Rabu, 14 Desember 2011

Kematian dan Kiamat


Home

Kematian dan Kiamat ( sebuah pendapat ) :





“Benarkah bahwa jasad manusia akan di ciptakan kembali ?..atau kehidupan setelah wafat adalah kehidupan roh yang abadi dimana jasad tidak lagi diciptakan ?...”

Hal ini akan di perjelas kembali melalui penelusuran2  di bawah ini :

[ Tulisan ini hanyalah pandangan akan sebuah kemungkinan,keputusannya ada pada anda masing2 atau ada di tangan para ulama,silahkan konsultasi dengan ulama baik anda setuju atau tidak setuju dengan tulisan ini ].
----------------------

Kematian / Wafat.

Allah berfirman: "Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan.[ Al-A’Raaf :25 ]

Dan Dialah Allah yang telah menghidupkan kamu, kemudian mematikan kamu, kemudian menghidupkan kamu (lagi), sesungguhnya manusia itu, benar-benar sangat mengingkari nikmat.[ Al-Hajj : 66 ]

… sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat- malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.[ Al-An’aam : 61 ]

[ Kesepakatan yang ada selama ini adalah bahwa,kematian adalah tidur panjang,menanti hingga kiamat besar tiba dimana nanti,jasad di ciptakan kembali lalu di satukan dengan roh,lalu di kumpulkan di padang mahshar untuk menjalani Shirath dan Syafaat  yang prosesnya memakan waktu 40 tahun.]

Menurut pandangan saya < saya bukan siapa2 bagi anda,silahkan cerna tulisan saya >,bahwa yang di maksud ayat ayat tersebut di atas pada hal yang berkenaan dengan kehidupan duakali adalah,bahwa pertama manusia itu lahir ke dunia,ini adalah kehidupan pertama,lalu kemudian manusia itu di wafatkan.kemudian dibangkitkan dalam wujud  “roh”,inilah kehidupan yang kedua itu.kapan kehidupan yang kedua ini terjadi ?...menurut saya < ingat,saya bukan siapa2 bagi anda,silahkan cerna tulisan saya karena resiko ada pada anda >,bahwa proses wafat itu adalah proses pemisahan jasad dan Roh,saat proses ini manusia akan di tidurkan ( di wafatkan oleh para malaikat ). ketika jasad dan roh telah terpisah,maka roh segera akan dibangunkan,inilah makna ayat di atas yang berbunyi “dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan” juga makna ayat diatas yang berbunyi  “kemudian menghidupkan kamu (lagi)”.lalu jasad yang telah di tinggalkan,menjadi tanggung jawab manusia untuk melaksanakan fardu kifayahnya.kemudian roh,urusannya menjadi tanggung jawab para malaikat hingga ia mencapai persinggahan yang di tentukan.

[ Persinggahan disini ada 14 tempat < Hadits,dlm tafsir Ibnu katsir,pembahasan Sijjin dan Illiyyin >,7 tempat yg [ sebut saja langit atas ],dimana penghuninya adalah roh2 yang derajadnya di muliakan,kemudian 7 tempat lagi [ sebut saja langit bawah ],dimana penghuninya merupakan roh2 yang sebagian besar menanti pengadilan Mahshar ( Syafaat dan Shirat ),yang terjadi setelah kiamat besar [ kiamat besar menurut sy hanya terjadi di lingkungan tata surya,kenapa ?.karena menurut pendapat sy Neraka dan Surga itu ada di dalam galaksi Bimasakti / Milky Way dengan jarak kurang lebih 50,000 tahun dari bumi ].
-----------------------

Catatan :

Bahwa roh2 yang menghuni langit bawah,tidak akan mengetahui bahwa mereka kelak akan menghadapi pengadilan terakhir setelah kiamat besar yang disebut Syafaat dan Shirat.kecuali mereka yang mendapat hisab setelah persekot kubur dan tidak bisa di angkat ke langit atas karena belum cukup syarat untuk diampuni ( dikatakan dlm Al-Qur'an,mereka akan diperlihatkan neraka di waktu pagi dan sore,maksudnya adalah di hisab / di azab ).kemudian mereka yang bisa lolos dari persekot kubur yang kemudian di angkat ke langit atas.yang tidak lolos,maka mereka akan akan di biarkan hidup di 7 langit bawah, ini kehidupan astral / roh yang normal,merupakan lingkungan sosial [ sama dengan langit atas ].adapun yang belum selesai hisabnya hingga kiamat tiba,mereka akan terus tersiksa pagi dan sore ( pagi dan sore disini bermakna periodik,artinya ada masa-masa siksa itu datang ada waktunya tidak,periode ini bisa waktu pagi dan sore,bisa pula waktu yang lebih panjang,misalnya setahun sekali,atau lebih panjang lagi,yang jelas hisab / azab ini periodik datangnya hingga hari kiaamat atau hingga si penerima hisab di ampuni dan di angkat ke langit ).tempat kedua golongan ini berbeda,sebab itulah jumlah langit bawah ada tujuh ( tujuh bumi atau tujuh tata surya dgn jumlah bumi yg mungkin lebih dari satu ).ketika kiamat besar tiba dan pengadilan mahshar di buka,maka mereka penghuni langit bawah ini akan terkejut,dan kemudian menyadari bahwa pengadilan itu benar2 ada dan neraka itu benar2 ada serta surga itu benar2 ada.demikian pendekatannya.

Persekot Kubur :

Persekot kubur akan diterima segera setelah wafat,menurut saya roh akan tinggal di bumi untuk sementara waktu sekitar 40 hari,lalu kemudian di angkat ke langit oleh para malaikat,bisa ke langit atas,bisa ke langit bawah.[ silahkan konversi ke Hadits,karena ruang ini tdk cukup ].

Hadits mengenai  14 langit [ Insert ]:

Kutipan dari tafsir Ibnu Katsir ( berbahasa Inggris ) terhadap surah Al-Mutaffifin berkenaan dengan Sijjin dan Illiyyin.

