Minggu, 18 Desember 2011

Manusia dan Bumi

Home

Sunday, December 18, 2011
11:39 AM



Manusia dan Bumi.

[ Kerangka Pemikiran / wacana ]



Kapankah manusia itu ada di bumi ?...



Berbagai usaha dilakukan manusia untuk mengungkap akan keberadaannya di atas bumi ini.ada yang menggali lewat Ilmu Pengetahuan Alam,adapula lewat Kitab Suci / Wahyu,adapula yang menggali dengan dua kombinasi antara ilmu- ilmu terapan manusia dan Wahyu.sebagian kecil menggali lewat ilham- ilham syaitan yang membawa manusia berfikir dalam dunia mistik yang misterius.
Pemikiran-pemikiran manusia ini,tidaklah lepas dari pengaruh peradaban yang di bangunnya.manusia berinteraksi di atas bumi dari berbagai pusat peradaban yang berbeda.sehingga menimbulkan berbagai pemahaman dan pendapat yang beragam.kondisi ini saling mempengaruhi satu sama lain yang menyebabkan terombang ambingnya sebagian manusia.sebagian memilih percaya akan Tuhan / ber Iman,sebagian Atheis / Ingkar dan sisanya berada diantara keduanya ( ber Tuhan tapi berperilaku Atheis ).
Adapula sebagian kecil, yang hidup dalam fikiran mistik,yang percaya Tuhan dan Kekuatan supernatural / sihir yang berasal lewat perantara ( tidak dari Tuhan Langsung ),misalnya dari suatu tempat / benda yang bernuansa mistik atau dari bisikan penguasa ghaib ( katanya ),ini juga membawa dampak kepada manusia yang lain,sehingga faham- faham mistik juga tumbuh dengan bermacam- macam penafsiran dan pemikiran.
Kondisi ini semakin membuat ramai peradaban sehingga perbendaharaan akan pemikiran- pemikiran baru dunia semakin banyak,akan tetapi kondisi ini membuat garis tegas antara yang menjadi tuntunan agama dan bukan tuntunan agama menjadi kabur. apakah ini menjadi permasalahan ?..akan menjadi permasalahan jika Hukum Tuhan berlaku.
____________________________________________________________________
Bumi dan umur bumi : [ kutipan ]

Maaf kalau referensi yang digunakan disini adalah merupakan buku pelajaran sekolah SLTA,ini hanya usaha untuk menyegarkan ingatan agar bisa masuk pada fokus pembahasan.
Sumber : Penuntun pelajaran Sejarah ; SMA kls I & II ; Drs.I MD Yudhana dan Drs. I MD Pageh ; Penerbit Ganeca Exact Bandung,April 1989.

