau di mohonkan kejadiannya,jika di minta atau di mohonkan juga belum tentu di kabulkan kejadiannya.Karomah adalah urusan Tuhan mengenai kejadiannya.tidak sperti sihir yang bisa di kehendaki kapan saja.
---------------
Catatan :
Segala macam Ilmu Sihir yang mengarah pada seseorang untuk tujuan tertentu apalagi mudharat,bisa di hindari dengan cara menjalankan Rukun Islam dengan BENAR,di tambah dengan Dzikir dan membaca Al- Qur'an di waktu-waktu tertentu,terutama malam jum'at,karena kekuatan syaitan tampaknya sangat kuat pada malam jum'at.apalagi malam Kliwon bagi orang di jawa,malam Jum'at Kliwon adalah malam yang sakral,mungkin merupakan malam yang seram,entahlah.
----
Perpaduan budaya menimbulkan perpaduan ajaran agama :
Perlu di ingat bahwa di dalam Agama Hindu,Sihir adalah bagian dari Kitab Sucinya,janganlah menyamakan Al_Qur'an dengan Kitab Suci Agama Hindu,Kitab Suci Agama Islam itu murni sebagai petunjuk,tidak mengandung muatan sihir sedikitpun.jadi jangan di seret ke dalam kawasan sihir dengan mencari-cari persamaannya dengan kepercayaan lain.tidak bisa di pungkiri bahwa umat Islam yang ada di Indonesia adalah terpengaruh dengan budaya ajaran lama,seperti animisme / kepercayaan rakyat / kepercayaan leluhur,Hindu dan Budha.pengaruh-pengaruh ini sebaiknya di bersihkan.Kitab Suci Agama Islam itu tidak untuk diperlakukan seperti itu,Kitab Al_Qur'an adalah untuk di pelajari agar umat memiliki kemampuan Intelektual dan Ahlak yang tinggi,kemudian kalau ia di baca,maka ia akan menjadi obat oleh sebab Rahmat dari Allah SWT.
___
Ilmu Kebathinan kemungkinan besar adalah SIHIR / Bukan Karomah:
Bagaimana mungkin Ilmu kebathinan bisa di anggap sihir ?...
Ilmu Kebathinan : adalah segala kekuatan supernatural yang dimiliki manusia,dimana manusia memiliki kuasa atas penggunaannya.
Ilmu Allah ( pemberian berupa Karomah atau Mukjizat ) : Adalah segala kekuatan supernatural yang terjadi pada sebagian manusia,dimana manusia tidak memiliki kuasa atas penggunaannya.semata-mata terjadi karena kehendak Allah SWT.
___
Catatan : Disini Kata "Ilmu Allah" digunakan sebagai definisi yang berkebalikan dari Ilmu Kebathinan.sebenarnya semua adalah Ilmu Allah,maksudnya Allah yang menciptakan atau mengadakan Ilmu tersebut.kata "Ilmu Allah" dalam definisi adalah Ilmu yang yang terjamin hukumnya sebagai hal yang halal.bisa di asumsikan bahwa Ilmu Kebathinan adalah Ilmu manusia yang diperoleh dari karunia Sihir yang hukumnya tidak bisa di jamin sebagai hal yang halal.baca Al-Baqarah : 102.
___
Dari dua definisi di atas menjadi jelas bahwa Ilmu Kebathinan kemungkinan besar adalah Sihir,sedangkan yang di asumsikan orang sebagai Ilmu Kebathinan tapi termasuk dalam definisi ke dua di atas,maka ia tidak bisa disebut sebagai Ilmu Kebathinan,sebab Ilmu Kebathinan sifatnya adalah di olah,sedangkan Ilmu Allah tidak di olah,Ilmu Allah terjadi begitu saja pada seseorang dimana orang itu sendiri tidak pernah menyangka dan tidak pula pernah memintanya dalam perbuatan olah kebathinan.jadi jelas bahwa Ilmu Kebathinan adalah di olah,sehingga apapun wujud karunia yang di berikan adalah termasuk dalam Kategori Karunia yang disebut SIHIR.Tuhan tidak pernah menganjurkan manusi mencari kekuatan supernatural,tidak ada anjuran dalam Hadits maupun Al-Qur'an.
masalah penggunaan mau bermanfaat atau mudharat itu berhubungan dengan perkara resiko.akan tetapi,walaupun Sihir itu dipergunakan untuk kebaikan seperti pengobatan dll,maka tetap saja ia mengandung resiko bagi umat Islam.harus di sesuaikan dulu dengan aturan Islam,kalau benar-benar sesuai,maka bisa di lakukan,kalau tidak,maka jangan meng-ada-ada atau memaksakan kehendak dengan alasan yang di buat-buat.
------------
Tips :
Jika ingin sehat,Jalankan  Rukun Islam dan biasakan membaca Al-Qur'an dan jangan pernah meninggalkannya terutama sholat lima waktu.sedangkan ihktiar yang lain adalah berobat ke dokter,sebab ilmu kedokteran adalah usaha akal,ia lebih halal dari Sihir.
Dzikir : ini adalah upaya orang yang memiliki kemauan kuat,upaya ini jarang bisa dilakukan orang yang kemauannya lemah atau timbul tenggelam kemauannya.Dzikir adalah obat selain membaca Al-Qur'an dan pelaksanaan Rukun Islam dengan benar dan menerus ( istiqomah ).
Dengan mengerjakan aktivitas di atas,di tambah perbaikan perbaikan pada ahlaq,maka hal ini akan mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker dan stroke.silahkan anda cermati hal ini pada orang-orang shaleh.
Penyakit seperti Stroke jika di cermati,ada hubungannya dengan entitas Iblis yang pernah dikatakan Rasulullah SAW : "Sesungguhnya Iblis bisa berjalan didalam tubuh seperti berjalannya aliran darah".entitas ini jika bisa dirasakan,pengaruhnya kuat pada bagian sebelah kanan tubuh.perhatikan penyakit stroke,kebanyakan timbul kelainan tubuh di bagian sebelah kanan.
Penyakit-penyakit mematikan lainnya,sedikit banyak memiliki hubungan dengan entitas Iblis di atas,ini pandangan dalam kacamata agama.adapun dalam pandangan medis,menjadi urusan dunia medis.medis juga merupakan ikhtiar akal yang dihargai tinggi.jika di kombinasi antara agama dan medis,maka ini akan lebih baik.
------------
Tarikat : Sebagian Tarikat adalah upaya mengolah diri agar bisa memperoleh Ilmu Kebathinan ( Supernatural ).sebagian lagi Tarikat adalah usaha pendekatan kepada Allah SWT dengan berharap bisa mendapat Ridha dan Rahmat-Nya,jadi semata-mata mengarap RIDHA.orang yang mengharap ridha jika ia mendapatkannya maka ia di sebut mendapat rahmat.sedangkan orang yang bertarikat untuk mendapatkan kekuatan supernatural,maka ia akan mendapat karunia,karunia ini adalah sihir.kembali kepada orang yang bertarikat mengharap ridha,orang yang di jalan ini bisa memperoleh Karunia yang termasuk dalam kategori KAROMAH.Karomah tidak diperoleh oleh orang yang bertarikat untuk tujuan mendapatkan kekuatan supernatural,kalau kemudian ia mendapat Karomah,maka ini bukan karena Tarikatnya,melainkan karena Qadha dan Qadharnya,disinilah sering terjadi salah penafsiran atau pamahaman.

