Senin, 19 Desember 2011

Nur Muhammad

Home

Hadits
Monday, December 19, 2011
5:41 PM
Sumber tulisan ini adalah sebuah hadits yang didalamnya berisi hal-hal yang sentimentil terhadap umat lain.hadits ini diperkirakan telah mengalami modifikasi untuk kepentingan tertentu.sayang sekali bahwa kemurnian sumber keterangan mengenai Nur menjadi kabur gara-gara hawa nafsu segelintir orang dalam umat ini.namun karena hadits ini adalah satu-satunya sumber keterangan tentang Nur,maka dengan segala daya upaya di coba untuk mencari tafsirnya,tentu saja dengan membawa hadits kembali dalam posisi netral,sebagaimana Tuhan yang bersifat netral terhadap mahluknya.

---------------------------
Tulisan ini harus anda baca dan fahami agar bisa membaca tulisan-tulisan yang lain dalam blog ini.karena hampir semua tulisan berhubungan dengan tulisan ini.
--------------------------------------
Hadits dan Penafsirannya :

Didalam Hadits ini di perkenalkan sebuah nama bagi Zat yang diciptakan pertamakali oleh Allah SWT lewat Kalam- Nya " Kun Fayakun ", " Jadi maka Jadilah ". Zat tersebut di beri nama dalam Islam dengan Nur Muhammad. Zat ini adalah Mahluk,dan merupakan asal muasal segala penciptaan di seluruh Alam semesta.
Allah SWT adalah ada tanpa memiliki awal dan tidak memiliki akhir.ini konsep dasar yang menjadi limit pengetahuan manusia / mahluk. di alam ini yang disebut memiliki awal hanyalah segala sesuatu yang di ciptakan.sedangkan pencipta,harus dikatakan tidak memiliki awal.karena Ia adalah puncak.tidak ada lagi diatas-Nya.
Alam ini sendiri memiliki awal karena di ciptakan,kata "awal" ini sebenarnya hanya merupakan definisi mahluk yang berlaku kepada mahluk karena memang mahluk itu memiliki awal.Tuhan tidak mengenal kata "awal" karena kata "awal" memang tidak ada bagi- Nya.
Kalau dikatakan bahwa Tuhan itu ada dengan sendirinya,maka kata ini juga salah.dalam hal ini kata "ada" hanya berlaku bagi mahluk.Tuhan tidak mengenal kata "ada".karena kata "ada" disini mengandung makna bahwa ada awal.definisi-definisi seperti ini hanyalah bahasa dalam dimensi mahluk,bukan bahasa dalam dimensi Tuhan.demikian pula jarak dan waktu.Tuhan tidak mengenal jarak dan waktu.akan tetapi kalau Tuhan bersama mahluk-Nya dalam menempuh waktu dan jarak bersama,maka barulah Tuhan mengenal jarak dan waktu,sebab Ia ikut dalam dimensi mahluk.hanya ini yang bisa saya bayangkan tentang Tuhan,Tuhan adalah amat misterius bagi manusia.
Banyak definisi-definisi dalam dimensi mahluk yang tidak berlaku dalam dimensi Tuhan.adapun dimensi Tuhan adalah menjadi pengetahuan Tuhan dan mahluk tidak akan pernah bisa mengetahui hal ini,karena mahluk itu bukan Tuhan.
Kata Kun Fayakun / Jadi maka Jadilah ; adalah proses tak terbantahkan.mahluk tidak punya pengetahuan dalam dimensi ini. proses ini terjadi tanpa sumber,ini juga tak terbantahkan.logika mahluk berada di luar dimensi ini.sehingga apapun yang difikirkan mahluk tentang kata " Penciptaan tanpa sumber yang jadi dengan kalimat- Nya",tidak akan pernah bisa terjawab,kecuali mengakuinya sebagai suatu kebenaran. sadarilah bahwa dimensi Khalik berbeda dengan dimensi Mahluk.
Jika mahluk masih juga tidak bisa menerima kenyataan ini,maka satu-satunya jalan adalah meng- upgrade mahluk menjadi Tuhan.ini hal Mustahil.sebab tidak ada Tuhan menciptakan Tuhan,segala yang diciptakan pastilah Mahluk namanya.apapun dan bagaimanapun adanya.
Pilihan lain adalah meyakini bahwa asal mula mahluk dan Alam semesta ini diciptakan dari Dzat Tuhan ( percikan ),namun disini ada unsur tidak percaya bahwa Tuhan mampu mencipta tanpa sumber,dan cenderung menyifati Tuhan seperti manusia kalau mencipta harus ada sumber.kata "Mencipta" sendiri sebenarnya mengandung arti mengadakan sesuatu dari asal yang tidak ada samasekali menjadi ada.sedangkan kata mencipta dalam dunia mahluk seperti manusia bukanlah mencipta melainkan merubah wujud atau bentuk saja,mahluk itu tidak pernah bisa mencipta.Konsep seperti ini bukan konsep agama Islam.