Al-Mutaffifin : 18.
Sekali-kali tidak, sesungguhnya kitab orang-orang yang berbakti itu (tersimpan) dalam 'Illiyyin. [1564]
[1564]. 'Illiyyin: nama kitab yang mencatat segala perbuatan orang-orang yang berbakti.

( is in `Illiyyin.) meaning, their final destination is `Illiyyin, which is the opposite of Sijjin. It has been reported from Hilal bin Yasaf that Ibn `Abbas asked Ka`b about Sijjin while he was present, and Ka`b said, "It is the seventh earth and in it are the souls of the disbelievers.'' Then Ibn `Abbas asked him about `Illiyyin, so he said, "It is the seventh heaven and it contains the souls of the believers.'' This statement -- that it is the seventh heaven -- has been said by others as well. `Ali bin Abi Talhah reported that Ibn `Abbas said concerning Allah's statement,...

Kutipan Tafsir Ibnu Katsir ini mengandung dua hal penting yang merupakan bagian lisan Rasulullah Muhammad SAW yang di ingat oleh sahabat Hilal bin Yasaf dari Ibn Abbas yang bertanya pada Ka'b yang mendenganya dari Rasulullah SAW langsung.

1.Makna lain yang terkandung dari Illiyyin diatas,yaitu langit / persinggahan ke tujuh dimana roh orang- orang taqwa berada.
[ karena disebut ketujuh,berarti ada kesatu dan keenam,dengan demikian ada tujuh persinggahan yang disebut langit ]

2.Makna lain yang terkandung dari Sijjin,yaitu bumi / persinggahan ketujuh dimana roh orang-orang ingkar berada.
[ karena disebut ketujuh,berarti ada kesatu dan keenam,dengan demikian ada tujuh persinggahan yang disebut bumi ( bumi yang lain ) ]

Kata The Seventh Earth dan The Seventh Heaven diatas mengandung makna bahwa ada tujuh bumi dan tujuh langit.kalau kata Heaven di tafsirkan seebagai surga,maka ini kurang tepat,karena surga itu ada delapan begitupula kalau the seventh earth di artikan sebagai neraka,karena neraka ada delapan.[ nama2 surga dan nama2 neraka ini masing2 ada delapan dalam Al-Qur'an ][ kemudian dalam perkataan Ka'b di atas,di katakan sebagai SOULS, artinya adalah Roh,tidak dikatakan sebagai manusia,karena selama ini di sepakati bahwa manusia itu hanya ada di bumi,surga dan neraka,tidak di luar dari ketiga tempat tsb.jadi jelas,7 earth dan 7 heavens disini menunjuk pada tempat hunian roh setelah wafat,tidak menunjuk pada surga dan neraka.kalaupun hal itu menunjuk kepada Surga dan Neraka,maka penghuni Neraka dan Surga itu adalah SOULS atau Roh,tdk disebut manusia ][ Jelas bahwa 7 earth dan 7 heavens dalam hadits diatas adalah 7 langit dan tujuh bumi.dalam tulisan ini di buat definisi baru,yakni 7 langit atas dan 7 langit bawah,agar membedakannya dari kata bumi ( bumi kita ini ) untuk menghindari ke salah fahaman nama ].

Dalil ini kemudian di perkuat dengan :

"Kubur adalah persinggahan pertama dari persinggahan-persinggahan akhirat dan persinggahan- persinggahan dunia". ( HR......)

[ Jika dikorelasi dengan hadits dalam tafisr Ibnu katsir di atas maka : persinggahan-persinggahan akhirat adalah 7 langit atas,dan persinggahan-persinggahan dunia adalah 7 langit bawah ].
 [Kubur sebagai persinggahan pertama disini menurut saya adalah bumi ini,dimana setelah wafat roh akan tinggal dulu kurang lebih selama 40 hari di bumi,setelah itu roh akan di tempatkan di persinggahan persinggahan akhirat atau di persinggahan persinggahan dunia ( salah satu dari 14 persinggahan yang disebutkan di atas) ].
[ Dimanakah roh tinggal selama 40 hari di bumi ?..menurut saya adalah di tempat tinggalnya,dimana ia di wafatkan atau di rumahnya ].
[ Rasulullah SAW mangatakan bahwa mayat akan mendengar suara langkah kaki orang ketika meninggalkan kubur ( kira2 bunyinya seperti itu ).menurut saya makna perkataan Rasulullah SAW ini adalah bahwa persekot kubur atau azab kubur itu dilaksanakan setelah proses fardu kifayah di lakukan,adapun orang yang wafat di tempat yang tidak tentu dan tidak bisa dilaksanakan fardu kifayahnya,maka hal ini kembalikan saja kepada Allah SWT. ]
[ Hal lain adalah bahwa Rasulullah SAW pernah mendengar bagaimana orang di kubur sedang menjalani azab kubur .menurut saya Rasulullah SAW tidak bermaksud mengatakan bahwa mayat di kubur itu yang sedang menghadapi azab,akan tetapi roh-nya yang ada di suatu tempat.dan apa yang didengar Rasulullah SAW tersebut adalah pemberitaan ghaib kepada beliau,bahwa roh orang, yang mayatnya ada di kubur tsb sedang menghadapi azab kubur ].

[ Mungkin harus sedikit berhati hati terhadap makna makna hadits yang berkenaan dengan keadaan setelah wafat,karena menurut saya Rasulullah SAW banyak memberi perumpamaan perumpamaan sederhana kepada umat agar bisa di mengerti dan di fahami karena umat waktu itu fikirannya masih sangat sederhana,begitu pula terhadap hadits yang lain ].[ contoh : Proses Hisab yang disebut SHIRAT,di umpamakan oleh beliau SAW  sebagai jembatan yg sering disebut jembatan shirathal mustaqim atau titian rambut dibelah tujuh,dengan perumpamaan sederhana ini umat menjadi mudah memahami.zaman sekarang,orang sudah tahu planet,tata surya dan galaksi,sehingga perumpamaan perumpamaan sederhana itu harus di cari tafsirnya atau konversinya dengan mengikuti tanda-tanda alam yang ada,kalau tidak,maka hadits akan menjadi keterangan yang dianggap tidak sesuai lagi dengan keadaan,ini menjadi tanggung jawab ulama,berfikirlah... jangan hanya sibuk mencari uang atau derajad makrifat,karena ulama pasti akan di tanya tanggung jawabnya pada umat di hari kemudian kelak.kira-kira demikian  ].