Penyakit: Adapun orang yang telah menjalankan Rukun Islam dengan benar,rajin membaca Al- Qur'an ( memahami makna atau membacanya,lebih baik dengan tartil ),rajin berdzikir kemudian telah berobat dengan berbagai jasa medis ( dokter ) namun tak kunjung sembuh....maka bersabarlah...koreksi kembali diri ...perbuatan / kekhilafan apa yang pernah di lakukan di masa lalu yang melanggar larangan atau tidak mentaati perintah Allah SWT..?...adakah itu salah satu dari dosa besar..( Musrik,Zinah,Fitnah,Munafik atau membunuh manusia atau mengambil riba )?...jika ada maka bersabarlah...jangan jerumuskan diri ke pengobatan sihir yang mana hanya akan menambah tinggi hukuman,memang mungkin akan sembuh dengan sihir,tapi gunakan akal sehat...tidakkah kita sedang di uji dengan di arahkan pada pengobatan sihir sebagai pilihan yang sulit ?..jika pilihan ini di ambil maka sama saja dengan menjerumuskan diri ke dalam siksa neraka,sementara pintu pengampunan sedang terbuka untuk diri,sayaratnya adalah SABAR.....ketika sebuah pilihan di berikan,wafat bersama penyakit dalam keadaan di ampuni atau sembuh dari penyakit karena obat sihir,orang cenderung memilih sembuh....semua ini kembali pada diri masing- masing.
____________________________________________
Demikian pendekatan-pendekatan yang bisa di lakukan.selebihnya kembali pada keyakinan dan pemahaman masing-masing.
-------------------------------------------------------------------

Rasulullah Muhammad SAW dan Hal Ghaib :

Firman Allah:
Al-An’aam: 50
Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepada kalian bahwa disisiku gudang-gudang rezki Alloh, dan akupun tidak mengetahui hal yang ghaib”.
Al-A’raaf: 188
Katakanlah: aku tidak memiliki untuk diriku manfaat dan tidak pula (menolak) mudharat, dan jika seandainya aku mengetahui hal yang ghaib tentulah aku akan (memperoleh) kebaikan yang amat banyak dan tidak akan pernah ditimpa kejelekkan”.
Al-Jin :26.
(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu.
Al-Jin : 27.
Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga- penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.
___
Empat Ayat Al-Qur'an di atas adalah cukup jelas mengenai Rasulullah Muhammad SAW dan hal Ghaib.