_________[ Relasi antara Al-hadists Nur Muhammad dan Al-hadits lain ]
Didalam Al-Hadits dikatakan bahwa Nabi SAW pernah berkata kepada Jabir ra,bahwa pertamakali yang diciptakan oleh Allah SWT adalah Nur Nabi-mu ( Muhammad SAW ).Jika kita paksakan untuk menyatakan bahwa Nur Muhammad dengan kata Nur Nabi Muhammad SAW,maka Konsep Dzat Asal akan sulit untuk di Sharing dengan Science,juga sulit di Sharing dengan umat di luar Islam.Jadi marilah kita sebut dalam hati saja kata SAW dalam kata "Nur Muhammad",atau kita sebut dalam hati saja kata "Nabi" dalam kata "Nur Muhammad".supaya bisa menimbulkan kesan yang damai bagi seluruh umat manusia.selebihnya kembali pada Allah SWT dan keyakinan masing- masing,sebab Al- Hadits sendiri banyak yang dipalsukan dan di rubah,ini salah umat Islam sendiri.mari mengingat bahwa Islam adalah Rahmatan Lil Alamiin bagi bumi dan umat manusia didalamnya,umat Islam harus pula Rahmatan Lil Alamiin bagi bumi dan umat lain,bukan agamanya saja.
Catatan :
Mari kita mencari solusi tengah diantara kata "Dzat Asal" dan kata "Nur Nabi Muhammad SAW".saya  hanya berpendapat bahwa kebenaran bahwa Dzat Asal itu adalah Nur Nabi Muhammad SAW,adalah Milik Allah SWT,suatu saat hal itu akan diketahui juga kebenaran sejatinya oleh manusia.jadi lupakan dulu kata Nur Nabi Muhammad SAW,mari kita sebut saja dengan Nur atau Nur Muhammad atau Dzat Asal.semoga dengan sebutan ini bisa menghilangkan rasa sentimentil dalam diri terhadap unsur-unsur Science yang cenderung di anggap sesuatu yang meresahkan dalam agama,tanpa Science,Islam itu ibarat tong kosong nyaring bunyinya,bagaimana mungkin Islam bisa menjadi panutan,menjadi pemimpin besar dunia,tanpa Science ?....tanpa Science Islam akan bertahan dalam dunia pemikiran yang primitif.jangan menyesal jika Islam tenggelam dan terdesak oleh peradaban modern yang tidak Islami,karena seharusnya Islam bisa membangun peradaban modern yang Islami dengan Science.
_________
Sumber Hadits :
Menyingkap Rahasia Penciptaan Nur Muhammad & Menyingkap Alam Barzakh dan Kehidupan sesudah mati.
Penerbit : Putra Jaya Surabaya
Penulis : Ust.Labib Mz
____________Paragraf Awal dari Hadits.
Telah diterangkan dalam sebuah hadits,sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan sebuah pohon yang diberi nama "Pohon Yakin".yang mempunyai empat cabang.kemudian Allah menciptakan Nur Muhammad dari sebuah Intan putih yang serupa dengan burung merak,lalu Allah meletakkan burung merak itu di atas Pohon Yakin tersebut,kemudian burung merak itu membaca tasbih selama 70,000 tahun.kemudian Allah SWT menciptakan cermin kehidupan didepan burung merak,tatkala burung tersebut menatap cermin,maka terlihatlah wajahnya yang elok dan kebagusan tingkah lakunya.Akhirnya burung itu merasa malu kepada Allah SWT sehingga mencucurkan keringat dan tetesan keringat itu sebanyak enam tetesan.kemudian dari tetesan yang pertama itu Allah menciptakan Abu Bakar ra, dari tetesan yang kedua Allah menciptakan Umar ra, kemudian dari tetesan yang ketiga Allah menciptakan Ustman ra,dari tetesan yang ke empat Allah menciptakan Ali ra,pada tetesan yang kelima Allah menciptakan Bunga mawar, dan dari tetesan yang ke enam Allah menciptakan padi.
____________Paragraf kedua dari Hadits.
Kemudian bersujudlah Nur-nur yang berasal dari Nur Nabi Muhammad SAW,sebanyak lima kali.Maka jadilah sujud itu atas diri kita sebagai kewajiban lima waktu.dari situlah kemudian Allah mewajibkan Sholat kepada Nabi Muhammad SAW beserta umatnya.
____________Paragraf ketiga dari Hadits.
Kemudian Allah melihat nur itu lagi,maka berkeringatlah Nur Muhammad itu,karena merasa malu kepada Allah SWT.kemudian dari beberapa keringat itu Allah SWT menciptakan para Malaikat berasal dari keringat hidungnya,kemudian dari keringat dari wajahnya, Allah menciptakan Arsy,Kursy,Lauh,Qalam,Matahari,rembulan dan beberapa hijab,bintang- bintang dan segala sesuatu yang berada dilangit.dan dari keringat dadanya,Allah menciptakan para Nabi,para Rasul,para Ulama,para Syuhada,dan orang-orang yang shaleh.kemudian Allah menciptakan Baitul Makmur,Baitul Maqdis dan tempat-tempat masjid didunia dari keringat di punggungnya.
____________Paragraf keempat dari Hadits.
Dari keringat kedua alisnya, Allah menciptakan Umat Muhammad yang terdiri dari kaum mukminin- mukminat dan muslimin- muslimat.dari keringat kedua telinganya, Allah menciptakan Ruhnya kaum Yahudi,Nasrani,Majusi dan orang- orang yang suka mengingkari dan golongan orang- orang munafik. dari keringat kedua kakinya, Allah menciptakan bumi dari arah timur sampai barat dengan segala isinya.
____________Paragraf kelima dari Hadits.
Kemudian Allah SWt berfirman kepada Nur Muhammad : "Lihatlah dihadapanmu wahai Nur Muhammad".Maka Nur Muhammad melihat dihadapannya ada beberapa nur,dibelakangnya ada nur,disebelah kanannya ada nur dan disebelah kirinya ada nur pula.Nur- nur tersebut adalah Nur- nur Abu Bakar,Umar,Ustman dan Ali. kemudian nur-nur itu bertasbih selama 70,000 tahun.
____________Paragraf keenam dari Hadits.
Kemudian Allah menciptakan Nur para Nabi berasal dari Nur Nabi Muhammad Saw.Kemudian Allah melihat pada Nur itu,setelah itu Allah menciptakan Ruh para Nabi dari Nur itu,maksudnya,dijadikan ruh- ruh para nabi itu dari keringat ruh Nabi Muhammad Saw.Dan Allah menciptakan beberapa ruh umat para nabi itu dari keringat para nabinya.
____________Paragraf ketujuh dari Hadits.
Dan dijadikan ruh-ruh kaum mukminin dari umat Nabi Muhammad Saw.Maka para umat itu semuanya sama-sama mengucapkan : "Laa Ilahaa Illal Laah Muhammmadu Rasulullah", yang artinya " Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah Rasul Allah".
____________Paragraf kedelapan dari Hadits.
Kemudian Allah SWT menciptakan sebuah lampu yang terbuat dari Aqiiq yang berwarna merah,yang dapat terlihat bagian dalamnya dari luar.Kemudian Allah menciptakan wajah Nabi Muhammad sebagaimana bentuknya di dunia.Kemudian Allah meletakkan wajah Muhammad didalam lampu tadi,maka Muhammad Saw berdiri didalam lampu sebagaimana berdirinya dalam sholat. sedangkan ruh para nabi mengelilinginya sambil bertasbih,bertahlil selama 100 tahun lamanya.Kemudian Allah memerintahkan kepada semua ruh untuk melihat kepada Nur Muhammad maka melihatlah mereka kepadanya.
Diantara mereka ada yang melihat kepalanya,maka jadilah didunia seorang pemimpin dan raja dari semua mahluk didunia.Diantara mereka ada yamg melihat dahiya,maka jadilah mereka raja atau ratu adil.Diantara mereka ada yang melihat kedua matanya,maka jadilah mereka seorang yang hafal Al- Qur'an.Diantara mereka ada yang melihat kedua alisnya,maka jadilah mereka seorang pelukis atau pengukir.Diantara mereka ada yang melihat kedua telinganya,maka jadilah mereka seorang yang ahli yang mendengarkan dan penerima nasehat.Diantara mereka ada yang melihat kedua pipinya,maka jadilah mereka seorang yang bagus dan pandai.Diantara mereka ada yang melihat bibirnya,maka jadilah mereka seorang menteri.Diantara mereka ada yang melihat mulutnya,maka jadilah mereka orang yang ahli puasa.Diantara mereka ada yang melihat giginya,maka jadilah mereka seorang utusan diantara para raja.Diantara mereka ada yang melihat godeknya,maka jadilah mereka seorang yang suka memberi fatwa dan nasehat.Diantara mereka ada yang melihat janggutnya,maka jadilah mereka seorang yang berjihad di jalan Allah SWT.Diantara mereka ada yang melihat lehernya,maka jadilah mereka seorang saudagar dan pedagang.Diantara mereka ada yang melihat lengannya,maka jadilah mereka seorang tukang yang ahli menunggang kuda dan membuat pedang.Diantara mereka ada yang melihat lengan tangan kanannya,maka jadilah mereka seorang tukang canthuk ( ahli mengeluarkan darah kotor ).Diantara mereka ada yang melihat lengan tangan kirinya,mka jadilah mereka seorang yang bodoh.Diantara mereka ada yang melihat telapak tangan kanannya,maka jadilah mereka seorang tukang tukar uang dan sulam kain.Diantara mereka ada yang melihat telapak tangan kirinya,maka jadilah mereka seorang tukang takar.Diantara mereka ada yang melihat kedua tangannya,maka jadilah mereka seorang yang dermawan dan pandai.Diantara mereka ada yang melihat punggung telapak tangannya,maka jadilah mereka seorang juru masak.Diantara mereka ada yang melihat ujung jari tangan kirinya,maka jadilah mereka seorang sekretaris.Diantara mereka ada yang melihat ujung jari tangan kanannya,maka jadilah dia seorang penjahit.Diantara mereka ada yang melihat dadanya,maka jadilah mereka seorang yang alim dan dimuliakan dan seorang mujtahid.Diantara mereka ada yang melihat punggungnya,maka jadilah mereka seorang yang tawadhu' dan taat kepada perintah agama.Diatara mereka ada yang melihat kedua lambungnya,maka jadilah mereka seorang ahli dalam perang.Diantara mereka ada yang melihat perutnya,maka jadilah mereka seorang yang Qana'ah dan ahli sujud.Diantara mereka ada yang melihat kedua lututnya,maka jadilah mereka seorang yang ahi ruku' dan sujud.Diantara mereka ada yang melihat kedua kakinya,maka jadilah mereka seorang yang ahli berburu.Diantara mereka ada yang melihat bayangannya,maka jadilah mereka seorang penyanyi dan pemusik.Diantara mereka ada yang tidak melihat samasekali,maka jadilah mereka golongan Nasrani,Yahudi,Majusi,dan orang-orang kafir.dan diantara mereka ada juga yang tidak dapat melihat samasekali,maka jadilah mereka seorang yang mengaku dirinya sebagai Tuhan misalnya Fir'aun dan golongan orang- orang kafir lainnya.
____________Paragraf kesembilan dari Hadits.
Dan perlu diketahui,bahwa Allah SWT telah memerintahkan kepada semua mahluk- Nya untuk mengerjakan Sholat dengan lambang nama "Ahmad" dan "Muhammad".maka berdirilah didalam sholat huruf "Alif",ruku'nya seperti huruf "Kha",sujudnya seperti huruf "Mim",duduknya seperti huruf "Dal".dan jadilah pula mahluk itu seperti lafadz "Muhammad",maka kepalanya bulat seperti huruf "Mim" yang pertama,dan seperti huruf "Kha",perutnya seperti huruf "Mim" yang kedua,dan kedua kakinya seperti huruf "Dal".
____________Paragraf Akhir dari Hadits.
Maka tidaklah dibakar seseorang dari golongan orang kafir selama bentuknya masih dalam wujud manusia,tetapi bentuk mereka diganti dengan wujud babi,kemudian dibakarlah mereka diatas api neraka.
____________
Catatan : Tidak dituliskan secara jelas mengenai siapa yang meriwayatkan hadits diatas.namun kata "Telah diriwayatkan dalam sebuah hadits" mengandung makna bahwa sumber asal adalah Rasul Allah Muhammad Saw.Hadist ini mengandung petunjuk penting,terlepas dari masalah shahih atau tidaknya / lemah menurut beberapa ulama.tentu saja lemah kalau di tafsirkan secara serampangan.
____________
Penafsiran Hadits :
____________Paragraf Awal dari Hadits.
Pengantar :
Disuatu keadaan di mana kosmos / Alam Semesta ini belum ada ( Kosmos / Alam Semesta = Lingkungan hidup mahluk seperti planet,bintang dan galaksi ),dimana ruang,waktu dan jarak belum ada.maka yang telah ada tanpa awal adalah ruang tak bertepi tempat kosmos / alam semesta ini berada sekarang.ruang tak bertepi ini adalah kegelapan ( secara teoritis ) dalam pandangan manusia .di ruang tak bertepi ini ada dzat yang juga telah ada tanpa awal.Dzat ini adalah Tuhan Semesta Alam.di ruang tak bertepi ini tidak ada Dzat apapun walau sebesar atom atau sub atom sekalipun,kecuali Dzat Tuhan. ( Dzat seperti atom dan sub atom ada bersamaan kosmos / alam semesta karena dzat ini adalah dzat yang mendasari keberadaan Kosmos / Alam Semesta ini).
________
Disini kata Dzat Tuhan diartikan sebagai Khalik / Pencipta ,dimana Khalik adalah kebalikan dari Mahluk /Ciptaan.Mahluk seperti manusia,jin dan malaikat adalah dzat yang diciptakan Tuhan.
Jadi kata Dzat disini jangan di tafsirkan bermacam-macam.disini kata Dzat memiliki makna sebagai berikut : " segala sesuatu yang ada ,wujud ( menempati ruang ) disebut sebagai dzat,baik itu yang tampak oleh indra mahluk maupun yang tidak tampak.sesuatu yang ada tetapi tidak wujud ( tidak menempati ruang ),maka tidak disebut dzat ".
Adapun kata "Perwujudan", ini bergantung bagaimana mahluk itu diciptakan.sedangkan mengenai perwujudan Tuhan,ini hal yang harus di hindari dari penafsiran atau imaginasi,apapun alasannya,manusia itu memang tidak tahu menahu akan perwujudan Tuhan. Tuhan lah yang akan menunjukkan perwujudan-Nya kepada mahluk- Nya jika waktunya telah sampai.maka itu dalam Islam di haramkan untuk menafsirkan perwujudan Tuhan.Ikutlah Petunjuk-Tuhan dan Rasul-Nya.Dia-lah yang Maha Mengetahui akan apa yang baik dan buruk bagi ciptaan- Nya.dan Dia pulalah yang menentukan segalanya.Syari'at tidak pernah memberi rujukan akan perwujudan Tuhan ( Allah SWT ),jadi mungkin harus berhati-hati pada hal ini.
_____________[ Catatan ] :
Agar bisa lebih difahami,bahwa kata zat adalah bermakna sesuatu yang ada,manusia adalah suatu zat,malaikat adalah suatu zat,jin adalah suatu zat,hewan dan tumbuhan adalah juga suatu zat,planet,bintang dan galaksi adalah juga suatu zat. semua memiliki wujud.demikian pula Tuhan Semesta Alam / Allah SWT,juga memiliki wujud.dan wujud Allah tidaklah sama dengan Mahluknya.perbedaan yang paling fundamental adalah bahwa Allah SWT dan Mahluk-Nya berbeda dalam DZAT.
______________
Adapun perkara Adanya Allah SWT,manusia dibatasi pada satu limit,yakni bahwa Allah SWT, Ada dan Tidak Berawal Juga Tidak Berakhir.Akal fikiran / logika manusia tidak akan bisa melampaui limit ini,apapun / siapapun adanya manusia itu.
Limit ini semestinya dijadikan sebagai Landasan Fundamental dalam Ilmu Ketuhanan.
______________
Jika sebagian orang mengingkari akan ada adanya Tuhan / Pencipta yang Tunggal dan cukup mengakui bahwa alam semesta ini ada tanpa awal,maka ini tidak tepat,harus ada yang berada di puncak sebagai pembatas.dan puncak ini harus tunggal / satu adanya.
Sebagian orang juga menyatakan bahwa sebagai puncak adalah Dzat asal.kalau ini di akui,maka seluruh mahluk dan Alam ini adalah fragmen- fragmen dzat asal.kalau dzat asal ini di sebut tuhan,maka seluruh mahluk dan alam semesta ini adalah fragmen- fragmen dzat tuhan.hal ini menyiratkan bahwa,jika mahluk dan alam ini ada,maka tuhan tidak ada,sebaliknya jika tuhan ada maka seluruh mahluk dan alam ini tidak ada. atau dengan kata lain,bahwa alam ini dan mahluk didalamnya adalah manifestasi tuhan,dan semua akan sirna dan kembali menjadi dzat tuhan.baik secara perlahan ataupun secara serentak yang di sebut kiamat.oleh sebab itu pemahaman orang di jalan ini adalah kekosongan pada ujungnya.dari tidak ada menjadi ada dan dari ada menjadi tidak ada.yang ada hanya satu yakni dzat asal / tuhan,ini bahasa populer yang banyak bergulir di masyarakat.
Pemahaman seperti diatas akan menimbulkan fragmentasi penafsiran dan pemikiran beragam hingga kesesatan menurut kacamata syariat.kesesatan menurut kacamata syariat adalah kesesatan yang nyata.kesesatan yang sebenar- benarnya.sebab hakikat tidak lebih daripada penguraian syari'at secara lebih detail.penguraian syari'at ini tidak boleh menyimpang dari syari'at itu sendiri.
____________
Didalam konsep Nur Muhammad,Dzat Tuhan dibedakan dengan Dzat Asal. Dzat Asal adalah dzat yang berdiri sendiri yang tidak ada hubungan samasekali dengan Dzat Tuhan.Dzat Asal ini di ciptakan dengan Kalimat- Nya,Tanpa Sumber Penciptaan. ini adalah Konsep dasar yang tertuang dalam Al-hadits dan tidak di bantah oleh dalil-dalil Alqur'an.
Mahluk terutama manusia,jin dan malaikat tidak-lah sirna,akan tetapi akan terus hidup melewati jenjang demi jenjang kehidupan yang melintasi hijab demi hijab yang seakan tak berujung.inilah image keabadian itu.tanda-tanda ini dudukung oleh petunjuk alam selain Wahyu / Kitab Suci dan Hikmahnya ( Lisan para nabi / rasul ).
Petunjuk alam ini semakin jelas dari zaman ke zaman.tengoklah bintang-bintang dan galaksi- galaksi di luar sana,ada ribuan atau jutaan bintang dan galaksi.tidakkah manusia berfikir bahwa ada kehidupan disana yang tidak bisa diketahuinya oleh sebab hijab yang menghalangi..?. Kitab Suci / Wahyu dan Hikmahnya ( Lisan para Nabi / Rasul ) telah banyak menjelaskan akan adanya kehidupan abadi.Islam malah lebih tegas,dengan pernyataan bahwa kehidupan itu bertingkat-tingkat dari persinggahan ke persinggahan,dan persinggahan- persinggahan itu adalah bumi juga,yang disebut sebagai bumi yang lain.hal ini di tegaskan dalam salah satu ayat dalam surah Ibrahim. ( dibahas kemudian ).
_________
Tafsir paragraf Awal :
Pohon Yakin = Titik pusat Kosmos / Alam Semesta dimana segala sesuatu bermula.