Bumi kita kita kira-kira telah berumur 250 juta tahunKarena panjangnya sejarah bumi kita maka ilmu sejarah membaginya dalam zaman=zaman berdasarkan geologi, yaitu ilmu yang mempelajari kulit bumi Adapun pembagian jaman menurut geologi adalah.
a Archaeikum,
artinya jaman tertua, berumur kira-kira 250 juta tahun belum ada tanda-tanda kehidupan sebab pada saat ini bumi masih belum dingin,udara masih panas sekali dan kulit bumi masih dalam proses pembentukan.
b Paleozoikum,
artinya jaman hidup tua,diperkirakan jaman ini berlangsung 340 juta tahun.jaman ini disebut juga jaman primer,artinya jaman pertama,sebab sudah mualai ada tanda-tanda kehidupan dengan menurunnya temperatur bumi.binatang-binatang yang kecil-kecil ( mikro organisme ),binatang tak betulang punggung,bahkan beberapa jenis ikan,amfibi dan reptil sudah mulai ada
c Mesozoikum,
artinya jaman hidup pertengahan,berlangsung 140 juta tahun.Jaman ini disebut juga jaman sekunder, artinya jaman kedua Karena pada aman ini kehidupan reptil yang utama, antara lain dinosaurus yang panjangnya mencapai 12 meter, Adlantosaurus yang mencapai 30 meter. disamping reptil, mulai ada gejala kehidupan yaitu jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah tingkatnya.
d. Neozoikum dan Kainozoikum,
artinya jaman hidup baru, berangsung 60 juta tahun dalam jaman ini binatang menyusui berkembangdan jaman ini dibedakan dalam dua jaman,yakni jaman tersier ( jaman ketiga ) dan jaman kuarter ( jaman keempat ).
- Jaman Tersier.
Binatang-binatang raksasa semakin berkurang, binatang menyusui sudah mulai ada, beberapa jenis monyet dan kera telah mulai hidup pada jaman ini.
- Jaman Kuarter.
Pada jaman ini berlangsung kira-kira 600,000 tahun. telah ada tanda-tanda kehidupan manusia yang di bedakan atas dua periode,yakni :
-- Jaman diluvium atau kala Pleistocen.
Pada kala ini sangat penting karena manusia mulai muncul di muka bumi. kala pleistocen berlangsung kira-kira 3 juta sampai 10,000 tahun sebelum masehi Pada masa ini terjadilah masa perluasan lapisan es di kutub, sehingga menutup sebagian besar benua Asia,Amerika serta Eropa Utara masa ini di sebut masa glasial. kemudian temperatur naik, es mencair sehingga daratan yang ditutup es berkurang dan permukaan laut naik masa demikian disebut masa interglasial.
-- Jaman Aluvium atau Kala Holocen.
Jaman ini berlangsung kira-kira 20,000 tahun sampai sekarang. bagian akhir bumi ini merupakan masa terpenting, karena masa ini telah hidup manusia yang disebut Homo Sapiens,artinya manusia yang cerdas.__________ Akhir Kutipan
______
Kutipan diatas menunjukkan bahwa sekitar 20,000 tahun sampai sekarang ( 1989, saat buku di atas di cetak ),.....sekitar tahun 17,989 SM, manusia telah ada di bumi ini.homo sapiens adalah nenek moyang manusia yang ada sekarang menurut dugaan banyak pakar ilmu alam yang bersumber dari temuan fosil- fosil tua. tahun 17,989 sm ini bisa saja berubah jika ditemukan fosil baru yang hidup di zaman yang lebih tua lagi. zaman akan terus berjalan dan manusia mungkin akan menemukan bukti-bukti yang makin kuat mengenai kapan manusia ( bani Adam ) mulai ada di bumi kita ini.
____________________________________________________________________
Munculnya manusia di muka bumi menurut penelusuran Science :
- Mahluk se-ukuran ( anatomi ) manusia dari Afrika Selatan :
Ditahun 1924,seorang ahli anatomi dari universitas Witwatersrand Johanesburg Afrika Selatan,Raymond Dart,menemukan fosil di desa Taung,Bechunaland( Afrika Selatan ).bentuk fosil tengkorak tersebut mirip dengan tengkorak kera,tetapi dengan gigi-gigi menyerupai gigi manusia sekarang ( manusia modern ).fosil tersebut di sebut sebagai Australophitecus Africanus.kemudian ditemukan pula spesies yang lain yang di sebut sebagai Australophitecus Robustus.kedua spesies ini hidup di Africa kira- kira 750,000 tahun yang lalu ( 747,000 SM ).menurut dugaan ( hypothetical) para pakar teori Evolusi bahwa Autralophitecus Africanus ( berat = 50 kg;tinggi = 1,2 m )kemudian terus berevolusi menjadi manusia modern dan Australophitecus Robustus ( berat = 70 kg;tinggi = 1,5 m )tetap tidak berubah.( di kutip dari buku Biologi 1 untuk kelas 1 SMA,terbitan PT.Intan Pariwara,edisi Kedua 1989 ).

- Mahluk yang mirip manusia :
Di Tahun 1894,di Trinil ( dekat Ngawi,Jawa Timur ),Eugene Dubois,seorang dokter Belanda,menemukan fosil- fosil berupa tulang rahang manusia,beberapa gigi yang menyerupai gigi kera,sebagian lagi berupa tulang tengkorak serta di temukan fosil tulang paha yang bentuknya lurus,sehingga menunjukkan bahwa tulang ini berasal dari Primates yang berdiri tegak.Dubois menamakan " Manusia Jawa" ini Pithecanthropus Erectus.di perkirakan hidup kira- kira 500,000 - 300,000 tahun lalu yaitu pada zaman Pleistosin pertengahan.dengan volume otak yang diperkirakan antara 770 - 1000 cm kubik mereka dianggap sudah dapat mempergunakan api dan diduga sudah dapat berbicara ( hypotetical ).( di kutip dari buku Biologi 1 untuk kelas 1 SMA,terbitan PT.Intan Pariwara,edisi Kedua 1989 ).

- Mahluk yang hampir menyerupai manusia :
Para pakar Teori Evolusi mendefinisikan mahluk yang hampir menyerupai manusia ini dengan menyebutnya sebagai manusia modern,yaitu manusia yang hampir menyerupai dengan manusia sekarang.walaupun terapat perbedaan yang tidak nyata.manusia modern yang ada ini termasuk dalam sepesies Homo Sapiens atau Homo Sapiens Neanderthalensis.( sedangkan manusia sekarang ( Bani Adam ) adalah Homo Sapiens Sapiens ).definisi lain hanya menyebutnya sebagai Neandhertal sementara yang lain di sebut Homo Erectus dan Australophitecus.
Pada tahun 1856, ditemukan fosil Neanderthal di lembah Neanderthal,Jerman.dengan volume otak kira- kira 1450 cm kubik.mereka hidup 100,000 hingga 40,000 tahun yang lalu.Fosil yang lebih muda dari Neanderthal ini adalah Cro Magnon yang di temukan di Perancis.bagaimana transisi dari Neanderthal ini ke Cro Magnon belum apat ditentukan.( di kutip dari buku Biologi 1 untuk kelas 1 SMA,terbitan PT.Intan Pariwara,edisi Kedua 1989 ).

