Jumat, 13 Januari 2012

Infeksi Virus di Recycler

Home
Friday, January 13, 2012
11:12 AM

Infeksi Virus di Recycler :

Tehnik infeksi virus melalui file autorun.inf,sekarang ini mulai berkurang karena banyak antivirus yang sudah melengkapi diri dengan kemampuan monitor terhadap file autorun.inf dengan baik.
Cara lain virus menginfeksi dan menyebar terutama disini yang di sorot adalah penyebaran melalui flash disk, adalah dengan menginfeksi folder RECYCLER.

Folder recycler adalah folder yang memiliki atribut system dan hidden.untuk melihatnya bisa dengan cara menghilangkan tanda centang pada folder option seperti dalam gambar :


Pada bagian hidden files and folders,aktifkan atribut Show hidden files,folders and drives.
Kemudian hilangkan tanda centang pada bagian Hide protected operating system files (Recommended).lalu ok !.
Dengan cara ini maka file-file dan folder-folder serta drive-drive tersembunyi akan kelihatan di windows explorer.

Pehatikan dalam windows explorer,disana akan tampak file,drive dan folder yang mungkin merupakan buatan virus.namun jangan keburu melakukan tindakan,serahkan saja pada antivirus untuk membersihkannya.

Jika di dapati bahwa folder options ini setelah di centang bagian yang tersebut diatas,kemudian di ok.lalu di buka kembali folder options tersebut dan ternyata hasilnya tidak berlaku alias perubahan yang dilakukan seperti diatas tidak berfungsi alias atribut yang di rubah tersebut kembali seperti semula,maka biarkan saja.virus telah mematikan jalan user untuk melakukan perubahan pada folder options.

Cara kerja virus ini,adalah dengan menempatkan beberapa file di dalam subfolder recycler.ketika flash disk di pasang ( plug in ),system akan membaca file-file di dalam subfoldernya.sehingga file-file virus tersebut akan aktif dan melakukan tugas-tugas yang dibebankan padanya oleh pembuatnya.

Sepanjang pengetahuan penulis,maaf,antivirus lokal seperti smadav,versi free dan full,belum bisa membersihkan virus ini dengan baik.meskipun bisa terdeteksi.smadav tidak bisa membersihkan virus ini dengan tuntas.sehingga komputer yang terinfeksi,kemudian akan menyebarkan virus ini melalui salah satu media seperti flash disk dan semacamnya atau menyebar melalui jaringan.mungkin esok atau lusa smadav sudah bisa mengatasinya,sekarang tgl 11 januari 2012,update database smadav dan programnya belum bisa mengatasi virus ini.

Antivirus dengan update dabase terbaru yang mampu mengatasi masalah ini salah satunya adalah avira free antivirus.

Virus seperti diatas menyebar pula melalui browser ketika online.dengan cara ini virus kemudian menyebar di komputer lalu menular pada berbagai media yang tersambung pada komputer tersebut,seperti flash disk dan CD ( terjadi ketika user melakukan writing pada CD,virus yg telah menyebar ini akan terikut secara tidak sengaja karena ia menfeksi file-file yang di tulis pada CD).salah satu jenis file yang bisa terinfeksi virus ini adala file-file html yang dilengkapi dengan script didalamnya.

Perhatikan jika tiba-tiba saat surfing,internet explorer aktif tanpa di aktifkan oleh user,lalu menampilkan beberapa konten games,promosi dan konten-konten pornografi.aksi ini adalah hacking,yang akan memasukkan program virus dalam komputer.dengan cara ini trojan akan masuk dalam komputer dan akan melakukan aksi-aksi lain di kemudian waktu saat komputer online.bisa jadi nanti terjadi pencurian data pada komputer. Selain itu komputer yang terinfeksi akan dengan mudah di remote control.misalnya si hacker ingin memasukkan program virus jahat lainnya ke komputer dan lain-lain.kemudian virus dan trojan ini akan menyebar lewat berbagai media yang terhubung ke komputer,termasuk smartphone.dari sinilah virus ini kemudian menyebar dari komputer ke komputer sepanjang masa.

Jika komputer sempat terinfeksi,maka jalan terbaik adalah dengan di format.sulit mencari cara lain yang aman.oleh sebab itu jangan lupa selalu backup data-data di media lain sepanjang periode tertentu untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan buruk.sehingga ketika hardisk harus di format dan windows di instal ulang,tidak ada masalah lagi.

 
Sekian,semoga bermanfaat.
Trims.__ht@2012

Home