___
[ Kemungkinan besar bahwa Pusat Kosmos ini adalah Pusat Orbit seluruh komponen- komponen Kosmos terutama Galaksi- galaksi ( Galaksi adalah Group of Cosmic Component ( terdiri dari BlackHole,kumpulan Tata Surya,Bintang,Planet,Satelit,Asteroid,Komet,dan lainnya ) dan Awan-awan Kosmik ( Komponen Kosmik yang masih dalam proses pembentukan ).]
[ Di Pohon Yakin inilah segala sesuatu di alam semesta bermula,dari Dzat Asal Nur Muhammad,kemudian diciptakan Empat Fragmen Dzat,yakni Api,Air,Udara dan Tanah ( Atomic Component ) ]
[ Selanjutnya,dari empat fragmen ini diciptakan Kosmos dan komponennya,termasuk Mahluk,Tumbuhan dan Mikro- organisme ]
[ Selanjutnya Kosmos dan Komponennya,termasuk Mahluk,Tumbuhan dan Mikro- organisme,mengalami perkembangan secara kuantitatif.perkembangan ini di imbangi dengan perkembangan Dzat Asal secara volumetrik.Empat Fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah telah berubah menjadi materi-materi ( Galaksi dan komponennya serta kabut-kabut kosmik ) yang mengisi Ruang Alam Semesta,dengan kata lain bahwa gugusan galaksi dan gugusan kabut kosmik adalah manifestasi dari empat fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah ) ]
catatan : Helium dan Hidrogen adalah unsur-unsur yang terdapat pada Empat Fragmen,demikian pula formasi- formasi Atomik lainnya.
[ Bagian tulisan ini yang menyangkut Ilmu Alam adalah sekedar usaha untuk menyambungkan Al-Qur'an dan Al- Hadits dengan temuan- temuan Ilmu Alam ( Science ) ,karena temuan-temuan ini adalah merupakan petunjuk- petunjuk zaman yang erat kaitannya dengan hakikat kehidupan di alam semesta ini,sedang masalah ilmu alam lebih detail adalah kembali pada pakarnya.sebenarnya kontribusi dunia science kepada Syari'at sangat dibutuhkan,namun nampaknya kedua Ilmu Allah ini ( Science dan Agama ) berjalan terpisah.untuk itu di usahakan ada pertemuan keduanya dalam tulisan ini. ][ diharapkan bahwa dimasa yang akan datang akan lahir konsep-konsep yang menghubungkan Syari'at dengan Science sehingga hakikat keberadaan Manusia dan Alam Semesta ini menjadi lebih jelas,Library dunia telah cukup untuk mengungkap misteri-misteri dalam Kitab Suci dalam hubungannya dengan Alam Semesta secara lebih detail. ]
___
Empat cabang = Dari Pohon Yakin ( Pusat Kosmos ) direncanakan ada Empat Substansi Fundamental yakni Api,Air,Udara dan Tanah.yang akan tercipta dari Nur Muhammad ( Dzat Asal ),empat dzat ini akan menjadi sumber penciptaan- penciptaan selanjutnya.
_____________
Empat Substansi Dasar ( Api,Air,Udara dan Tanah ), menjadi sederhana setelah manusia mengenal adanya Teori Atom yang membentuk empat Substansi Fundamental tsb dalam formasi Atomic .
[ Pakar Ilmu Alam lebih tahu akan hal ini,dimanakah pakar-pakar Ilmu Alam Islam ?..bantulah umat ini dan Masa Depannya. ]
_____________
Nur Muhammad = Dzat Asal yang menjadi Dasar / Sumber terciptanya / Sumber penciptaan segala hal yang ada di Alam semesta.
Disini, Allah SWT memulai dengan menciptakan dua hal, pertama Allah SWT menciptakan Pohon Yakin dengan empat cabang dan yang kedua Allah SWT menciptakan Nur Muhammad.Penciptaan dua hal ini tanpa sumber,ini harus diterima manusia sebagai batas akal/logika. Allah SWT menciptakan kedua hal di atas dengan Kalimat- Nya " Kun Fayakun ","Jadi,maka Jadilah".
______________Catatan :
Beda manusia dengan Tuhan disini adalah bahwa manusia memerlukan sumber untuk mencipta sedang Tuhan tidak,ini juga harus diterima sebagai batas akal/logika,dan ini juga semestinya menjadi konsep fundamental dalam Ilmu Ketuhanan,sebab kalau tidak, maka ada kecendrungan manusia itu menyamakan / menyerupakan Tuhan dengan manusia dalam hal membuat / mencipta,tidaklah demikian cara yang dianjurkan Alqur'an dalam menempatkan Tuhan.hal ini telah di katakan dalam Alquran surah Al- Ikhlas.
______________Dalil :