Rasulullah SAW : Ia jelas tidak tahu menahu masalah Raga Sukma dan Terawangan,Ia tidak tahu menahu masalah bagaimana cara menembus alam Jin,sebab beliau ketika berda'wah pada gol,Jin,Hijab itu dibukakan tanpa melalui suatu upaya.Ia juga tidak tahu menahu akan kejadian- kejadian yang akan terjadi dimasa datang,seperti yang dilakukan para peramal.

Rasulullah SAW : Mengetahui hal Ghaib adalah karena Karunia yang disebut Mukjizat,yang sifatnya sementara.Karunia itu bekerja bukan atas kehendaknya.karunia itu datang dan pergi atas kehendak Allah.Karunia itu tidak dalam kuasa beliau,sehingga tidak ada upaya beliau menggunakan karunia itu secara bebas walaupun itu untuk kepentingan umat,karena memang tidak mungkin.Air yang pernah keluar dari sela- sela jarinya adalah terjadi tanpa di sangka- sangka.tidak ada terdengar bahwa setelah kejadian itu beliau sering menggunakan jarinya untuk memperoleh air.demikian pula karunia beliau yang lain.semua karunia itu adalah sebuah pertanda bahwa beliau benar-benar seorang utusan Allah SWT.

Rasulullah SAW : Ia tidak pernah bersahabat dengan Malaikat,tidak pula ia bersahabat dengan Jin.berita-berita yang menyatakan bahwa beliau bersahabat dengan Jin Muslim adalah Dusta yang di buat- buat.

Rasulullah SAW dan Peristiwa Mi'raj : Sebagian ulama mungkin sepakat bahwa yang melakukan Mi'raj adalah Roh Rasulullah SAW.namun hal ini mesti dicermati lagi.
Dalam peristiwa ini disebutkan sebuah sarana yang membawa beliau sampai ke langit ke- 8 ( Sidrat Al-Muntaha ),sarana ini disebut-sebut dengan nama BOURAQ.Bouraq ini di gambarkan mirip kuda terbang.namun melihat bahwa perjalanan Mi'raj adalah perjalanan antar bintang di galaksi ( Insya Allah masih dalam Galaksi Bimasakti / Milky Way ),maka kemungkinan besar Bouraq yang di gambarkan seperti kuda terbang itu tidaklah demikian adanya.dalam perjalanan harus ada cukup persediaan OKSIGEN dan persedian lainnya yang diperlukan oleh tubuh.sehingga besar kemungkinan bahwa BOURAQ adalah sebuah kendaraan antar bintang,dimana kendaraan ini juga yang dulu membawa nabi Adam as dan Hawa dari Surga ke Bumi ini.inilah misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan.kalau sebagian berasumsi bahwa yang melakukan MI"RAJ adalah roh Rasulullah SAW,maka ini sama saja dengan mengatakan bahwa yang di bawa ke bumi ini dulu adalah roh nabi Adam as dan roh Siti Hawa.kalau hal ini diterima,maka kita semua manusia ini adalah roh.....

Tapi kenyataannya tidaklah demikian.dan kita tidak mungkin pula bisa mengakui bahwa Surga itu adalah TAMAN EDEN yang dulu terletak di daerah Babilonia sebagaimana umat Nasrani mempercayai dan mengakuinya sebagai TAMAN SURGA tempat nabi Adam as dan Hawwa di tempatkan setelah diciptakan. kita umat Islam mempercayai dan mengakui bahwa Surga itu tidak berada di atas bumi kita ini,dan hal ini merupakan keterangan dalam syari'at ( Al- Qur'an dan Al- Hadits ).

Jadi perjalanan Mi'raj Rasulullah Muhammad SAW samasekali bukan perjalanan Astral ( ghaib ),ini adalah perjalanan diri Rasulullah SAW secara utuh sebagai manusia.

Dai uraian di atas,maka bukanlah hal yang tepat jika umat ini mencari yang disebut perjalanan roh atau perjalanan ghaib,karena Rasulullah Muhammad SAW,tidak pernah melakukannya.

Jadi pada akhirnya,jangan cari apa yang disebut perjalanan ghaib,terawangan atau semacamnya,karena hal ini tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW.
____________________________

Tulisan ini bisa benar dan bisa salah menurut anda,terserah pada pendapat anda.

Semoga bermanfaat.
Trims._______________________ht@2011


Contacts :
Email : djibreell@gmail.com