Temuan-temuan lain :
Fosil-fosil yang di temukan ditempat lain seperti Swanscombe dari Inggris,Steinhein dari jerman,Gunung Carmel dari Palestina,Shanidar dari pegunungan Irak Utara.semua temuan ini di golongkan dalam kelompok atau rumpun Neanderthal,berdasarkan ciri- ciri umum yang dimiliki oleh fosil-fosil terebut.( di kutip dari buku Biologi 1 untuk kelas 1 SMA,terbitan PT.Intan Pariwara,edisi Kedua 1989 ).
Kesimpulan
Berdasarkan penelitian-penelitian mengenai fosil-fosil tersebut,para ahli teori evolusi berkesimpulan bahwa hanya ada dua spesies manusia yang ada di bumi,yaitu Homo Erectus dan Homo Sapiens.yang termasuk Homo Erectus misalnya : Pithecanthropus Erectus,Sinanthropus Pekinensis dan manuisa Heidelberg.sedangkan ang termasuk Homo Sapiens adalah : Neanderthal,Cro Magnon,Fosil Gunung Carmel dan manusia sekarang.( di kutip dari buku Biologi 1 untuk kelas 1 SMA,terbitan PT.Intan Pariwara,edisi Kedua 1989 ).
Sebagai Umat Beragama terutama dalam jalur agama Abrahamik,maka yang menjadi pertanyaan adalah yang manakah yang merupakan Bani Adam ?..Apakah dimulai dari Neanderthal atau Cro Magnon ?..atau dimulai dari Manusia selain kedua Mahluk tersebut ?...

________________________ [ kutipan-kutipan dari Wikipedia berbahasa Inggris ]
Fosil tertua Neanderthal : Steinheim Skull ( 350,000 tahun )
Fosil termuda Neanderthal : La Quina 5 ( 40,000 - 55,000 tahun ) ; La Quina 18 ( 40,000 - 55,000 tahun) dan Mt.Circeo 1 ( 40,000 - 60,000 tahun )
________________________[ kutipan-kutipan dari Wikipedia berbahasa Inggris ]
Fosil Tertua Homo Sapiens : Dali (fossil) disebut juga Homo heidelbergensis ( 209,000 tahun ).
Fosil Termuda Homo Sapiens : SCDG K102 ( 300 - 400 tahun )
___________________
Dari perbandingan umur fosil antara Homo Sapiens dan Neanderthal,maka dapat disimpulkan sbb :
Bahwa Homo Sapiens ( Bani Adam ),telah ada di zaman Neanderthal pertengahan ( ini jika Homo Heidelbergensis di anggap sebagai Homo Sapiens ) 209,000 tahun lalu ( 200,000 tahun lalu ).namun tampaknya banyak pakar yang setuju jika manusia Heidelberg di anggap Homo Erectus.
Dengan demikian dari fosil homo sapiens manakah bisa di tentukan yang benar-benar murni Homo Sapiens ?..
Data pendukung tidak menyebutkan dengan tegas mengenai yang di anggap sebagai fosil murni Homo Sapiens [ kutipan- kutipan dari Wikipedia berbahasa Inggris ],sebagai usaha sementara [ sampai sumber data menentukan yang mana fosil Homo Sapiens Murni ],maka pilihan di mulai dari Mungo Man [ pada gambar dibawah dengan fosil yang cukup lengkap ].


Fosil ini memiliki umur 60,000 sampai 40,000 tahun.ditemukan di Australia tahun 1974.

Dari fosil Mungo Man ini di tarik sebuah acuan sementara sebagai masa-masa kehadiran bani Adam di atas bumi ini.yakni sekitar 60,000 tahun yang lalu.60,000 - 2011 [ thn sekarang ] = 57,989 SM.di bulatkan menjadi 58,000 SM.

Jadi perkiraan kisaran masa kehadiran Bani Adam di bumi ini adalah sekitar tahun 58,000 SM.



Catatan :

Jika seandainya ada fosil tua dalam kisaran tahun 58,000 SM kebawah,yang bisa di temukan di Al-Karmel,Israel.mungkin ini bisa dijadikan bahan  penelitian untuk mengidentifikasi kehadiran manusia pertama di bumi,yang di dalam agama Abrahamik disebut Nabi Adam as.atau ada fosil tua di Srilangka yang mungkin bisa di jadikan acuan.fosil di atas belum memungkinkan untuk acuan yang mendekati,karena tempatnya di Australia,bisa jadi fosil tersebut adalah fosil dari ras Phitechanthropus,neanderthal atau cro magnon.fosil diatas hanyalah sebagai kerangka acuan sementara sebelum di temukan fosil yang lebih mendekati ras manusia yang sebenarnya.
___________________
Dalam Alqur'an dan Al-Hadits,disebutkan bahwa Nabi Adam adalah Mahluk Kultural,yang mendapat pengetahuan di Syurga sebelum ia di turunkan ke bumi ini.
Ayat-ayat tersebut adalah :
Surah Al-Baqarah :


31. Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

[ Insert : ]

"Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya",nama-nama apakah yang telah di ajarkan oleh Allah SWT kepada nabi Adam as ?..inilah yang sulit untuk tidak di tafsirkan dengan berbagai macam penafiran.kata " Seluruhnya",seakan menagaskan bahwa nabi Adam as mendapat pengetahuan yang cukup,sebelum beliau di turunkan ke bumi ini.