Al-Ikhlas,Ayat : 4." dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."
______________
Allah SWT meletakkan Nur Muhammad di Pohon Yakin,artinya Dzat Asal Nur Muhammad setelah diciptakan,lalu diletakkan di titik Pusat Alam Semesta ( Titik ini hanya Allah SWT yang mengetahui ).Lalu Nur Muhammad tersebut berproses mengikuti ketentuan / Hukum Allah SWT selama 70,000 tahun.
______________
Bertasbih = Ada aturan yang ditetapkan dari kata Tasbih,Yakni Hukum Allah SWT / Sunnatullah / Hukum Alam,Hukum ini menjiwai / mendasari segala Aturan bagi Dzat Asal / Nur Muhammad yang kemudian akan diwarisi oleh seluruh Fragmen- fragmennya .
______________
Setelah 70,000 tahun,maka terciptalah 4 Fragmen Dzat Nur Muhammad tersebut,yakni Abubakar ra = Api,Umar ra = Air,Ustman ra = Udara,dan Ali ra = Tanah.( empat khalifah islam ini disini adalah sebagai perumpamaan yang mewakili 4 fragmen tersebut,mungkin sesuai dengan karakter 4 khalifah tsb,Wallahu A'lam Bissawwab. )
Kemudian ada dua Hal lagi,yakni Bunga Mawar dan Padi,kedua hal ini bermakna berbeda,keduanya bukan berarti Dzat seperti 4 Fragmen diatas,tetapi bermakna tujuan bagi ke- 4 Fragmen Dzat tersebut.
Bunga Mawar = Kasih Sayang,Saling mengasihi, untuk kemakmuran / kesejahteraan bagi Seluruh kehidupan Alam Semesta.
Padi = Kemakmuran / kesejahteraan ,tujuan adanya penciptaan adalah untuk kemakmuran/kesejahteraan di seluruh Kehidupan Alam Semesta.
Kedua hal ini di berikan Allah SWT sebagai Fitrah bagi Nur Muhammad yang akan diwarisi seluruh fragmennya.sebagai suatu tujuan dan kehendak Allah SWT dalam mengadakan Isi Alam Semesta ini.Nur Muhammad dan 4 Fragmennya,serta seluruh fragmen- fragmen yang menyusul kemudian,adalah bekerja dalam lingkaran tujuan yang di tetapkan sebagai perlambang Bunga mawar dan Padi dalam suatu jalinan keseimbangan Sempurna di Alam Semesta.
Jadi Fitrah bagi seluruh ciptaan Allah SWT adalah tidak lepas dari makna bunga mawar dan padi,barangsiapa dalam kehidupannya menyimpang dari dua hal ini,maka akan dikembalikan kepada Fitrahnya,proses pengembalian ini dikenal dengan AZAB dalam Syari'at. ada mahluk yang berabad-abad bahkan bisa dikatakan kekal dalam neraka karena lamanya proses pengembalian.namun kalau sampai mahluk itu kekal dalam neraka,maka ini berarti jiwanya telah rusak total ( terjadi pada gol.Iblis / Syaitan yang terdiri dari Manusia dan Jin ).
___________Renungan :
Jelas tujuan penciptaan disini adalah untuk Kasih Sayang dan Kesejahteraan,bukan sebaliknya. dan kerusakan yang dibuat manusia baik terhadap lingkungan maupun terhadap sesamanya,baik itu fisik maupun non fisik adalah bertentangan dengan tujuan penciptaan.perilaku negatif ini adalah penyimpangan.
___________Catatan :
Itu sebabnya ada "Neraka / Azab " yg tujuannya mengembalikan/menyadarkan manusia yg mengingkari / menyimpang dari dua tujuan ( Fitrah ) diatas. Adanya pengrusakan yang dibuat manusia baik terhadap sesamanya maupunterhadap lingkungannya adalah akibat dari kelemahan manusia terhadap ujian hidup yang telah menjadi kodratnya untuk mencapai derajad kemuliaan di Alam semesta dan di hadapan Allah SWT.bagi yang mengalami kegagalan,maka Neraka / Azab lah yang didapatnya agar ia kembali ke jalan yang telah di tetapkan,tidak seorangpun bisa menghindari ketetapan Allah SWT,kecuali hanya fikiran- fikiran Syaitan yang membawa manusia untuk pura- pura lupa dan menghindar untuk sementara waktu sebelum ketetapan itu datang kepadanya baik didunia maupun di Akhirat.
__________Dalil :

Al-Quran : Surah : As-Sajdah,Ayat : 21.
"Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah- mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar)".

Al-Quran : Surah : Al-Fath,Ayat : 23.
Sebagai suatu sunnatullah[1403] yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu.

[1403]. Sunnatullah yaitu hukum Allah yang telah ditetapkanNya.

Disini ditegaskan bahwa Hukum Alam / Sunnatullah itu telah ada sejak dahulu / awal dan tidak akan ada perubahan dari ketetapan awal.
____________
Selanjutnya,yang dimaksud dengan Cermin Kehidupan adalah sebuah Image / Rencana bagi kehidupan mahluk di Alam Semesta. bahwa kehidupan di Alam semesta berlandaskan 6 hal,4 hal adalah Sumber bagi penciptaan penciptaan selanjutnya dan 2 hal adalah merupakan tujuan penciptaan.Jadi Nur Muhammad diciptakan berdasarkan tujuan Allah SWT,dimana kehidupan itu nanti akan didasari oleh 4 dzat sebagai dzat pembangun Alam Semesta dan dua hal yang menjadi tujuan dibangunnya Alam Semesta ini.
Pengantar :
Sampai disini telah tercipta 5 Dzat Fundamental bagi kehidupan di Alam Semesta.dan Dzat Nur Muhammad sebagai Dzat Asal adalah berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada 4 Fragmen Dzat yang berasal darinya,yakni Api,Air,Udara dan Tanah.sedangkan 4 Fragmen tersebut yang diciptakan dari Dzat Asal / Nur Muhammad adalah bergantung kepada Dzat Asal Nur Muhammad. 4 Fragmen ini tanpa Dzat Nur Muhammad adalah kemusnahan ( dibahas di bagian kosmos ).4 fragmen ini ada dan dipelihara existensinya di alam semesta oleh Dzat Asal Nur Muhammad.
Dzat Nur Muhammad adalah dzat yang menempati Struktur Tertinggi di Alam semesta diantara semua Mahluk. Dzat ini adalah Mahluk Ciptaan Allah SWT yang Pertama,yang hidup dan dipelihara oleh Tuhan Semesta Alam,Allah SWT.dzat Nur Muhammad adalah dzat yang abadi,tidak mengalami kemusnahan / kematian / sirna.dzat ini menopang seluruh kehidupan di alam semesta.ibarat sebuah aquarium,dzat ini adalah air bagi seluruh penghuni dan isi aquarium itu.kehidupan di alam ini diliputi oleh dzat Nur Muhammad dan penghuni alam tidak akan pernah menyadarinya.dzat nur muhammad menempati ruang di seluruh alam /kosmos,sampai kedalam pori- pori atom sekalipun ( Atom adalah ruang yang ditempati elektron,proton dan neutron ).dzat ini sangat halus,dzat ini adalah partikel terkecil di alam semesta ( extreme micro partikel ).tak ada perangkat manusia / mahluk yang bisa melihat keberadaannya.hanya Allah SWT saja yang mengetahui.sebuah perwujudan mahluk yang berbeda dari yang lain.dzat ini memelihara seluruh kehidupan di dalam kosmos.inilah dzat Nur Muhammad itu.
Tafsir paragraf Kedua :
Paragraf kedua memiliki dua makna,pertama secara syariat, Sholat 5 waktu adalah menjadi kewajiban utama umat islam.ini titik persinggungan dengan syariat Islam, yang tujuannya adalah Taat / Taqwa.dan harap di ingat bahwa Sholat Lima Waktu itu ada setelah peristiwa Isra' dan Mi'raj.bagian ini mengingatkan bahwa mahluk itu secara fitrah,adalah tunduk dan taat kepada Perintah / Petunjuk Allah SWT,aturan/ketetapan ini telah ada jauh sebelum manusia ada di Alam Semesta ini.( perkara mengenai sebagian manusia yang tidak taat,itu hanyalah gambaran kegagalan dalam ujian hidup,Akal adaah kunci utamanya,karena Akal ini Manusia di uji,Karena Akal ini Manusia Taat,Karena Akal ini pula manusia menjadi Ingkar ).
Sedang makna yang kedua adalah bahwa pada hakikatnya seluruh mahluk yang berada dibawah Nur Muhammad secara struktur adalah tunduk kepada Nur Muhammad,dan mengikuti segala ketetapan yang telah di tetapkan Allah SWT kepada Nur Muhammad sebelum 4 fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah ) di ciptakan dari Nur Muhammad.tidak ada Mahluk dibawah struktur Nur Muhammad yang bisa menyimpang dari ketetapan Allah SWT ini,apapun dalilnya.
___________Catatan :
Penyimpangan / pengingkaran manusia akan petunjuk dan perintah Tuhannya,hanyalah merupakan sebuah proses,cepat atau lambat penyimpangan tersebut akan kembali pada tujuan semula penciptaannya / fitrah mahluk khususnya manusia, ini juga semestinya menjadi konsep fundamental dalam Ilmu Ketuhanan .dalam proses pengembalian / normalisasi inilah ada pemaksaan,berupa Azab / Neraka / bencana, sebagai akibat yang mau tidak mau harus di terima oleh setiap fragmen Nur Muhammad yang menyimpang,walau fragmen itu hanya berupa satu partikel debu sekalipun,apalagi manusia. Alam / kosmos ini berproses menurut aturan yang telah di tetapkan dalam pola keseimbangan yang sempurna.tidak ada yang musnah,istilah manusia akan kemusnahan hanyalah sebuah perubahan formasi dzat.jasad manusia yang mati tidaklah musnah,tetapi mengalami perubahan formasi lewat penguraian secara seimbang dan proporsional ke lingkungan ( Air,Udara,tanah dan Api jika dalam proses kremasi ).
___________Renungan :
Mari tengok Galaksi2 itu,tata surya2 dalam galaksi,planet2 dalam tata surya semua mengikuti aturan yang telah di tetapkan,Yakni Sunnatullah / Hukum Alam Semesta / sering disebut Hukum Alam.adakah manusia yang bisa keluar dari pengaruh Hukum Alam ? Manusia tak bertuhan- pun akan mengatakan tidak ada,lalu kenapa manusia mengingkari petunjuk- Nya ? Akal manusia sedang di uji,ini kodrat / ketetapan Allah SWT.sebab Akal di berikan kepada manusia bukan untuk di bawa manusia dalam acara bebas seperti Hewan,manusia bukan hewan,kenapa banyak manusia yang mau mengikuti perilaku hewan?.. hewan tidak punya akal seperti manusia,maka itu tidak perlu petunjuk seperti didalam Alkitab / Kitab Suci.
_____________
Tafsir paragraf Ketiga :
Catatan :
Perlu dicatat bahwa dalam dunia Islam mungkin arti Nur / Cahaya memiliki tafsir bermacam- macam sesuai kandungan sebuah ayat atau hadist.sehingga dalam paragraf kedua disebutkan bahwa Malaikat diciptakan dari Nur,akan tetapi tidak disebutkan Nur Muhammad,sehingga bagian paragraf ini memiliki dua kemungkinan yang disebut sebagai Nur,yakni kalau bukan Dzat Asal Nur Muhammad,maka 4 Fragmen yang diciptakan dari Dzat Asal yakni Api,Air,udara dan Tanah,karena 4 Fragamen ini juga bisa disebut sebagai Nur.
__________
Dalam paragraf ketiga,maka agar tidak terjadi pertentangan dengan Perkataan Rasulullah Muhammad SAW,bahwa malaikat itu diciptakan dari "Cahaya",maka Cahaya disini diambil bersumber dari Api,salah satu dari 4 Fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah ).
_________Catatan :
Harus di catat bahwa kata "Nur" sebagai Cahaya dalam bahasa Arab,tidak di hubungkan pengertiannya dengan Nur Muhammad,karena Nur Muhammad adalah nama bagi Dzat Asal.sedangkan Cahaya adalah Pancaran Energi yang dihasilkan oleh Api.
_________Dalil :
"Malaikat diciptakan dari cahaya,Jin diciptakan dari api dan Adam diciptakan dari sesuatu yang disifatkan kepada kalian".( HR:Imam Muslim )
_________
Sedikit di singgungkan dengan dalil Alqur'an tentang penciptaan Jin dan Manusia :