"Sesungguhnya kamu melewati tingkat demi tingkat ( dalam kehidupan )" ; ( Surah Al-Insyqaq : 19 )

[ Adanya tingkat demi tingkat kehidupan,persinggahan yang bertingkat-tingkat derajadnya ]

"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa" ; ( Surah Ibrahim : 48 )

[ Adanya bumi yang lain,ini penegasan bahwa empat belas persinggahan kemudian ditambah Akhirat ( delapan Surga dan delapan Neraka ) adalah berupa bumi atau planet. ][ disini ayat ini di fokuskan pada kata PLANET,bahwa planet seperti bumi kita ini ada di tempat lain ]
[ Kalau berupa bumi atau planet,maka ia berada dalam tata surya,kalau dalam tatasurya,maka ia berada dalam galaksi. ]

Detail surah Ibrahim ayat : 48 :

"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit" , Bumi yang kita huni ini dan langitnya ( maksud langit disini adalah tujuh Atmosfir bumi ),akan di ganti dengan bumi yang lain,persis seperti bumi.

"…dan mereka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa" ,.

Padang Mahshar adalah juga sebagai bumi yang lain,tentu ukuran bumi ( planet ) ini lebih besar karena harus menampung dua umat secara keseluruhan yakni umat manusia dan umat jin,ditambah para malaikat.bumi mahshar ( planet mahshar ) ini bisa tunggal bisa jamak,artinya bisa sebagai satu planet raksasa ( planet Jupiter gambarannya ) atau terbagi sebagai beberapa planet.wallahu' a'lam bissawwab.

Insert :
Anda bisa lihat gambaran tentang Sidrat Al-Muntaha dalam hadits,disana dikatakan ada pepohonan yang daunnya sebesar kuping gaja,contohnya di bumi adalah bunga Raflesia Arnoldi / Bunga Bangkai.ini tanda bahwa Sidrat Al-Muntaha adalah Planet.
Kemudian Surga dan Neraka,perhatikan bahwa Al-Qur’an menggambarkan bahwa ada buah2an di surga,juga di neraka yang disebut buah Zaqqum,< perumpamaan akan pahitnya kehidupan disana >.ini tanda bahwa Surga dan neraka itu adalah planet.

[ Kalau berupa bumi atau planet,maka ia berada dalam tata surya,kalau dalam tatasurya,maka ia berada dalam galaksi. ]
-------------------------------------------
Untuk mendukung pendapat saya ini,maka di bawah ini di bahas satu surah yang memiliki gambaran yang cukup jelas,akan hari kebangkitan,yakni surah Yaasiin.[ jika satu surah ini tdk cukup,silahkan anda tambah,hasilnya terserah pendapat anda ].
-------------------------------------------

Surah Yaasiin :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

PERNYATAAN DARI ALLAH BAHWA MUHAMMAD S.A.W. ITU BENAR-BENAR SEORANG RASUL YANG MEMBAWA AL QURAAN SEBAGAI WAHYU DARI ALLAH
-------------------------------------
Dan mereka berkata: "Bilakah (terjadinya) janji ini (hari berbangkit) jika kamu adalah orang-orang yang benar?" [ ayat 48 ].

[ Ayat ini menggambarkan akan terjadinya hari kiamat, yang sebagian orang tidak meyakininya ][ ini fenomena yang terjadi di bumi ]

Mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja[1269] yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar. [ ayat 49 ].

[ Ketika manusia ada dalam dua keadaan,antara yakin dan tidak tentang kejadian kiamat,dan saling mempertentangkan pendapat2 tersebut sepanjang masa,hingga tdk terasa oleh mereka bahwa kiamat itu telah ada di depan mata ] ][ ini fenomena yang terjadi di bumi ].

lalu mereka tidak kuasa membuat suatu wasiatpun dan tidak (pula) dapat kembali kepada keluarganya.[ ayat 50 ]
.
[ Keadaan orang saat itu,seperti orang mabuk,segala kuasa dan keinginannya terkunci hingga tdk bisa berbuat apa-apa,keterangan ini terdapat dalam Surah Al-Hajj ayat 2 :” (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk,padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya.”] ][ ini fenomena yang terjadi di bumi ].

Dan ditiuplah sangkalala[1270], maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka.[ ayat 51 ]

[ Kemudian mereka mendengar tanda < ini tiupan kedua >,yang merupakan state bahwa pada hari itu mereka semua < seluruh roh jin dan manusia >  akan di angkat ke Mahshar untuk menjalani Shirat dan Syafaat ][ fenomena ini terjadi di 14 langit dan di bumi ][ semua roh baik di bumi maupun di 7 langit bawah pada tiupan yang kedua,akan mengalami fenomena yang disebut mabuk,kecuali yang berada di 7 langit atas.]

[ Tiupan yang pertama adalah berlaku bagi penduduk bumi,tanda kiamat tiba,dimana semua manusia akan mabuk,sebelum di wafatkan ].

[ Pada tiupan yang kedua,berlaku bagi semua roh < baik roh manusia maupun roh jin yang masih berada di bumi setelah di wafatkan di hari kiamat>.kecuali roh yg berada di langit atas.semua akan mabuk,sambil di angkat ke mahshar,yg di bumi di angkat langsung ke mahshar dan yg di 7 langit bawah juga demikian ][proses ini sangat cepat,anda perhatikan kecepatan bouraq dalam tulisan sy berjudul BOURAQ,sy tdk tahu berapa kapasitas bouraq dan berapa jumlahnya,menurut saya bouraq masih merupakan fasilitas dalam galaksi,belum merupakan fasilitas antar galaksi].[ jangan bayangkan bouraq seperti kuda terbang,itu dulu,kuda terbang menurut saya hanya perumpamaan yg diberikan oleh karena dulu org tahu hanya kuda terbang / pegasus..ini hanya pendapat...selebihnya terserah anda].