Bagian ayat ini menegaskan bahwa nabi Adam as adalah mahluk kultural.ada pengetahuan yang cukup diberikan padanya untuk menjalani hidup tanpa harus belajar secara alami dari alam.kecuali untuk hal- hal yang menjadi tuntutan perkembangan budaya dan peradaban dimasa masa selanjutnya.

Apa sajakah yang telah diajarkan padanya ? :

Ilmu Tauhid sudah jelas dimiliki oleh nabi Adam as sebab dialah manusia pertama yang bisa berkomunikasi langsung dengan Allah SWT.
Ilmu pengetahuan tentang keluarga,masyarakat dan kehidupan sosial lainnya,Insya Allah telah di ajarkan padanya.
Ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan sumber penghidupan dari alam terutama masalah kebutuhan hidup sehari-hari.
Ilmu pengetahuan tentang kesehatan dan akibat buruk dari alam insya Allah juga di ajarkan.
Dan hal-hal lain yang berkenaan dengan fungsi nabi Adam as sebagai Khalifah dimana semua itu menjadi rahasia Allah SWT,para Malaikat dan nabi Adam sendiri,karena hal ini tidak di terangkan dalam Al-Qur'an secara detail.
_______________________________________
Sebuah pertanyaan muncul dalam fikiran :
Apakah nabi Adam as diciptakan dalam keadaan sudah dewasa atau anak-anak ?...mungkinkah nabi Adam as diciptakan bersama Hawwa dalam keadaan anak-anak lalu kemudian di ajarkan pengetahuan kepada mereka hingga mereka dewasa,lalu di uji ketaatannya dengan pohon Sajaratul Khuldi ?..hal ini menjadi misteri yang yang hanya diketahui oleh Allah SWT,para Malaikat dan nabi Adam as beserta isterinya Hawwa.lalau bagaimanakah Tuhan mengajarkan sesuatu kepada nabi Adam as ?...ini adalah misteri.kemudian dari ras apakah Nabi Adam as ?..Eropa ?..Asia ? Africa ?...Nabi Adam tidak memiliki Ras arena ia adalah yang pertama.ras mulai muncul dalam definisi manusia adalah ketika manusia sudah mulai banyak dan terbagi dalam berbagai macam kelompok oleh sebab factor genetic.
_______________________________________


32. Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana[35]."



[35]. Sebenarnya terjemahan Hakim dengan Maha Bijaksana kurang tepat, karena arti Hakim ialah: yang mempunyai hikmah. Hikmah ialah penciptaan dan penggunaan sesuatu sesuai dengan sifat, guna dan faedahnya. Di sini diartikan dengan Maha Bijaksana karena dianggap arti tersebut hampir mendekati arti Hakim.

[ Insert : ]

Tampaknya bahwa apa yang diajarkan Allah SWT kepada nabi Adam as sebagian adalah pengetahuan yang belum di ajarkan kepada para Malaikat.ini di tegaskan dalam kalimat "tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami".

_____ [ tambahan ]
Disini juga jelas bahwa para Malaikat samasekali tidak memiliki pengetahuan membaca fikiran manusia karena mereka tidak bisa mengetahui apa yang telah di ajarkan kepada nabi Adam as.jelas bahwa kemampuan dalam membaca fikiran manusia adalah suatu usaha yang bertentangan dengan kodrat penciptaan.
Di dunia ini,gol.Jin terutama yang sudah berpredikat Iblis atau Syaitan,mereka seakan bisa membaca fikiran manusia,jelas bahwa perbuatan ini adalah melanggar kodrat penciptaan.gol.Jin bisa membaca fikiran manusia adalah karena karunia Sihir yang mereka terima.ada beberapa manusia yang yang mampu mengikuti jejak gol.Jin ini,walaupun sebagian dari mereka ada yang menggunakan jasa gol.jin untuk mengetahui fikiran manusia daripada mendapatkan ilmu sihir itu secara independent.(Catatan : Orang yang berhasil mendapatkan ilmu sihir secara independent tanpa bantuan gol.Jin tidak berarti mereka lepas dari pengaruh gol.Jin yang disebut Syaitan atau Iblis,tanpa berkomunikasipun gol.Jin bisa mempengaruhi pikiran manusia untuk di sesatkan,hal ini telah di terangkan dalam hadits-hadits nabi SAW ).
_____


33. Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?"

Dengan demikian maka "kemungkinan besar"( belum tertutup kemungkinan bahwa Neanderthal adalah mahluk kultural ) bahwa Bani Adam adalah Manusia setelah Neanderthal atau Cro Magnon ,karena nabi adam adalah mahluk yang berpengetahuan yang tidak harus belajar di alam dengan cara yang alami.

___________________

Dari penelusuran melalui sumber Wikipedia berbahasa Inggris diatas,didapatkan sebuah acuan bersifat sementara [ untuk keperluan penelususan ],bahwa perkiraan kehadiran bani Adam di bumi ini adalah sekitar tahun 58,000 SM.