Alqur'an:Ar-Rahman;ayat :14. "Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar",


Alqur'an:Ar-Rahman;ayat :15. "dan Dia menciptakan jin dari nyala api".
_________
Maka didapat sedikit gambaran sequensial / tingkatan Mahluk yang di mulai dari Cahaya,Api dan Tanah.
Dengan demikian,dapatlah dikatakan bahwa Malaikat diciptakan dari Cahaya yang berasal dari Nyala Api,bukan dari Dzat Asal Nur Muhammad. Jadi "Nur" yang dimaksud dalam paragraf ketiga ini khususnya untuk penciptaan Malaikat,menunjuk pada Api sebagai sumber Cahaya, Hal ini terdapat pada salah satu dari 4 Fragmen yang tercipta dari Dzat Asal nur Muhammad.
_________Catatan :
Dengan demikian didapatkan jalinan harmonis antara Hadist Nur Muhammad ini,dengan Hadits yang lain beserta ayat2 Alqur'an.
_________
Kemudian diciptakan sbb :
Arsy dan Kursy = Allah SWT menciptakan tempat bagi-Nya dan Segala Kekuasaan-Nya. mungkin hanya Nur Muhammad dan Para Malaikat serta Allah SWT yang mengetahui tempat ini. ada yang mengatakan di langit ke-9.
Dari sinilah segala Urusan Alam Semesta di atur. Secara sederhana ( menurut fikiran manusia ) tempat ini bisa di anggap seperti pusat pemerintahan,yakni Pusat Pemerintahan Alam Semesta.dan Insya Allah bahwa disini adalah Alam Para Malaikat yang didekatkan dengan Tuhan- nya.
[ Makna Arsy dan Kursy disini seakan menyatakan bahwa Allah SWT menciptakan tempat,dimana tempat ini merupakan tempat yang memungkinkan terjadinya pertemuan antara Khalik dengan Mahluk.tentu mahluk disini yang dimaksud adalah para Malaikat.sesekali mungkin ada manusia yang bisa sampai kesini ( Arsy ),seperti Rasulullah Muhammad SAW dalam peristiwa Mi'raj bersama Malaikat Jibril dan beberapa malaikat lain yang membawanya.melihat hal ini,maka Arsy bisa dikatakan berada dalam ruang alam semesta ( kosmos ).kalau Arsy berada dalam ruang kosmos,kemungkinan Arsy adalah Galaksi atau planet yang terdapat dalam satu tata surya di suatu galaksi dari sekian galaksi yang ada.galaksi ini bisa di anggap galaksi yang disebut langit ke-9,maksudnya adalah galaksi yang paling tinggi kedudukannya di dalam ruang alam semesta,karena disinilah Tuhan bersemayam setelah penciptaan Alam semesta dan isinya ( mahluk,tumbuhan dan mikro-organisme ).perlu dicatat bahwa sebelum penciptaan, Allah SWT tinggal disuatu tempat didalam ruang tak bertepi dimana tidak ada kehidupan Mahluk didalamnya.ruang tak bertepi ini dalam pandangan manusia adalah kegelapan,namun bagi Allah SWT,belum tentu merupakan kegelapan.misteri ruang tak bertepi ini mungkin tak akan pernah di ketahui manusia atau mahluk lain.inilah ruang yang merupakan tempat kedudukan Tuhan yang sebenarnya.ada dimensi tak terbatas di ruang tak bertepi ini,segala sesuatu disini adalah tidak terdefinisi oleh akal manusia. ][ nampak amat jauh beda Mahluk dengan Tuhan ] [ Jika manusia berharap bertemu Tuhan,maka tunggulah Tuhan yang menunjukkan diri kepada Mahluk bilamana waktunya telah tiba nanti.disinilah mahluk akan mengetahui wujud Tuhannya,jadi jangan buru-buru membuat penafsiran perwujudan Tuhan didunia ini,tak akan ada gunanya kecuali akan membawa pada kesesatan ]
[ Kemudian kalau kita bertanya,dimanakah Galaksi yang pertama,Bintang yang pertama,Tata Surya yang pertama..?..dll...hal ini tampaknya teramat jauh untuk bisa ditelusuri.

[ Image salah satu sudut dalam ruang Alam Semesta dengan galaksi-galaksi didalamnya ]
[ Dua galaksi yang sedang bergabung di atas adalah Bimasakti dan Andromeda yang diperkirakan terjadi dimasa-masa datang ]
[ Terjadinya penggabungan dua galaksi adalah kehancuran bagi segmen-segmen didalamnya atau bisa disebut Kiamat ]
[ Fenomena seperti ini yang disebut Kiamat Kubra,bukan kehancuran ruang alam semesta melainkan kehancuran beberapa komponen saja ]
[ Kiamat Kubra itu banyak kemungkinannya,bisa pula tabrakan komet dengan bumi,bisa pula tabrakan asteroid dengan bumi,bisa pula meteor dengan bumi...bisa pula faktor internal bumi dimana struktur geologinya menjadi labil akibat rusaknya kerak bumi dan adanya dorongan kuat dari komponen inti planet yang sebagian adalah magma yang bergejolak dengan kandungan energi yang besar,sehingga tenaga dorong yang dihasilkan bisa mempengaruhi lempeng-lempeng tektonik dan juga gejolak vulkanik dibagian- bagian lapisan bumi yang labil,sehingga akhirnya terjadi getaran dahsyat di mana-mana ( gempa dan tsunami ) disertai munculnya erupsi vulkanik yang bisa merupakan gelombang lahar panas yang melanda permukaan bumi ( isyarat ini ada dalam Al-Qur'an ) ,dan lain-lain sebab. ]
_________Dalil :

Alqur'an,surah : Al A'raaf : 54.
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy[548]. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan- Nya pula) matahari, bulan dan bintang- bintang (masing- masing) tunduk kepada perintah- Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Alqur'an,Surah : Yunus : 3.
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?