[ Selama ini di sepakati bahwa yang keluar dari kubur adalah manusia di bumi ini,dimana jasad dan rohnya telah di satukan kembali.saya tdk membantah hal ini,akan tetapi saya hanya mencari alternative yang lebih masuk akal.jika fenomenanya demikian,maka seluruh manusia dari zaman nabi Adam as hingga manusia akhir zaman nanti,akan berkumpul semua di daratan bumi ini.hal ini bisa terjadi jika luas daratan bumi ini cukup untuk menampung manusia dalam jumlah yang demikian banyak tersebut.jika ternyata hasil perhitungan akal menyatakan bahwa daratan bumi ini tdk cukup luas untuk menampung seluruh manusia sejak nabi Adam as hingga manusia akhir zaman nanti,maka seyogyanya kita mencari alternative penafsiran lain < Tuhan menyuruh kita menggunakan akal >.artinya adalah bahwa ayat di atas yang menyebutkan alam kubur tidaklah menunjuk ke arah kuburan,melainkan menunjuk ke arah lain.alam kubur adalah perumpamaan.dimana alam kubur ini sebenarnya adalah alam persinggahan yang terdiri dari 14 tempat,seperti di sebutkan di atas ].[ silahkan anda hitung luasan daratan bumi dan anda masukkan seluruh manusia semenjak nabi Adam as hingga manusia manusia akhir zaman nanti,cukup kah ?..lautan atau samudera adalah daerah untuk golongan jin,jangan perhitungkan daerah ini ][ semoga perhitungan anda tdk bertentangan dgn pendapat saya ini ].

Mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?". Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul- rasul(Nya).[ ayat 52 ].
[ Ini adalah fenomena yang terjadi pada roh2 di bumi  roh2 di 7 langit bawah,mereka kaget karena ternyata pengadilan Mahshar itu benar ]

[ Penghuni langit bawah telah sy katakan dalam catatan di atas,bahwa mereka di biarkan menghuni langit bawah setelah proses persekot kubur.mereka tdk bisa di angkat ke langit atas karena tdk memenuhi syarat.begitu pula yang hisabnya tidak selesai hingga kiamat.untuk golongan yang menerima hisab hingga hari kiamat,interaksi mereka di langit bawah ini menentukan apakah Shirat dan Syafaat bisa menyelamatkannya dari neraka  nanti atau tidak ( golongan pertama yang di biarkan setelah persekot kubur,interaksi mereka menentukan derajad mereka di neraka,apakah neraka tertinggi, yang bisa berabad-abad disana seakan abadi,atau neraka yg lain,dimana setelah beberapa masa mereka akan di angkat ke surga )...
Mereka tdk tahu hal ini…karena tdk diberi tahu,ini pendapat saya.mereka pada akhirnya menganggap bahwa persekot kubur yang mereka terima telah menyelamatkan mereka atau mereka menganggap persekot kubur hanyalah sebuah fenomena seperti orang sakit saja dan lalu mereka terlena dan lupa pada pengadilan akhir / mahshar.mereka terus mengulangi perbuatan2 seperti yang dulu mereka kerjakan di dunia,hingga akhirnya mereka kaget karena ternyata pengadilan mahshar itu ada.kecuali golongan kedua, yakni mereka yang hisabnya tidak selesai hingga kiamat tiba,insya Allah mereka di beritahu bahwa masih ada hisab dan syafaat di mahshar nanti ( golongan kedua ini kemungkinan masuk surga,karena mungkin akan di cukupkan hisabnya di mahshar kemudian di tambah syafaat,hingga mereka memenuhi syarat untuk masuk surga ).demikian pendapat saya.]

Tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan saja, maka tiba- tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami.[ayat 53 ]

[ Ayat ini menggambarkan bahwa proses untuk menghadapkan seluruh roh manusia,termasuk roh jin,adalah sangat cepat.][ mereka semua akan berada di mahshar dalam waktu yg sangat singkat untuk menghadapi Shirat dan Syafaat ] [ ayat ini berhubungan dengan surah An-Naba : 38 “Pada hari, ketika ruh[1549] dan para malaikat berdiri bershaf- shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah; dan ia mengucapkan kata yang benar.][yang berkumpul di mahshar adalah roh manusia dan roh Jin serta para malaikat,bukan manusia dgn jasad dan roh didalamnya,semoga tdk keliru ].

Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan. [ ayat 54 ].

[ Proses Shirat dan Syafaat,akurasi perhitungan adalah 100% ,dosa sebesar debu pun akan terhitung ].

Sesungguhnya penghuni syurga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka).[ ayat 55 ]

Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan.[ ayat 56 ]

Di syurga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.[ ayat 57 ].

(Kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.[ ayat 58 ].

Dan (dikatakan kepada orang-orang kafir): "Berpisahlah kamu (dari orang-orang mukmin) pada hari ini, hai orang-orang yang berbuat jahat.[ ayat 59 ].

[ yang dimaksud dengan orang-orang kafir disini adalah orang2 yang berbuat jahat,jangan di kait2kan dulu kemana-mana.karena definisi kafir harus cermat penempatannya supaya tdk salah faham.< Jika anda tdk tahu banyak tentang definisi kafir yang dimaksud oleh Tuhan,maka hati-hatilah menempatkannya > ].

Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu",[ ayat 59 ].

dan hendaklah kamu menyembah-Ku. Inilah jalan yang lurus.[ayat 60 ].