______________________________________________________________________

Kehadiran Manusia ( Homo Sapiens sapien atau yang dikenal sebagai bani Adam dalam agama Abrahamik ) di bumi :
Keterangan mengenai adanya mahluk yang menyerupai manusia sebelum bani Adam di bumi ini tidak didapati dalam Al- Qur'an dan Al- Hadits.meskipun kemudian ada penafsiran dari Ayat Al-Qur'an sbb :
__________________________________
Surah Al-Baqarah ayat : 30 :


Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Menurut Imam Al-Maqdisi : Bahwa ada golongan mahluk dibumi ini sebelum Nabi Adam turun ke Bumi,yakni mahluk yang suka membuat kerusakan yang merupakan pengembangan tafsir ayat di atas.sepertinya Imam Al-Maqdisi menunjuk mahluk ini sebagai golongan Homo Erectus atau Neanderthal.

Komentar : Kehidupan Homo Erectus dan Neanderthal adalah alami,bukan kultural,jika kehidupan mereka itu alami,tentu tidak bisa dikatakan sebagai pembuat kerusakan di muka bumi,karena mereka hanya mengambil isi bumi ini secukupnya,tidak seperti manusia sekarang,mengambil isi bumi dan menguasainya,sehingga pada akhirnya tindakan peguasaan ini menjadi titik tolak dominasi sebagian manusia untuk berbuat kerusakan,baik terhadap alam maupun terhadap mahluk lain dan sesama manusia.

Catatan : Hewan tidak dikatakan sebagai pembuat kerusakan,karena mereka hidup alami.

__________________________________

Kembali kepada referensi Wikipedia di atas,bahwa Homo sapiens ( maksudnya manusia sekarang ),mulai ada di bumi sekitar tahun 58,000 SM,sementara Neanderthal di perkirakan mulai mengalami kepunahan tahun 37,989 SM ke bawah.
Disini tetap terjadi pertemuan masa antara Neanderthal dengan bani Adam ( Manusia sekarang ).bahkan mungkin dizaman bani Adam mulai ada,segelintir populasi Homo Erectus masih tersisa [ Homo floresiensis yang termasuk Homo Erectus 18,000 tahun yang lalu ( 15,989 SM ),fosil di temukan oleh Peter Brown di Indonesia tahun 2003 lalu ; kutipan dari Internet,Wikipedia berbahasa Inggris].
_______________
Dengan adanya acuan di atas tadi,maka jawaban atas pertanyaan " Kapankah Manusia itu mulai ada di muka bumi ?", hal ini untuk sementara sudah bisa terjawab walaupun tidak begitu akurat,yakni sekitar tahun 58,000 SM dan yang dimaksud sebagai Bani Adam adalah bukan Homo Erectus,Neanderthal atau Cro Magnon.
_______________________________________________________
Masa antara Nabi Adam as dan Banjir masa Nabi Nuh as (58,000 SM - 2915 SM )
Antara Nabi Adam as dan masa banjir Nabi Nuh as terdapat masa yang sangat panjang yakni sekitar 55,000 tahun.jika benar manusia dari keturunan bani Adam telah ada di sekitar tahun yang tersebut di atas,bisa dibayangkan seberapa jauh perkembangan umat manusia dengan kebudayaannya di muka bumi ini sebelum di hancurkan oleh air bah dimasa nabi Nuh as.
Di Mesopotamia para arkeolog berhasil menemukan lapisan bumi yang diperkirakan merupakan tempat peradaban sebelum banjir atau air bah di masa nabi Nuh as.temuan ini tampaknya berhasil menghubungkan keterangan- keterangan kitab- kitab suci Abrahamik tentang nabi Nuh as dan air bah,dimana disana di temukan beberapa prasasti atau tablet dari tanah liat yang berisi keterangan tentang air bah yang melanda daerah mesopotamia.




Sumber gambar,Internet Wikipedia.

Fakta-fakta sejarah yang berhasil ditemukan oleh para Arkeolog akan memberikan gambaran tentang bagaimana kehidupan dan peradabannya dimasa sebelum air bah terjadi.

Temuan-temuan para arkeolog ini tidak hanya di daerah Mesopotamia akan tetapi juga terdapat di daerah Pakistan dimana disana ditemukan dua kota tua ( 3000 SM ) yang disebut Mahenjo Daro dan Harappa.kemudian di susul dengan temuan-temuan di Mesir dan berbagai daerah lainnya yang kemudian membentuk rangkaian yang bercerita mengenai sejarah dan peradaban-peradaban tua sebelum air bah,dan sebagian merupakan peninggalan kehidupan Pra Sejarah di zaman perunggu sampai zaman batu tua.

__________________________

[ Insert : ]