Alqur'an,Surah : Al Baqarah : 255.
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk- Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan- Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin- Nya. Allah mengetahui apa- apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki- Nya.Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

[ Kursy ].dalam ayat ini oleh sebagian mufassirin diartikan dengan ilmu Allah dan ada pula yang mengartikan dengan kekuasaan- Nya


Alqur'an : Al-Mu'min : 7.
(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada- Nya serta memintakan ampun bagi orang- orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala- nyala,
_________
Lauh ( Lauh Mahfudz ) = Secara sederhana Lauh Mahfuzh disebut Induk Kitab yang berisi segala ketetapan2 dan Hukum2 Allah SWT. namun yang tidak sederhana adalah bahwa Lauh Mahfuzh merupakan bagian dari Nur Muhammad yang tak terpisahkan,yang berisi ketetapan2 dan Hukum2 Allah SWT yang meliputi seluruh kehidupan Alam Semesta.Inilah Induk bagi Hukum Alam Semesta / Sunnatullah / Hukum Alam yang selengkap- lengkapnya. Lauh Mahfuzh ini diberikan kepada Dzat Asal Nur Muhammad.boleh dikatakan bahwa Dzat Asal Nur Muhammad lah yang memegang dan melaksanakan Hukum Alam Semesta itu.dan Insya Allah juga melibatkan para Malaikat.
_________

Alqur'an : Az-Zukhruf : 4.
Dan sesungguhnya Al Quran itu dalam induk Al Kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami,...
Allah SWT,tidak menyatakan bahwa Lauh Mahfuzh ada disisi-Nya dengan kata " Di sisi- Ku",melainkan dengan kata "disisi Kami".dengan demikian ditafsirkan disini bahwa Lauh Mahfuzh itu di berikan pada Nur Muhammad sebagai pelaksana mandat Allah SWT.
_________Tambahan :
Lauh Mahfuz secara sederhana sering disebutkan sebagai Ummul Kitab / Induk Kitab,namun hakikatnya tidaklah sesederhana sebuah buku / kitab.bayangkanlah sebuah kitab yang menampung seluruh Hukum dan Ketetapan Alam Semesta..Wujud Lauh Mahfuzh tidaklah demikian.Lauh Mahfuzh adalah Mahluk,sama dengan Nur Muhammad,namun keduanya memiliki tujuan yang berbeda.Lauh Mahfuzh berkedudukan seperti Perangkat bagi Nur Muhammad yang berisi parameter- parameter Hukum dan Ketetapan Allah SWT berkenaan dengan tujuan adanya kehidupan di Alam Semesta ini,.Wallahu' A'lam Bissawwab.upaya penafsiran hanyalah usaha meluruskan pemikiran,hakikat itu tidak berakhir pada manusia.
Hakikat Lauh Mahfuzh ini sama dengan Qalam, Sijjin dan Illiyyin.semuanya adalah Mahluk.
_______
Kembali pada Lauh Mahfuzh,apapun wujud Lauh,Qalam,Sijjin dan Illiyyin sebagai perangkat bagi Nur Muhammad,tidaklah menjadi persoalan bagi kita manusia.yang terpenting adalah bahwa kita hidup didalam lingkaran 4 hal ini,yakni Lauh,Qalam,Sijjin dan Illiyyin.salah satu contoh adalah kodrat ( Qadha dan Qadar ) manusia,terdapat dalam Lauh Mahfuz.
Hanya Allah SWT yang mengetahui Hakikat sebenarnya dari Nur Muhammad,Lauh,Qalam,Sijjin dan Illiyyin.Allah SWT memelihara seluruh ciptaan- Nya melalui Nur Muhammad,Lauh,Qalam,Sijjin dan Illiyyin.jadi Allah SWT tidak mengurus ciptaan-Nya secara langsung,kecuali Dia BERKEHENDAK.Alam Semesta berjalan dibawah pemeliharaan Nur Muhammad.semua berjalan otomatik.
Allah SWT,terkadang bisa mendekati mahluknya,hadir diantara mahluknya tanpa diketahui,kecuali Dia memberitahukannya.
Contoh,Allah SWT pernah berada didekat Nabi Musa as dan Umatnya.
Allah SWT bisa kemana saja di ruang Alam Semesta ini,dan dzat Nur Muhammad berada dimana saja di dalam ruang Alam Semesta.

Malaikat tidak termasuk dalam kata "Kami" ini ,dalilnya adalah :

Alqur'an,Surah,Al-Kahfi : 50
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikatt: "Sujudlah kamu kepada Adam[884], maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan- turunannya sebagai pemimpin selain daripada- Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang- orang yang zalim.
________
Kata "Kami berfirman kepada para Malaikat", menegaskan arti kata Kami bagi Allah SWT.

_________Dalil Lauh Mahfuzh:

Alqur'an:Al-Buruuj : 21. Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia,

Alqur'an:Al-Buruuj : 22. yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh.

Alqur'an : Az-Zukhruf : 4. Dan sesungguhnya Al Quran itu dalam induk Al Kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami, adalah benar- benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah.
_________
Mengenai asal usul penciptaan Arsy,Kursy dan Lauh mahfuzh,kiranya tidaklah menjadi persoalan,baik dari Dzat Asal atau salah satu dari 4 Fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah ).
_________
Qalam :
Firman Allah yang berisi segala Aturan / Ketetapan Allah SWT bagi seluruh kehidupan di Alam Semesta sebagai tambahan terhadap Lauh Mahfuzh yang diberikan kepada Nur Muhammad.
Beda Qalam dengan Lauh Mahfuzh adalah,bahwa Lauh Mahfuzh merupakan ketetapan / Hukum yang komposisinya telah tetap / tidak akan mengalami perubahan kecuali atas kehendak Allah SWT. sedangkan Qalam adalah ketetapan- ketetapan Allah SWT yang berada diluar Lauh Mahfuzh.Insya Allah bahwa segala keringanan hukuman / pengampunan Allah SWt bagi mahluk- Nya,berasal dari sini.Allah SWT,bisa membatalkan Hukum dalam Lauh Mahfuzh jika tidak dikehendakinya Hukum itu menimpa salah satu mahluk / Kaum / Manusia.
_________
Contoh : Nabi Ibrahim,tidak bisa terbakar Api,Hukum Alam tidak berlaku sesaat terhadap nabi Ibrahim ketika beliau di bakar oleh raja Namrud. Allah SWT membatalkan hukum-Nya dengan Qalam- Nya.artinya bahwa Dia berfirman kepada Nur Muhammad untuk melepaskan nabi Ibrahim dari Api.Qalam Allah ini bisa di firmankan beberapa waktu / masa sebelum kejadian.demikian penafsiran Qalam.
_________
Mengenai asal usul penciptaan Qalam, bisa dari Nur Muhammad atau dari salah satu 4 Fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah ),karena semua bisa disebut Nur kecuali Nur sebagai dzat asal hanya satu.Hal ini serahkan kembali kepada Allah SWT.
__________Catatan :
Perhitungan / Hisab , Insya Allah dipengaruhi oleh dua Hal,yakni Lauh Mahfuzh dan Qalam,sedang yang menjadi dasar perhitungan adalah Sijjin dan Illiyin.yang melaksanakan proses hisab ini adalah Nur Muhammad sebagai pelaksana mandat Allah SWT.bagaimana dengan Malaikat?..malaikat di tugaskan untuk mewafatkan manusia,ini salah satu tugasnya.untuk hisab,proses ini berjalan dengan akurasi 100%,dan proses ini hanya dua yang bisa melakukan,yakni Allah SWT dan Nur Muhammad.kecuali para malaikat mendapat perangkat khusus untuk melaksanakan hisab,dimana perangkat ini bekerja dalam akurasi 100%.Wallahu' A'lam Bissawwab.
__________
Beberapa hijab = Tirai / Pembatas / Batasan
Hijab adalah suatu pembatas / batasan yang berlaku bagi setiap fragmen Nur Muhammad.Hijab ini bermacam- macam aplikasinya bagi setiap fragmen,sesuai kodrat masing-masing.
Hijab ini adalah merupakan perangkat Nur Muhammad selain Lauh Mahfuzh.didalam Hijab telah di tetapkan batasan- batasan bagi setiap fragmen Nur Muhammad dalam kehidupannya kelak.Hijab ini bekerja seperti sebuah system yang khusus mengatur batasan- batasan fragmen Nur Muhammad setiap waktu.
__________Catatan :
Salah satu contoh yang bisa di jadikan patokan adalah adanya Alam Ghaib,Panca Indra manusia dibatasi terhadap keberadaan mahluk dalam dimensi ( alam ) ini.ini yang disebut tirai / pembatas.jika ditelusuri dan di renungkan,maka pembatas ini tidaklah sederhana seperti membayangkan tirai,Ilmu Manusia mungkin tidak mampu menelusuri hakikat dari pembatas ini.Jika pendengaran manusia itu dibuka sedikit pembatasnya,maka Insya Allah manusia itu bisa mendengar bahwa ada sesekali mahluk yang tak nampak mata didekatnya dimana dia bisa mendengar langkah2 kakinya.begitupun penglihatan,penciuman,perasa/peraba dibuka,maka manusia bisa bertemu malaikat serta berjabat tangan dengannya.ini terjadi pada manusia2 taqwa tingkat para Nabi / Rasul.ketika pembatas panca indra itu di tutup kembali,maka tidak ada yang tersisa kecuali rasa takjub dan heran.Insya Allah ini hanya salah satu contoh saja.masih banyak pembatas yang lain yang masih di luar jangkauan manusia untuk mengetahuinya,misteri Alam ini tidak berujung kepada pengetahuan mahluk melainkan Tuhan,Allah SWT.
__________
Matahari,Rembulan dan,Bintang- bintang dan segala sesuatu yang berada dilangit = Bagian ini di zaman sekarang harus di artikan sebagai komponen Kosmos / Alam Semesta, yang berada dalam Galaksi.
__________Catatan :
Harus dicatat,bahwa manusia itu hanya menelusuri sebuah pengetahuan yang Maha Luas,Pengetahuan itu ada sebelum manusia itu hadir di Alam Semesta.dan masih ada mahluk di atas manusia yang telah menelusuri Pengetahuan Alam ini lebih dahulu dari manusia,tentu pengetahuan dan tehnologinya lebih jauh,mereka adalah Malaikat dan Jin.mengapa manusia tidak bisa melihat mereka?..jawabnya adalah Tirai / pembatas yang telah ditetapkan.Manusia itu berkhayal jika memikirkan untuk menembus batas / tirai ini,sama halnya jika manusia itu berkhayal untuk menghilangkan sebuah agama wahyu di atas bumi ini,agar bisa bebas dari aturan agama yang tidak difahaminya samasekali..
__________Catatan :
Waktu atau zaman hadist ini ada,pengetahuan manusia belum sampai pada perkara Bumi dalam Tata Surya apalagi Galaksi,harus disepakati bahwa Kitab suci Wahyu dan perkataan Ahli Hikmah / Hadits,adalah disesuaikan dengan pengetahuan Ahli Hikmah yang menguasai pengetahuan- pengetahuan di zamannya,tidak melampaui kecuali sedikit.gambaran ini bisa di lihat dari kitab2 suci wahyu dan perkataan2 Ahli Hikmah / Para Nabi / Rasul.maka jangan bertanya kenapa tidak ada di terangkan tentang adanya tata surya dan galaksi di Alqur'an,dulu bintang- bintang itu bagi manusia hanyalah berupa lampu lampu malam di langit biru,jika terjadi gerhana,manusia merasa takut dengan berbagai macam penafsirannya.pengetahuan manusia belum sampai pada tata surya dan galaksi,jadi diterangkan pun akan sia- sia.ada sedikit diberikan di alquran jarak yang ditempuh malaikat ke langit,yaitu 50,000 tahun perjalanan.dari sini dapat diperkirakan jarak syurga / Sidratil Muntaha ke bumi kira kira berada dalam angka 50,000 tahun tersebut.