[ Ayat-ayat terakhir sudah jelas maknanya ].
-------------------------------------------

Kesimpulan :

Bahwa jasad manusia adanya hanya sekali adanya !..,yakni dari lahir hingga wafat.setelah wafat,maka manusia akan hidup dalam wujud roh < menurut saya wujud roh tdk berbeda dengan wujud daging,kulit dan tulang.hanya roh lebih sempurna,tanpa cacad.jadi kekurangan pada jasad sudah tidak berlaku pada roh,roh adalah kesempurnaan manusia itu >.kehidupan dalam wujud roh ini adalah kehidupan abadi.tinggal manusianya,mau melewatinya di surga atau di neraka.tergantung keyakinan diri dan resiko ada pada diri masing-masing.

Alam Kubur : Adalah alam yang berupa planet seperti bumi ini.alam ini terdiri dari 7 tempat yg disebut langit atas dan 7 tempat yang disebut langit bawah.ke 14 tempat ini adalah planet ( bumi lain ).mungkin saja ke 14 tempat ini adalah merupakan 14 tata surya.[ Jadi alam Kubur atau alam barzakh bukanlah seperti yang di bayangkan selama ini,dimana tempat ini berada di kuburan. terkadang alam kubur disebut pula alam BAQA,alam keabadian ].

Kematian : Kematian bukanlah tidur panjang,melainkan proses kebangkitan atau kehidupan yang kedua kali.kematian hanyalah proses pemisahan jasad dan roh.sering pula orang menyebut bahwa kematian adalah proses lahir kembali,hal ini bisa dibenarkan,dalam tanda kutip bahwa seluruh ingatan ( experiences ) tidak terhapus melainkan berlanjut.dengan demikian akan sesuai dengan perkataan Rasulullah SAW " Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat ( wafat )".karena semua kemampuan manusia tidak akan hilang,ada bersama rohnya,untuk kemudian bertambah tambah dalam kehidupan yang melalui persinggahan demi persinggahan.akal akan terus berevolusi dalam tingkat-tinagkat kecerdasan yang hampir tiada batas dalam kehidupan abadinya,hanya Tuhan yang tahu.[ jika anda bertanya kemanakah kita manusia ini setelah berada di surga ?..adakah surga merupakan persinggahan terakhir manusia ?...silahkan anda baca tulisan saya mengenai "Roh dalam persepsi teoritis",kemudian anda baca juga tulisan saya yang berjudul "Universe and the outside of it".maaf,tulisan2 ini di tulis dalam bahasa sederhana.silahkan konversi ke bahasa yang lebih baik.
-------------------------------------------
Catatan :

Untuk golongan anak-anak yang belum baligh,bagaimanakah kondisinya pada hari kiamat ?...
Mereka tidak mabuk,Insya Allah,namun mereka tidak lepas dari bencana disekitarnya.intinya adalah bahwa semua manusia saat itu akan di wafatkan,termasuk semua golongan jin yang ada.mereka semua akan di wafatkan oleh para malaikat.

Para malaikat pada hari kiamat tidak di matikan,mereka adalah mahluk yang super sibuk mengurusi manusia dan jin,sampai semua terkumpul di padang mahshar.

Kemudian,bagi anak-anak yang belum balig,termasuk bayi,mereka akan berada di mahshar hingga tumbuh dewasa.di mahshar ada waktu selama 40 tahun < Al-Hadits>  sebelum keputusan diberikan.jadi Shirat dan Syafaat itu akan berjalan dalam masa 40 tahun.Shirat adalah proses Hisab,dan didalam Hisab itu ada Azab.kondisi semua roh pada saat itu seperti mabuk,kecuali anak-anak dan orang-orang shaleh.orang shaleh ini adalah mereka yang wafat di dunia dalam keadaan bersih dari dosa dan mereka orang-orang shaleh para penghuni langit atas atau penghuni persinggahan2 akhirat.

Setelah masa 40 tahun,maka keputusan itu akan diberikan.tujuan seluruh roh termasuk roh gol.jin akan menjadi jelas,apakah ke Neraka atau ke Syurga.mereka semua akan di angkut oleh para Malaikat.
------------------------------------------
Insert : [ Tip ]

[ Apakah anda pernah mendengar mahluk ghaib berjalan seperti berjalannya manusia ?..terdengar suara tapak kakinya ?..ini tanda bahwa gravitasi bumi berpengaruh pada mahluk ghaib tersebut,jadi jangan dulu buru2 menyimpulkan bahwa mahluk ghaib itu melayang dan bisa terbang kesana kemari,belum tentu.hukum alam ini adalah ketetapan yang harus di perhitungkan dalam memperkirakan wujud interaksi makluk ghaib di alam ].[ mahluk ghaib yang sering dilihat orang dalam keadaan tdk menginjak bumi atau melayang di udara,menurut saya,hanyalah tipu muslihat gol.Jin.mereka sendiri Gol.Jin tdk tahu menahu tentang roh,gol.jin adalah wafat,ini ada dalam hadits,hati2 menafsirkan bahwa gol.jin adalah abadi,Iblis adalah dari gol.Jin dan manusia,mereka wafat ].
-------------------------------------------

Insert : [ Tambahan ]

Surah Al- Mursalat :

( Sebuah Penelusuran  )


Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

KEADAAN MANUSIA DI HARI KEPUTUSAN
Segala ancaman Allah pasti terjadi

Ayat 1 sampai ayat 6 adalah merupakan sebuah penegasan akan sebuah kejadian yang pasti terjadi.yakni seperti dikatakan pada ayat 7 sampai ayat 11.