Nabi Adam dalam persepsi Islam : [ Sumber : Wikipedia berbahasa Indonesia ]
Adam hidup selama 930 tahun setelah penciptaan (sekitar 3760-2830 SM), sedangkan Hawa lahir ketika Adam berusia 130 tahun.
Menurut hadits Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Adam memiliki postur badan dengan ketinggian 60 hasta (kurang lebih 27,432 meter).[2] Hadits mengenai ini pula ditemukan dalam riwayat Imam Muslim dan Imam Ahmad, namun dalam sanad yang berbeda.[3]
Menurut kisah Adam diturunkan di Safa (Srilanka) dipuncak bukit Sri Pada dan Hawa diturunkan di Marwa. Mereka akhirnya bertemu kembali di Jabal Rahmah setelah 40 hari berpisah. Setelah bersatu kembali, konon Adam dan Hawa menetap di Srilanka, karena menurut kisah daerah Srilanka nyaris mirip dengan keadaan surga.[4] Di tempat ini ditemukan jejak kaki Adam yang berukuran raksasa.
Nabi Adam dalam persepsi Yahudi & Kristiani : [ Sumber : Wikipedia berbahasa Indonesia ]
Menurut kisah di atas, Adam diciptakan menurut gambar dan rupa Allah[5]. Adam kemudian ditempatkan di dalam Taman Eden yang berarti tanah daratan, terletak di hulu Sungai Pison, Gihon, Tigris, dan Efrat (di sekitar wilayah Irak saat ini).
Adam dan Hawa tinggal di Taman Eden dan berjalan bersama Allah, tetapi akhirnya mereka diusir dari taman itu karena mereka melanggar perintah Allah untuk tidak memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Menurut silsilah Kitab Kejadian, Adam meninggal dunia pada usia 930 tahun. Dengan angka-angka seperti itu, perhitungan seperti yang dibuat oleh Uskup Agung Ussher, memberikan kesan bahwa Adam meninggal hanya sekitar 127 tahun sebelum kelahiran Nuh, sembilan generasi setelah Adam. Dengan kata lain, Adam masih hidup bersama Lamekh (ayah Nuh) sekurang-kurangnya selama 50 tahun. Menurut Kitab Yosua, kota Adam masih dikenal pada saat bangsa Israel menyeberangi Sungai Yordan untuk memasuki Kanaan[7].
Menurut legenda, setelah diusir dari Taman Eden, Adam pertama kali menjejakkan kakinya di muka bumi di sebuah gunung yang dikenal sebagai Puncak Adam atau Al-Rohun yang kini terdapat di Sri Lanka.
Kesimpulan :
Ketiga Agama Abrahamik ini tampaknya setuju bahwa pada akhirnya nabi Adam dan Hawwa memulai kehidupan di Srilanka.
Tahun Kehidupan nabi Adam dan Hawwa terdapat dua pendapat : 1.3760 - 2830 SM ; 2. 5872- 4942 SM
___
Lokasi tempat hidup Nabi Adam dan Hawwa serta kisaran tahun kehidupan mereka hendaknya tidak membuat suatu kebingungan dengan dugaan angka 58,000 SM dan dugaan tempat pendaratan pertaman nabi Adam dan Hawwa di bumi yakni Palestina dalam tulisan ini,karena semuanya masih bersifat dugaan atau hipotetik.bagaimanapun Kitab suci tidak menerangkan secara detail mengenai tempat pertamakali nabi Adam dan Hawwa di bumi serta kisaran tahun kehidupan mereka.ini mungkin berarti bahwa manusia disuruh berfikir,jika manusia di suruh berfikir,maka penelusuran dari fakta- fakta Arkeologi dan sejarah adalah wujud usaha berfikir manusia yang tidak bisa diabaikan begitu saja oleh perspektif agama.berfikir adalah usaha mencerdaskan akal,masalah hasil adalah tergantung perolehan maksimal pendataan.tidak selalu sebuah usaha itu memberikan hasil seperti yang di inginkan,akan tetapi tanpa disadari akal terus meningkat kecerdasannya.
________________________________________________________________
Peradaban di masa sebelum air bah terjadi :
Pembahasan ini akan mencoba untuk merangkai sejarah peradaban manusia yang bergerak mundur,dimulai dari zaman sebelum air bah terjadi hingga ke zaman-zaman awal hadirnya bani Adam di bumi ini,sebagai referensi pada fokus pembahasan.