Angka 50,000 tahun ini bisa di konversi dalam satuan kecepatan kuda.kita dalam galaksi bimasakti,diameter galaksi ini diperkirakan 100,000 tahun cahaya.Syurga / sidratil muntaha ada dalam radius 50,000 dari bumi.dan langit pertama ( bukan 7 lapisan atmosfir bumi / Langit bumi ),ada pada jarak / radius 1000 tahun dari bumi.( lihat tulisan berjudul Bouraq ).
__________
Matahari,Rembulan dan,Bintang- bintang dan segala sesuatu yang berada dilangit,adalah diciptakan dari 4 Fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah ).
__________Catatan :
Dari 4 Fragmen ini tidak akan meleset jauh dari teori2 manusia dalam bidang Kimia dan Nuklir tentang kejadian kejadian di Alam Semesta,seperti terjadinya planet dan bintang serta Galaksi.
Empat Fragmen ini adalah sumber / tempat terjadinya kedua reaksi tsb ( Kimia dan Nuklir ) secara bolak balik.Jika ditelusuri dengan Ilmu Manusia,maka segala Unsur yang merupakan formasi atomic,terwujud didalam Api,Air,Udara / Eter,dan Tanah.Energi adalah hasil modifikasi formasi atomic melewati Reaksi Kimia atau Nuklir oleh manusia dan Proses Alam.ada berapa banyak konfigurasi Atomic yang belum tercatat dalam tabel periodik unsur?..seberapa jauh manusia bisa menelusuri partikel2 micro dibawah ukuran Atom,Proton,Neutron,Elektron dan Quark ?..sampai dimana batas ukuran sebuah partikel terkecil di Alam Semesta ini ?...sepertinya penelusuran ini takkan menemui ujungnya akibat daya jangkau manusia itu terbatas dan inilah sebuah perjalalan tak berujung dalam keabadian kelak,manusia akan terus mencari dan mencari pengetahuan yang berasal dari Tuhannya,sementara pengetahuan itu dan pemiliknya tidak memiliki batas.ini tanda bahwa kehidupan itu tidak berbatas.tengoklah Galaksi2 itu...tidakkah ada keinginan untuk kita melakukan perjalanan antar galaksi ?...untuk apa Galasksi-galaksi itu diciptakan kalau bukan untuk di tempati oleh Mahluk.adakah masa itu akan datang kepada kita manusia?..renungkanlah bahwa ada tehnologi yang lebih tua dari tehnologi manusia,yakni Tehnologi Malaikat dan Jin.adakah mereka bisa menyebrang antar galaksi ?...renungkanlah perkataan Rasulullah yang mengatakan bahwa "Aku didatangi Bouraq"(Isra' dan Mi'raj)..renungkanlah bahwa dulu nabi Adam dibawa dari Syurga ke bumi...apakah yang membawanya ?..apakah juga Bouraq ?...Apakah Bouraq itu ?...janganlah dulu berfikir tentang sayap seperti milik malaikat,fikirkan tentang kendaraan antara syurga dan bumi yang di tumpangi Nabi Adam dan Nabi Muhammad SAW.tentu mereka berdua tidak terbang seperti malaikat menembus ruang tak ber oksigen,didalam kendaraan itu tentu ada supply oksigen..seperti kendaraan NASA menuju bulan atau Mars yang di tumpangi manusia.apa arti semua ini ?...


________Struktur Atom :
[ Interpretasi / penafsiran model Atom secara sederhana ]
[ Model Atom sederhana dalam Teori Atom Modern,Atom berdimensi 10-10 m ini bukanlah Atom sebagai Dzat Asal yang di maksud oleh para Filsuf Yunani Kuno.Atom yang dimaksud oleh para Filsuf Yunani Kuno adalah partikel dalam dimensi yang sama dengan Nur Muhammad.jadi bisa dikatakan bahwa yang dimaksud oleh para Filsuf Yunani Kuno sebagai Dzat Asal adalah Nur Muhammad, nama saja yang berbeda ]
Catatan : Teori Atom Modern disini maksudnya adalah teori atom yang di mulai dari zaman Dalton.sebelumnya adalah teori klasik yang di gambarkan oleh beberapa filsafat Yunani,seperti Anaximandros dll.

[ Fikiran saya bertanya-tanya bahwa para Filsuf Yunani Kuno ini seperti Anaximandros sampai pada Aristoteles,bukan tidak mungkin bahwa di antara mereka ada yang sederajad seorang Nabi yang tidak termasuk dalam 25 nabi dan rasul.jumlah nabi di dunia ini menurut Rasulullah Muhammad SAW adalah 120 000 orang,dan yang menjadi rasul diantara mereka adalah 313 orang ( HR.Bukhari- Muslim ).][ Jika demikian,maka bukan tidak mungkin bahwa pemikiran para Filsuf Yunani Kuno ini di pengaruhi oleh pengetahuan yang mereka dapat dari dimensi Astral ( Ghaib ).jadi ada proses pewahyuan dalam kehidupan salah satu atau beberapa dari mereka.( mungkin Anaximandros,mungkin pula Phytagoras atau yang lainnya ),wallahu a'lam bsswb.dan Konsep Dzat asal ini kemudian di wahyukan juga kepada Rasulullah Muhammad SAW,dengan nama Nur ( Muhammad ). ]
____
Catatan :
[ Phitagoras pernah menyatakan bahwa Manusia adalah tuhan yang berdosa,yang di hukum didunia,konsep ketuhanan Phytagoras ini adalah POLYTHEIS,bisa jadi konsep ini ikut menjadi akar pemikiran bagi generasi- generasi selanjutnya di kawasan Laut Tengah dan sekitarnya sampai Babilonia,hingga dikenal konsep Inkarnasi Tuhan dalam diri manusia ]
[ Elemen Api,Air,Udara dan Tanah adalah juga konsep yang mula-mula muncul dalam kalangan para pemikir Yunani Kuno,dimulai dari Anaximandros dan seterusnya ][ Konsep mengenai elemen Api,Air,Udara dan Tanah ini tampaknya banyak dimiliki oleh berbagai bangsa di belahan dunia,mungkin akar konsep ini dari Yunani,mungkin juga tidak,sebab petunjuk kebenaran yang datang dari dimensi ASTRAL ( Ghaib ) itu hanya satu sumbernya,yakni kehendak Tuhan Semesta Alam ( Allah SWT,dalam Islam ) ][ Umat Islam harus MUTLAK meyakini bahwa Konsep Nur Muhammad sebagai Dzat Asal adalah Wahyu yang di terima oleh Rasulullah Muhammad SAW ]
[ Mungkin pula Konsep elemen Api,Air,Udara dan Tanah ,adalah konsep yang berakar dari Yunani dan menyebar ke berbagai belahan bumi.akan tetapi mengalami penyempurnaan di tangan para nabi atau rasul melalui wahyu.]
[ Wahyu bukanlah pemikiran manusia,melainkan sebuah pendidikan pada suatu pengetahuan yang langka dari dimensi ASTRAL ( GHAIB ),disertai titipan berupa Firman-Firman Tuhan kepada penerima wahyu ( Nabi atau Rasul ) untuk di teruskan pemberitaannya kepada umat manusia,Wahyu berupa Firman-Firman Tuhan ini kalau bukan berasal dari Tuhan sendiri,maka melalui Nur ( Muhammad ) atau melalui para Malaikat ]
[ Wahyu adalah masalah yang sulit bagi orang yang kurang beriman,apalagi tidak beriman,sebab akal selalu menuntut kejelasan Ilmiah,kalau akal terus dituruti dengan kehendak hawa nafsu,maka sebagian orang bukan tidak mungkin akan memustahilkan akan Wahyu.sehingga orang-orang seperti ini menjadi sok tahu dengan hanya mengetengahkan Logika Ilmiah sebagai satu-satunya perangkat penjelasan.pada akhirnya segala unsur kejadian yang bersifat Astral ( ghaib ) ditiadakan dalam proses pemikiran agama.ini yang bisa membawa pendapat- pendapat dalam segmen agama menjadi ngawur.Science ( Ilmu yang bersandar pada pengetahuan manusia ) sendiri tidak bisa mengingkari begitu saja akan adanya dimensi diluar jangkauannya.]
[ Sebagian Wahyu adalah teka teki bagi yang menerimanya dan juga penerusnya,tidak selalu Wahyu itu diberikan dengan isi yang lugas.Hadits Nur Muhammad ini adalah teka-teki,manusia di tuntut untuk cerdas menafsirkannya,Hadits Nur Muhammad ini juga bersifat MULTI TAFSIR.banyak hal yang bisa di ungkap melalui Hadits ini,tidak hanya masalah penciptaan dan alam semesta.banyak penafsiran yang dilakukan orang pada Hadits ini yang tidak berkaitan dengan unsur KOSMOLOGI.]
__________Renungan :
Orang-orang yang meniadakan Tuhan,menempatkan Posisi Alam dan Hukum yang berlaku didalamnya di Puncak Tertinggi. Alam dan Hukum didalamnya telah ada sejak awalnya,artinya tidak berawal.
Sementara orang yang ber Tuhan menempatkan Tuhan Di Puncak tertinggi,dan ini dibantu dengan di turunkannya petunjuk lewat wahyu dalam Kitab Suci.Tuhan itu ada tanpa Awal dan Akhir. ( Definisi Awal dan Akhir tidak berlaku dalam dimensi Tuhan )( Awal dan Akhir adalah untuk dimensi Mahluk,sebab ia berawal,dan sesuatu yang berawal akan memiliki Akhir ( Akhir disini besifat tertentu,ada definisi lain yang mangaturnya ).
Manusia tinggal pilih saja mau ber Tuhan atau Tidak,kedua hal ini setara rasionya.
Namun dari sudut pandang Agama,adalah mutlak bahwa akan terbukti kelak kalau Hukum yang ditetapkan di awal penciptaan itu akan menimpa seluruh manusia,sama seperti hukum Fisika / Kimia / Biologi di Alam ini,yang tak bisa di tawar.bisakah kita tidak menjadi tua ?...bisakah kita tidak menjadi mati ?...ini sedikit bukti dari hukum Alam itu yang menimpa manusia...masih banyak bukti2 lain yang akan datang...cepat atau lambat.jika kita cermat dalam bidang yang bersifat ilmiah,maka cobalah untuk cermat dalam bidang agama,kedua bidang ini sebenarnya adalah satu.kecuali bagi yang mengingkari adanya dimensi yang berada di luar jangkauan akal.
__________
Para Nabi,para Rasul,para Ulama,para Syuhada,dan orang-orang yang shaleh :
Maksudnya diciptakan gambaran / image kehidupan manusia itu kelak.dimana kelak ada orang- orang dalam perjalanan hidupnya menjadi pemimpin dan utusan,Nabi / Rasul dan Ulama.adapula yang menjadi Syuhada dan orang- orang saleh.ini image kehidupan,bukan penciptaan mahluk dengan penentuan / ketetapan bahwa para nabi & Rasul,Ulama,syuhada dan orang- orang saleh itu memang sudah ditentukan / dipilih di awal- awal sebelum kelahirannya,tidak demikian.perjalanan hiduplah yang membuatnya terpilih,dan tentu ada syarat dan kriteria yang menyebabkab dia terpilih, yang mana hanya Allah SWT yang tahu.kecuali untuk hal- hal khusus pada para nabi dan Rasul yang telah tertulis dalam kitab suci / wahyu sebagai "Nubuat".ini adalah limpahan rahmat bagi bumi,orang yang termasuk dalam nubuat akan dipelihara oleh Allah SWT dan Nur Muhammad.
Baitul Makmur,Baitul Maqdis dan tempat-tempat masjid didunia :
Sebuah Gambaran / Image / cermin kehidupan manusia kelak,mahluk / manusia itu memiliki kecendrungan untuk menyimpang baik rohani maupun jasmani,maka mereka ( khususnya manusia dalam konteks ini ) mesti di tuntun untuk belajar taat pada perintah Tuhannya.ketaatan ini nanti di wujudkan berupa ibadah dengan sarana- sarana seperti masjid atau tempat-tempat ibadah lain.( Masjid, ada ketika Islam ada,sebelumnya adalah kuil seperti contohnya kuil di zaman nabi Sulaiman ).sarana ibadah adalah penting bagi suatu umat,apalagi di zaman- zaman dahulu.sarana ibadah adalah pusat keagamaan, pusat pendidikan dan lain-lain.
catatan : Baitul Makmur terletak di langit ke-7,dimana ruh nabi Ibrahim sekarang ini berada.( peristiwa Mi'raj Rasulullah SAW )
Tafsir paragraf Keempat :
Umat Muhammad kaum mukminin-mukminat dan muslimin-muslimat :
Cermin kehidupan kelak,bahwa akan ada hamba-hamba yang takwa dan akan adapula hamba- hamba yang ingkar.pengingkaran ini karena sebagian manusia itu tidak mampu melalui ujian yang di bebankan padanya sebagai mahluk berakal. Umat Muhammad disini adalah sebagai perumpamaan / contoh kaum / umat yang taqwa / patuh pada petunjuk / perintah Allah SWT.
Ruhnya kaum Yahudi,Nasrani,Majusi dan orang-orang yang suka mengingkari dan golongan orang- orang munafik :
Digambarkan suatu golongan hamba yang akan menyimpang kelak setelah penciptaan manusia. Kaum Yahudi,Nasrani dan Majusi,ketiga kaum ini adalah juga perumpamaan / contoh kaum / umat yang menyimpang,juga golongan orang- orang yang suka ingkar dan munafik.
_________Catatan :
Disaat awal Islam berdiri,kaum inilah yang kuat menentang islam,oleh sebab itu disini mereka di jadikan contoh kaum yang menyimpang.
_________Dalil :