Ayat 7  :
Sungguh,apa yang dijanjikan kepadamu pasti terjadi.
[ Kejadian tersebut adalah Hari Kiamat dan Pengadilah Mahshar ]

Ayat 8 sampai 11 :
Maka apabila bintang-bintang dihapuskan.
[ Kejadian kiamat dimana bintang-bintang hancur oleh suatu sebab ]

Dan apabila langit terbelah.
[ Langit berupa tujuh lapisan Atmosfir bumi menjadi rusak dan hancur oleh suatu sebab ]
[ penafsiran tentang langit harus hati-hati,karena ia memiliki beberapa makna,bisa Atmosfir bumi,bisa tempat yang jauh,tempat yang berada di atas ( maksudnya di atas bumi di luar atmosfir ),karena setiap posisi sesuatu di luar atmosfir pasti dikatakan di atas,tidak dibawah,kalau dibawah menunjuk pada tanah / ground ]

Dan apabila gunung-gunung dihancurkan menjadi debu.
[ Gunung-gunung menjadi hancur oleh suatu sebab ]

Dan apabila rasul-rasul telah ditetapkan waktunya.
[ Para rasul telah berkumpul dan masing-masing berada ditengah  umatnya di depan pengadilan Mahshar,tiap rasul akan memberi syafaat kepada umatnya untuk meringankan dan membebaskannya dari ancaman hukuman Neraka ][ disini yang dimaksud adalah Roh para Rasul,karena semuanya adalah Roh--lihat Surah An-Naba : 38 ]

Ayat 12 dan ayat 15 :
Sampai hari apakah di tangguhkan ?..
Sampai hari keputusan.
Dan tahukah kamu apa haru keputusan itu ?.
Celakalah pada hari itu,bagi mereka yang mendustakan.
[Ayat 12 sampai ayat 15, Merupakan penegasan,bahwa hari itu adalah hari keputusan yang tidak bisa di hindari samasekali,celaka bagi mereka yang dulu mendustakan hari itu / tdk percaya  ].

Ayat 16 sampai ayat 27 :
Ayat-ayat ini menjelaskan bahwa seharusnya manusia itu belajar dari tanda-tanda kekuasaan Tuhan,serta belajar dari kejadian-kejadian yang telah lalu.

Ayat 28  :
Celakalah pada hari itu,bagi mereka yang mendustakan.
[ Bagi Mereka yang mendustakan hari akhir,Mereka yang tidak percaya hari pengadilan / keputusan,mereka yang lalai dan terlena oleh kesenangan duniawi ]

Ayat 29 sampai 33 :
Ayat-ayat ini menerangkan akan hukuman yang akan di peroleh bagi mereka yang mendustakan hari keputusan tersebut.

Ayat 34 sampai 36 :
Celakalah pada hari itu bagi mereka yang mendustakan.
Inilah hari ,saat mereka tidak dapat berbicara.
Dan tidak diijinkan kepada mereka mengemukakan alasan agar mereka di maafkan.
[ Inilah hari dimana Shirat itu dilaksanakan,selama 40 tahun di mahshar < hadits >.ketika Shirat berjalan,maka semua roh dalam keadaan mabuk dan tidak berdaya,perhitungan berjalan tanpa harus ada tanya jawab,hingga kemudian syafaat di berikan,lalu di putuskan kemana selanjutnya tiap individu di tempatkan,Surga atau Neraka ].

Ayat 37 sampai ayat 39 :
Celakalah pada hari itu,bagi mereka yang mendustakan.
Inilah hari keputusan; Kami kumpulkan kamu dan orang-orang yang terdahulu.
[ Seluruh Roh Manusia dan Roh Jin,akan di kumpulkan untuk menerima keputusan < --lihat Surah An-Naba ayat : 38 > ]
Maka jika kamu punya tipu daya,maka lakukanlah itu terhadap-Ku.
[ Tidak ada daya upaya bagi siapa saja ].

Ayat 40 sampai ayat 49 :
Ayat-ayat ini menerangkan tentang sebab dan akibat akibat .semua orang ( roh ) akan mendapat ganjaran berupa surga atau neraka.

Ayat 50 :
Maka kepada ajaran manakah ( selain Al-Qur'an ) ini mereka akan beriman ?.
[ Al-Qur'an menerangkan tentang hari keputusan,keterangan ini mungkin tidak ada di dalam kitab-kitab lain.inilah dikatakan bahwa Al-Qur'an adalah penggenap dan penutup dari ajaran agama yang di mulai dari Nabi Ibrahim as. Ada tambahan didalamnya yang tidak terdapat dalam kitab-kitab lain sebelumnya]
----------------------------------------------------------------

Surah An-Naba ( sebuah pandangan ) :
-------------------------------------------------

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

HARI BERBANGKIT
Kekuasaan Allah menciptakan alam dan nikmat-nikmat yang diberikan-Nya adalah bukti bagi kekuasaan-Nya membangkitkan manusia



1. Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya?
2.Tentang berita yang besar[1544],

[1544]. Yang dimaksud dengan berita yang besar ialah berita tentang hari berbangkit.
[ Hari berbangkit adalah hari keputusan itu,dimana seluruh roh jin dan manusia di kumpulkan di suatu tempat yang disebut padang mahshar untuk menerima keputusan ]

3. yang mereka perselisihkan tentang ini.
[ Ada yang percaya ada yang tidak,yang tidak percaya kemudian menjadi lalai dan tidak menerima ajaran agama ]
4. Sekali-kali tidak[1545]; kelak mereka akan mengetahui,

[1545]. Ini adalah sanggahan terhadap pendapat orang-orang kafir Mekah yang mengingkari hari berbangkit dan hari kiamat.

5. kemudian sekali-kali tidak; kelak mereka mengetahui.

6. Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?,

7. dan gunung-gunung sebagai pasak?,

8. dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan,

9. dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat,

10. dan Kami jadikan malam sebagai pakaian[1546],

[1546]. Malam itu disebut sebagai pakaian karena malam itu gelap menutupi jagat sebagai pakaian menutupi tubuh manusia.

11. dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan,

12. dan Kami bina di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh,

13. dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari),

14. dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah,

15. supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan,

16. dan kebun-kebun yang lebat?
[ Ayat 6 hingga ayat 15 :  Keterangan mengenai bumi sebagai tempat tinggal dan nikmat didalamnya yang harus di cermati oleh setiap akal,agar bisa belajar bahwa hal itu ada karena suatu sebab,yakni Tuhan yang yang mengadakan untuk manusia ]

17. Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suatu waktu yang ditetapkan,

18. yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangsakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok,
[ Ayat 17 - 18 : Tentang hari keputusan,dimana manusia ( roh ) akan datang berkumpul di suatu tempat yang disebut mahshar untuk menerima keputusan berupa Surga atau Neraka ]

19. dan dibukalah langit, maka terdapatlah beberapa pintu,
[ Pintu-pintu langit dibuka,artinya penghuni langit akan keluar dari tempatnya untuk di hadapkan pada sebuah pengadilan akhir di mahshar,yang disebut Shirat dan Syafaat ].

20. dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia.
[ Bumi,keadaannya bergejolak hebat,fenomena hari kiamat kubra ]

21. Sesungguhnya neraka Jahannam itu (padanya) ada tempat pengintai[1547],

[1547]. Maksudnya: di neraka Jahannam ada suatu tempat yang dari tempat itu para penjaga neraka mengintai dan mengawasi isi neraka.
[ Ayat ini berkaitan dengan masalah aturan yang yang ada di Neraka ]

22. lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas,

23. mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya,
[ Berabad-abad lamanya,seakan tiada akhir,hingga hukuman itu seakan hukuman yang abadi ]

24. mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman,

25. selain air yang mendidih dan nanah,
[ Gambaran pahitnya kehidupan di Neraka ]
26. sebagai pambalasan yang setimpal.

27. Sesungguhnya mereka tidak berharap (takut) kepada hisab,

28. dan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dengan sesungguh- sungguhnya.

29. Dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu kitab[1548].

[1548]. Yang dimaksud dengan kitab di sini adalah buku catatan amalan manusia.
[ Buku catatan disini adalah perumpamaan sederhana agar bisa di fahami maknanya,adapun makna sesungguhnya bukanlah seperti sebuah buku,bayangkanlah sebuah buku yang mencatat seluruh kegiatan ciptaan yang jumlahnya teramat banyak,ia tidaklah berupa buku catatan,melainkan ada wujud lain yang tidak kita ketahui ].

30. Karena itu rasakanlah. Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu selain daripada azab.

31. Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan,

32. (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur,

33. dan gadis-gadis remaja yang sebaya,
[ Umur manusia di perkirakan sekitar 25 tahun < hadits > sehingga dikatakan sebaya,dikatakan sebagai remaja.dikatakan pula gadis-gadis,karena memang setelah wafat di bumi dan menjadi penghuni langit sambil menanti keluarganya untuk berkumpul jika bisa kemudian sambil pula menanti hari keputusan,mereka tidak tersentuh hingga sampai di surga kelak ] [ Ketika wafat,roh dipisahkan dengan jasad,roh adalah sesuatu yang baru,sebuah kesempurnaan,seakan manusia itu diciptakan kembali sehingga wanita-wanita dikatakan perawan lagi dan laki-laki dikatakan perjaka lagi,umur mereka adalah sekitar 25 tahun,sebaya satu sama lain ].[ ayat di atas adalah gambaran surga,namun bisa di kaitkan dengan gambaran langit ( persinggahan persinggahan akhirat dan persinggahan-persinggahan dunia yang berjumlah masing-masing tujuh )][ ayat ini jelas menyatakan bahwa jika manusia ingin berhubungan intim dengan pasangannya,maka hal tersebut hanya mungkin terjadi di surga,bukan di langit,karena didalam ayat-ayat lain juga dikatakan bahwa" ada bidadari-bidadari di surga yang tidak tersentuh",menurut saya mereka adalah para isteri.jadi jelas fungsi -fungsi reproduksi itu hanya mungkin akan ada di surga,tidak di langit atau persinggahan ].

34. dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman).

35. Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta.
[ Ayat 34 dan 35 : gambaran kehidupan di Surga ]
36. Sebagai pembalasan dari Tuhanmu dan pemberian yang cukup banyak,

37. Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya; Yang Maha Pemurah. Mereka tidak dapat berbicara dengan Dia.

38. Pada hari, ketika ruh[1549] dan para malaikat berdiri bershaf- shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah; dan ia mengucapkan kata yang benar.

[1549]. Para ahli tafsir mempunyai pendapat yang berlainan tentang maksud ruh dalam ayat ini. Ada yang mengatakan Jibril, ada yang mengatakan tentara Allah, ada pula yang mengatakan ruh manusia.
[ Inilah ayat yang menegaskan bahwa jasad manusia itu sudah tidak lagi diciptakan,manusia akan bangkit dalam wujud roh setelah wafat di bumi.lalu kemudian menghuni persinggahan sambil menanti hari keputusan,ketika hari keputusan tiba,mereka semua berkumpul di suatu tempat yang disebut Mahshar,dikatakan disini " pada hari ketika ruh dan para malaikat berdiri bershaf-shaf"….ruh disini sudah mewakili dua mahluk,yakni manusia dan jin ].

39. Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa yang menghendaki, niscaya ia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya.
[ Manusia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya,kembali ke tempat yang telah di tentukan oleh Tuhan.artinya manusia ( termasuk gol.Jin ) akan kembali ke tempat asalnya,bukankah dahulu manusia dan jin di usir dari surga ?..]

40. Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai orang kafir) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata:"Alangkah baiknya sekiranya dahulu adalah tanah".
[ Hati-hati terhadap makna kafir disini,pada ayat ini makna kafir menunjuk pada kaum ingkar yang ada di Mekkah di zaman itu,jangan dulu melakukan perluasan terhadap makna kafir,ada ayat-ayat yang memang di tujukan untuk perluasan ada yang tidak,jadi jangan di pukul rata.. ].
------------------------------------------
Kesimpulan :

Dari Surah An-Naba di atas,ada kejelasan,bahwa manusia itu kelak setelah wafat hingga mencapai tempat asalnya,yakni Surga,adalah dalam wujud Roh.Jasad yang dari tanah sudah tidak lagi di ciptakan.
Demikian pula dengan gol.Jin.mereka wafat,dan setelah wafat mereka akan hidup dalam wujud Roh hingga mencapai tempat asalnya,yakni Surga.jasad yang dari Api itu sudah tidak lagi di ciptakan.
-------------------------------------------

An-Naziaat :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang


PENEGASAN HARI BERBANGKIT KEPADA ORANG-ORANG YANG MUSYRIK YANG MENGINGKARINYA


1. Demi (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras

2. dan (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut

3. dan (malaikat-malaikat) yang turun dari langit dengan cepat,

4. dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang,

5. dan (malaikat-malaikat) yang mengatur urusan (dunia)[1550].