Zaman Pra-( Pra-Sejarah ),58,000 SM - 10,000 SM
Kehidupan di zaman ini adalah kehidupan manusia yang di duga berdampingan dengan kehidupan Homo Erectus dan Neanderthal.sampai saat ini belum ada jejak yang pasti akan bagaimana kehidupan manusia ( bani Adam ) di zaman ini.yang ada hanyalah indikasi kehadiran manusia yang di dukung oleh fakta- fakta fosil yang diduga hidup di zaman ini.
Ada dugaan yang menyatakan bahwa di zaman ini adalah merupakan zaman permulaan nenek moyang seluruh manusia, yang kemudian hidup di zaman pra- sejarah sampai sekarang.sebagai kaum beragama,pendapat ini tentu saja bisa diterima namun dengan syarat tidak memperhitungkan Konsep Evolusi,yang menduga bahwa manusia adalah hasil transisi dari Great Apes sampai Homo Erectus,Neanderthal,Cro Magnon lalu menjelma menjadi manusia modern seperti di zaman pra sejarah sampai sekarang.
Konsep Agama Abrahamik mengenai manusia pertama adalah merupakan mahluk kultural dan bukan hasil evolusi primata,indikasi keberadaannya bisa di zaman pra-sejarah bisa pula di zaman sebelum pra- sejarah.untuk itulah rekonstruksi fosil di harapkan se Netral mungkin,tidak condong mengarah pada Konsep Evolusi,tidak pula pada Konsep Agama.sehingga usaha mengungkap sejarah manusia benar- benar jujur dan bisa di jadikan referensi oleh setiap segmen Ilmu Pengetahuan yang terkait.
Sampai saat ini usaha rekonstruksi fosil masih belum mencapai satu kesepakatan,hal ini nampak dari munculnya spesifikasi yang berbeda-beda dari para pakar mengenai fosil- fosil tersebut.sebuah fosil terkadanag di kelompokkan dalam kelompok Neanderthal,disisi lain ia di masukkan dalam kelompok Homo Sapiens.contohnya adalah fosil Heidelberg,ada yang menduga sebagai Homo Erectus adapula yang menduga sebagai Neanderthal.hal ini menuntut kesabaran bagi yang berkepentingan terhadap berita- berita yang di bawa oleh fosil-fosil tua tersebut,hingga dicapai sebuah format yang bisa membimbing pada suatu rekonstruksi yang disepakati secara umum.
Zaman Pra-Sejarah
Para Ahli membagi zaman pra-sejarah dalam dua periode besar yakni zaman Batu dan Zaman Logam.Zaman Pra- Sejarah ini dimulai sekitar tahun 10,000 SM.masa-masa antara tahun 58,000 SM - 10,000 SM adalah masa-masa yang masih belum memiliki gambaran / rekonstruksi yang jelas.
Zaman Pra-Sejarah adalah zaman dimana masih terindikasi oleh data-data Ilmu Pengetahuan bahwa dimasa tersebut telah ada kehidupan yang bersifat kultural.kehidupan manusia dimulai dengan menggunakan perangkat yang sangat sederhana dimana perangkat ini terbuat dari batu,seperti perangkat untuk memotong dan membuat api.kehidupan dimulai dengan cara Nomad ( berpindah-pindah ),lalu kemudian menetap dan membangun peradaban.
Zaman Batu 10,000 SM
Zaman Batu di bagi dalam empat periode sbb :
Zaman Batu Tua ( Paleolithic ) :
Zaman Batu Pertengahan ( Messolithic ) :
Zaman Batu Muda ( Neolithic ) :
Zaman Batu Besar ( Megalithic ) :
Zaman Logam
Zaman Logam di bagi dalam empat periode sbb :
Zaman Tembaga (3500 BC) :
Zaman Perunggu (2500 BC):
Zaman Besi (1200 BC) :
________________________________________________________________
Tanda-tanda peradaban modern di masa lalu :
Jika mengacu pada pada masa di sekitar tahun 58,000 SM,maka tentu ada banyak kejadian yang terjadi dalam masa perjalanan manusia ( bani Adam ) di atas bumi ini sampai terjadinya air bah dimasa nabi Nuh sampai sekarang.terlintas sedikit pertanyaan,sudah berapa kali peradaban manusia di atas bumi ini berulang akibat kemusnahan oleh bencana alam yang bersifat global seperti air bah di masa nabi Nuh as ? apakah hanya sekali ? bagaimanakah wujud peradaban di masa lalu,apakah wajah peradaban itu cukup seperti zaman sebelum air bah dikala nabi Nuh masih belum membuat perahu ?...ataukah ada peradaban sebelumnya yang lebih maju ?...."Relief benda terbang mirip Helikopter terdapat di Kuil Abydos Mesir",apakah artinya ini ?...apakah pahatan gambar ini hanya merupakan buah ramalan para peramal Mesir Kuno ?...ataukah berkaitan dengan masa-masa di zaman nenek moyang penduduk Mesir dimana kemudian cerita benda terbang ini menjadi mitos orang Mesir Kuno lalu di pahatkan sebagai hiasan Kuil ?...adakah zaman lebih tua dimana benda terbang ini pernah ada ?...atau mungkin gambar ini hanya merupakan gambar yang di buat oleh orang yang kurang bertanggung jawab ?..ini adalah misteri yang belum terungkap.




Relief mirip helikopter dan benda terbang di dinding Kuil Abydos mesir.[ Sumber : Internet ]

[ Pendapat beberapa pakar menyatakan bahwa pahatan ini mungkin saja adalah UFO. ]

Jika benar benda-benda terbang ini pernah ada di zaman-zaman tua,maka besar kemungkinan keberadaannya, ada di masa sebelum masa Pra- Sejarah ( 58,000 SM - 10,000 SM ).

Catatan :

Belum didapatkan data mengenai umur batuan yang di pahat ini.jika memungkinkan,tulisan ini akan selalu di update dengan data-data yang belum terdaftar dalam referensi.Tulisan ini masih berupa kerangka yang harus terus di update untuk mendapatkan kejelasan.

