Jumat, 13 Januari 2012

Free Antivirus Populer

Wednesday, January 11, 2012
11:34 AM

Free Antivirus Populer

1.     Avira Free Antivirus 2012
Avira dilengkapi dengan modul Webguard,yang menjamin keamanan browsing dari kemungkinan terbukanya celah dalam browser web bagi para hacker.sebagaimana diketahui bahwa beberapa browser memiliki kelemahan yang bisa menyebabkan orang melakukan kejahatan di dalam komputer orang lain melalui internet.dengan adanya kelemahan ini maka seorang hacker,atau program virus buatannya seperti trojan dropper bisa masuk ke komputer orang dan kemudian melakukan berbagai tujuan dan menyebar kedalam flash disk,sehingga membuat resah para pemakai flash disk dan semacamnya.modul webguard ini bisa di dapatkan dengan online update setelah Avira berhasi di install dan running.Webguard akan melindungi komputer ketika online surfing.
Kelebihan Avira adalah bahwa Antivirus ini bisa di update secara manual.dengan melakukan download antivirus database di website yang tersedia.dengan kelebihan ini maka seorang netter yang selama ini hanya menggunakan koneksi melalui stick modem dimana koneksinya kurang mendukung untuk download data berukuran besar bisa di atasi dengan melakukan download memakai jasa lain seperti warnet.lalu kemudian update secara manual.begitu juga bagi computer yang tidak ada koneksi ke internet tapi butuh antivirus.avira adalah salah satu pilihan terbaik.
Secara default,tampaknya avira melakukan disable terhadap akses file autorun.inf.sehingga program-program jahat seperti virus,trojan dan worm tidak bisa melakukan infeksi dengan cara menggunakan file autorun.inf.sebagaimana diketahui bahwa rata-rata virus,worm dan trojan sekarang ini banyak menyebar dengan cara memanfaatkan fasilitas automatik windows yang bisa dilakukan dengan menggunakan file autorun.inf.jika ada program dalam flash disk atau semacamnya yang mencoba running dengan mengakses file autorun.inf,maka avira akan segera mencegahnya dan memberi feed back berupa pemberitahuan kepada pemakai / user.

Untuk mendapatkan program ini silahkan ikuti link di bawah ini :


2.     AVG Free Antivirus

AVG Antivirus Free Edition,adalah program antivirus yang harus di instal dengan cara online.mula-mula harus download dulu program downloader-nya.setelah itu dengan menggunakan downloader ini AVG di install secara online.ukuran file yang harus di download dengan downloader ini sekitar 50-an mega byte.lumayah besar.jika menggunakan koneksi stick modem bisa terjadi masalah karena tidak stabilnya koneksi.sehingga terkadang harus dilakukan lebih dari dua kali download bahkan berkali-kali jika koneksi dalam keadaan kurang baik.tidak ada jalan lain untuk medapatkan program AVG Free Edition ini selain online download.

AVG Free Edition,memiliki beberapa feature seperti berikut ini :

Anti Virus : Antivirus akan melindungi komputer dari Virus,Worm,Trojan dan Spyware.mencegah eksekusi file atau library dalam system yang tidak di inginkan termasuk melindungi komputer dari adware yang bersifat merusak.
Link Scanner : melindungi komputer dari kejahatan yang dilakukan melalui web browser.
Email Protection : melindungi komputer dari kejahatan yang dilakukan melalui Email.
Anti Rootkit : melindungi komputer dari kejahatan program rootkit yang tersembunyi dalam program tertentu,driver atau file library ( file dengan extention.dll ). Rootkit adalah sebuah program yang memberi jalan pada pelaku kejahatan untuk akses dalam level administrator,baik lokal maupun network.
PC Analizer : adalah fasilitas yang bisa memberi keterangan mengenai error dan performa komputer.fasilitas ini terbatas.harus download versi full-nya dan tidak gratis.
Identity Protection : melindungi aset digital seperti Id dan semacamnya,dari usaha pencurian melalui internet.