[ Ayat 1 - 5 : adalah sebuah penegasan kuat ]

6. Pada hari ketika tiupan pertama menggoncang alam,
[ Ada hari dimana ada tanda bahwa hari kiamat kubra itu tiba ][ pada hari ini keadaan bumi akan bergejolak dahsyat oleh suatu sebab ][ Manusia tiba-tiba menemui dirinya dalam keadaan mabuk dan tidak berdaya hingga ia di wafatkan ].

7. tiupan pertama itu diiringi oleh tiupan kedua.
[ kemudian ada tanda yang kedua dimana hari keputusan itu di mulai ] [ pada saat tanda kedua ini muncul,maka semua roh baik yang masih ada di bumi yang telah hancur,maupun semua roh yang ada di tujuh persinggaha dunia (7  langit bawah ) juga semua roh yang ada di tujuh persinggahan akhirat ( 7 langit atas ),akan di bawa ke padang Mahshar untuk menerima keputusannya.proses Shirat dan Syafaat segera di laksanakan.]

Insert : Surah Al-Kahfi : 99 ( Tiupan yang ketiga )
Kami biarkan mereka di hari itu[893] bercampur aduk antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup lagi[894] sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya,
[ lalu pada pada tanda yang ketiga,pengadilan berupa Shirat dan Syafaat di mulai dan seluruh roh baik manusia dan jin termasuk para malaikat telah berkumpul---lihat An-Naba : 38,waktunya adalah selama  40 tahun di padang mahshar ]

8. Hati manusia pada waktu itu sangat takut,

9. Pandangannya tunduk.
[ Tidak ada seorangpun yang tidak takut saat itu,keadaan orang ( wujud roh ) adalah mabuk dan tidak berdaya ].[ Wujud roh disini adalah tidak berbeda dengan wujud manusia ketika di dunia,hanya lebih sempurna---lihat An-Naba : 38 ].
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Ayat dibawah ini  adalah seputar pertanyaan-pertanyaan manusia ketika masih hidup didunia dan tanda-tanda kekuasaan Tuhan yang harus di perhatikan  :

10. (Orang-orang kafir) berkata: "Apakah sesungguhnya kami benar-benar dikembalikan kepada kehidupan semula[1551]?
[ Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering di ajukan orang di dunia mengenai kehidupan setelah mati ]

11. Apakah (akan dibangkitkan juga) apabila kami telah menjadi tulang belulang yang hancur lumat?"
[ Pertanyaan yang umum dalam fikiran manusia ketika masih didunia ]

12. Mereka berkata: "Kalau demikian, itu adalah suatu pengembalian yang merugikan".
[ Mereka merasa rugi jika di bangkitkan,karena harus menerima azab ]

13. Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah satu kali tiupan saja,
[Digambarkan bahwa :  Jika Allah SWT mengehendaki,maka kebangkitan seperti dikatakan dalam ayat diatas hanyalah berupa sebuah tiupan sekali saja,maksudnya hal itu bisa dilakukan oleh Allah SWT dgn sekali berfirman saja,jadi maka jadilah yang Dia kehendaki ]

14. maka dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan bumi.
[ Jika Allah berkehendak,maka jadilah apa yang menjadi kehendaknya ]
[ Ayat ini menggambarkan kekuasaan Tuhan,mutlak tidak bisa di bantah manusia,kecuali yang tidak percaya pada tanda-tanda Kuasa-Nya ][ yang tidak percaya akan membuktikannya kelak di hari keputusan itu tiba ]
----------------------------------------------------------------------------
Kesimpulan :

Dari surah Yasiin,Al-Mursalat,An-Naba dan An-Naziaat, terdapat kesimpulan bahwa :

"Jasad manusia itu tidak lagi di ciptakan,melainkan manusia akan hidup dalam wujud roh.dalam hal ini termasuklah juga golongan Jin".
---------------------------------------------------------------------------
Dalil yang paling kuat dalam usaha penelusuran apakah jasad manusia itu diciptakan kembali atau tidak,adalah Surah An-Naba ,Ayat : 38.
---------------------------------------------------------------------------
Catatan :
Karena alasan apakah manusia di dunia ini ada yang menyatakan bahwa kematian adalah merupakan penyatuan dengan Tuhan ?...penyatuan dzat ?...
Karena alasan apapula manusia ada yang mengaku sebagai bagian dari Tuhan,hingga ia bisa menyatu dengan Tuhan ( manunggaling )..?..

Fenomena-fenomena ini adalah merupakan gambaran manusia yang telah buntu dalam pemikiran.gambaran akan akal yang sesat dalam keputus asa-an berfikir.
Menurut saya,faham manusia-manusia yang berfikir demikian adalah tidak jauh berbeda dengan faham Atheisme.
Faham seperti ini seakan menyatakan bahwa Tuhan itu tidak ada dalam wujud-Nya yang berdiri sendiri,melainkan seluruh alam ini adalah manifestasi Tuhan,manusia adalah bagian dari Tuhan,sehingga pada akhirnya yang ada hanya Tuhan sendiri.segala ciptaan adalah tidak ada.semuanya akan kembali menyatu dalam Tuhan.
Faham ini mengingkari existensi mahluk.mengingkari existensi penciptaan.
----------------------------------------------------------------------
Setelah membaca tulisan ini,anda bisa membaca tulisan yang berjudul bidadari dalam Al-Qur’an.
-------------------------------------------

Anda boleh setuju boleh tidak dengan pendapat dalam tulisan ini,terserah anda.

Sekian,semoga anda tidak merasa rugi membaca di blog ini.

Trims.------------------ht@2011


Contacts :
Email : djibreell@gmail.com