--------
Jika pahatan di dinding kuil ini menggambarkan suatu kondisi di suatu zaman yang jauh sebelum banjir,dan gambar-gambar ini merupakan hasil karya manusia bumi ini,maka yang mengherankan adalah bahwa ada kemiripan pola kehidupan peradaban manusia di zaman benda-benda terbang ini ada dan zaman sekarang,sepertinya sketsa kehidupan manusia itu telah di atur dalam sebuah pola.awal mula dari kehidupan nomad,lalu hidup di suatu tempat sebagai koloni masyarakat,membangun budaya dan tehnologi,kemudian suatu saat ada bencana besar sehingga hampir semua hasil prestasi manusia musnah,lalu dimulai lagi kehidupan baru dengan pola nomad,dan seterusnya…bencana ini adalah akibat kegagalan manusia,tidak harus dikatakan sebagai bencana alam murni tanpa kaitan dengan prestasi manusia,konsep agama tidak demikian.
Jika benda-benda terbang ini bukan karya manusia bumi,darimanakah ia berasal ?..apakah dari bintang lain atau dari galaksi lain ?...dan jika benda-benda terbang ini berasal dari luar bumi ini,mungkinkah manusia pertama di bumi ini di angkut dengan kendaraan seperti di atas dari surga ke bumi ?..jika memang benar benda- benda terbang seperti gambar pahatan dinding kuil ini yang mengangkut manusia pertama ke bumi,maka apakah kendaraan yang membawa Rasulullah Muhammad SAW keluar dari bumi ini dalam peristiwa Isra' dan Mi'raj ?....apakah Bouraq itu ?..
Sekarang ini kita hanya bisa berandai-andai dan menduga-duga.mungkin di zaman yang akan datang akan muncul bukti-bukti sejarah masa lalu yang berada di zaman dimana gambar-gambar di atas pernah ada.
_______________________________________________________
Kesimpulan Sementara :
Neanderthal dan Homo Erectus bukanlah golongan manusia sekarang ( bani Adam ),melainkan merupakan mahluk yang terpisah dari Bani Adam dan Homo Erectus maupun Neanderthal,memiliki sejarah dan tujuan penciptaan tersendiri.
Karena Teori Evolusi belum memberi bukti yang memungkinkan terjadinya Interbreeding antara Neanderthal dengan bani Adam / homo sapiens,maka sebagai iniaisiatif untuk sementara waktu bahwa perkawinan antara Neanderthal atau Cro Magnon dengan bani Adam adalah suatu hal yang tidak memungkinkan apalagi dengan Homo Erectus,sehingga Bani Adam tumbuh dan berkembang menurut jalur keturunan yang murni dari Nabi Adam as dan Hawwa.
Manusia dari bani Adam bukanlah hasil Evolusi dari Neanderthal atau Cro Magnon,apalagi dari Homo Erectus ( Fakta- fakta Arkeologi tidak cukup untuk mendukung teori evolusi ini,sehingga teori evolusi manusia masih berkisar pada nilai hipotetik semata. ).
Bani Adam adalah di hadirkan ke bumi ini dari bumi yang lain,bumi yang di muliakan,yakni bumi yang disebut Syurga.ini konsep yang tidak bisa di jatuhkan begitu saja oleh teori evolusi.Konsep nabi Adam as sebagai manusia pertama masih dalam posisi 1:1 dengan konsep Evolusi.sama halnya dengan Konsep Tauhid dan Atheis,kalau fenomena astral tidak diperhitungkan,maka posisi dua konsep ini masih 1:1.bagi orang beragama yang tidak bisa meniadakan fenomena astral,jelas bahwa konsep Tauhid jauh berada di atas konsep Atheis.dunia ini pada intinya hanya memiliki dua bentuk faham,dan puncak pemikiran kedua faham ini setara perbandingannya 1:1,ini murni dalam parameter logika.akan tetapi jika pada orang beragama yang juga memperhitungkan paramater unsur astral,maka konsep agama tauhid jauh berada di atas.Konsep agama membuktikan kepada segelintir manusia akan berlakunya Hukum Tuhan yang Mutlak tidak bisa di hindari.

Nabi Adam as dan isterinya Hawwa,adalah mahluk Kultural yang tidak harus hidup dengan belajar secara alami di alamini.mereka telah diajarkan berbagai macam hal di surga sebelum di turunkan ke bumi ini.apakah bayangan manusia dalam film-film yang menceritakan sepasang manusia pertama ini sudah benar ?..bahwa mereka hidup seperti kehidupan Neanderthal yang hidup dalam gua ?..atau mereka di turunkan kebumi dalam keadaan yang jauh berbeda.keadaan dimana manusia di gambarkan hidup dalam gua-gua adalah manusia setelah nabi Adam as,dimana manusia-manusia ini dulu adalah sisa-sisa manusia yang selamat dari sebuah bencana besar seperti di zaman nabi nuh as ?..fakta belum ditemukan.namun ada kemungkinan bahwa awal peradaban manusia adalah bukan seperti gambaran yang sering di muat dalam film.mungkin sebaliknya,bahwa nabi Adam as dan Hawwa mendarat di bumi ini dibekali fasilitas yang maju.bukan fasilitas seperti yang dipakai di zaman batu.gambar yang di pahat di kuil Abydos di atas adalah misteri…ada nilai plus minus disini mengenai keadaan manusia awal.tidak bisa di format begitu saja dgn gambaran seperti manusia zaman batu dan fasilitasnya.
______________________________________________________________
Jika anda bisa menjabarkan kejadian-kejadian dalam tulisan ini dalam penjabaran yang lebih baik,maka hal inilah yang diharapkan.karena uraian seperti tulisan ini mungkin sangat berguna bagi generasi-generasi penerus Islam dimasa datang agar tidak mudah belok dalam pemikiran.
--------------------------------

Demikian,semoga bermanfaat.
Trims._____________________________ht@2011


Contacts :
Email : djibreell@gmail.com