Salah satu kelebihan AVG adalah bahwa antivirus database-nya bisa di update secara manual.download dulu antivirus database-nya,ukurannya sekitar 50-an mega byte.lalu update secara manual.
Untuk mendapatkan AVG Antivirus Free Edition,silahkan ikuti link dibawah ini :



7.     Avast! Free Antivirus


Avast! Free Edition,memiliki beberapa feature antara lain :

Antivirus : melindungi komputer dari kejahatan program virus,spyware,trojan dan worm.
Boot Time Scan : Adalah fasilitas yang bisa bisa di jalankan melalui schedule dan Avast! akan di jalankan ketika komputer dalam kondisi startup sebelum oprating system aktif.dalam keadaan ini Avast! Akan melakukan scanning.
Autosandbox : adalah sebuah wadah terisolasi dari system yang disediakan untuk menjalankan program.dengan fasilitas ini sebuah program bisa berjalan dengan aman.
Spam Protection : fasilitas ini akan melakukan blocking terhadap Email yang tidak di inginkan atau di anggap Spam.
Web Rep : WebRep adalah indikator Avast! Yang diberikan pada web browser untuk menunjukkan reputasi web page yang sedang di buka.
Site Blocking : dengan site blocking,maka beberapa site yang tidak di inginkan bisa di blok.site pornografi misalnya.ini berguna untuk melakukan control pada browser.

Untuk feature lebih detail,silahkan lihat tabel berikut :

avast! Free antivirus 6.0
avast! Pro antivirus 6.0
avast! Internet Security 6.0
High performance antivirus engine
YES
YES
YES
Anti-rootkit protection
YES
YES
YES
Anti-spyware protection
YES
YES
YES
avast! WebRep
YES
YES
YES
avast! AutoSandbox
YES
YES
YES
avast! Sandbox
NO
YES
YES
avast! SafeZone
NO
YES
YES
Command line scanner
NO
YES
YES
Anti-spam filter
NO
NO
YES
Built-in firewall
NO
NO
YES

Avast!,tidak memiliki fasilitas manual update antivirus database.sehingga harus di update secara online.

Untuk mendapatkan program ini,silahkan ikuti link di bawah ini :


Saran :
Untuk menjaga ke stabilan system,maka janganlah melakukan installasi lebih dari dua program antivirus di dalam sebuah komputer.karena hal ini bisa membuat performa komputer berjalan lambat.terkadang terjadi bentrok yang menyebabkan komputer menjadi hang.
Antivirus,bagaimanapun harus terus di update,terutama sekali antivirus database-nya,mengingat pengembang program virus terus muncul setiap waktu dan menyebarkan virus buatannya terutama di internet.jika sempat tertinggal update,maka antivirus akan bisa di lumpuhkan dengan virus yang lebih baru atau varian yang lebih baru.begitupula dengan program jahat seperti Spyware dan Worm.
Antivirus yang disebutkan diatas dilengkapi fasilitas automatik update ketika komputer online.setiap hari pengembang program antivirus merilis update database nya.usahakan jangan pernah ketinggalan untuk online update.ukuran file untuk online daily update tidaklah terlalu besar,bahkan hanya dalam ukuran kilobyte saja.

Jika anda mendapat masalah terhadap kemampuan antivirus,misalnya :
Ada kasus dimana antivirus local seperti SMADAV bisa mendeteksi virus yang anda hadapi sementara di komputer lain Antivirus AVG, Tidak bisa mendeteksi virus yang sama,maka kondisi seperti ini bisa di antisipasi dengan melakukan kombinasi dua antivirus.memang ini memiliki resiko komputer berjalan lambat dan cederung hang,namun coba saja membuat dua kombinasi.misalnya antara Antivirus lokal dengan Antivirus seperti AVG.
Contoh : kombinasi antara Smadav dan Avira tampaknya tidak memberi efek terlalu besar terhadap ke stabilan dan performa system.ini menurut pengalaman penulis.silahkan di coba.jika tidak berhasil..maka bersabarlah...pasang satu antivirus saja.jangan lupa,lakukan daily update untuk databasenya.jika anda kurang suka dengan feature autorun flash disk dari windows karena menjadi sumber infeksi virus..,maka anda bisa menggunakan Avira Antivirus,karena Avira melakukan disable terhadap feature autorun dalam kasus autorun melalui file autorun.inf di flash disk.

Sekian,semoga bermanfaat.
__ht@2012

Home