Alqur'an,Surah : Al-Baqarah : 62.
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang yahudi, orang-orang Nasrani dan orang- orang Shabiin[56], siapa saja diantara mereka yang benar- benar beriman kepada Allah[57], hari kemudian dan beramal saleh[58], mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
[56]. Shabiin ialah orang-orang yang mengikuti syari'at Nabi-nabi zaman dahulu atau orang- orang yang menyembah bintang atau dewa- dewa.

[57]. Orang-orang mukmin begitu pula orang, Nasrani dan Shabiin yang beriman kepada Allah termasuk iman kepada Muhammad s.a.w., percaya kepada hari akhirat dan mengerjakan amalan yang saleh, mereka mendapat pahala dari Allah.

[58]. Ialah perbuatan yang baik yang diperintahkan oleh agama Islam, baik yang berhubungan dengan agama atau tidak.
_________Catatan :
Ayat diatas mengandung satu unsur fundamental,yakni tauhid,harus dikatakan bahwa Tuhan itu Tunggal,Mulai dari Tuhan Nabi Adam,Nabi Nuh/ Noah,Nabi Ibrahim / Abraham dan seluruh keturunannya sampai Nabi Musa / Moses,nabi Daud / David,Nabi Sulaiman / Solomon,Isa Almasih dan berakhir pada Nabi Muhammad SAW.Tuhan yang dimaksud para nabi ini adalah Tuhan yang sama.Nabi Musa menyebut - Nya dengan nama Yahwee,Kaum yahudi selanjutnya menyebut Elohim dan Islam menyebut- Nya dengan Allah SWT.Nama- nama Tuhan ini semua bermakna Tuhan Semesta Alam,hanya BAHASA yang membedakan.
Untuk zaman sekarang,umat islam perlu hati-hati menggunakan paragraf ini sebagai dalil.banyak hal telah berubah di atas bumi ini. kedamaian di atas bumi adalah wujud Bunga Mawar dan Padi itu.
Namun Umat Islam harus tetap ingat bahwa Taat pada Allah dan Rasulnya adalah satu- satunya pegangan apapun yang terjadi di atas bumi ini.Umat Islam, haruslah terus ikut apa yang dikatakan Alqur'an dan Nabi Muhammad sampai akhir zaman untuk keselamatan seluruh umat,akan tetapi jadilah umat yang berwawasan luas agar bisa menjadi lebih Fleksible tidak kaku.merdekakan diri dan umat dari kebodohan,sebab salah satu sumber malapetaka adalah kebodohan.
_________
Dalam paragraf ini di sebut juga tentang Ruh,sebuah cermin hidup manusia kelak setelah diciptakan,bahwa manusia itu akan memiliki Jasad dan Ruh.
_________
Diciptakan Bumi dari arah timur sampai barat dengan segala isinya :
Akan diciptakan bumi dan isinya sebagai tempat bagi Manusia.perlu dicatat bahwa bumi dan gambarannya telah di sebutkan di awal penciptaan.
_________Catatan :
Bumi adalah planet yang berbeda dari banyak planet di tata surya kita,bumi diciptakan dengan tujuh lapis Atmosfir ( Langit Bumi ) sebagai perisai/pelindung dari bahaya yang datang dari luar atmosfir seperti meteor.bumi dicukupi untuk menghidupi manusia dengan berbagai hal yang dibutuhkan manusia hingga akhir zaman,jika muncul kekurangan,semua itu hanyalah pola hidup manusia yang tidak seimbang. perang,bencana alam,bencana ekonomi,politik,sosial dan lain- lain adalah ulah manusia sendiri yang tidak mau akur.maunya membuat aturan sendiri- sendiri yang akhirnya berbenturan satu sama lain yang mengarah pada pengrusakan diatas bumi.diberi Kitab Suci supaya akur dan satu tujuan,macam- macam pula dalil yang muncul difikiran hingga menimbulkan perpecahan. menurutlah! karena ujung semuanya adalah harus! menurut. manusia itu tidak lebih dari anak-anak dipermukaan bumi,dibimbing dan dipelihara setiap waktu oleh Penciptanya.prosesnya tidak harus dibimbing face to face /langsung,Akal manusia itu mesti tumbuh dengan cara demikian,ini sudah ketetapan Allah SWT.Dia Maha mengetahui apa yang terjadi di masa datang.maka itu menurutlah!.
_________Dalil :

Alqur'an,Surah : Al-Maaidah : 92.
Dan taatlahtkamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul-(Nya) dan berhati- hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.
_________
Tafsir paragraf Kelima :
Nur Muhammad Bertasbih selama 70,000 tahun untuk kedua kalinya,kali ini bersama empat fragmennya ( Api,Air,Udara dan Tanah ).
_________Catatan :
Makna Api,Air,Udara dan Tanah disini jika di urai lebih detail,maka akan mengarah pada unsur- unsur kimiawi yang membentuk Api,Air,udara dan Tanah.unsur-unsur ini bisa dilihat dalam tabel periodik unsur- unsur.proses bertasbih disini kemungkinan adalah proses awal pembentukan Kosmos ( dari kabut,kemudian membentuk Planet,Bintang,Tata Surya dan Galaksi ).namun proses 70,000 tahun ini adalah proses awal,untuk terbentuknya kosmos berupa galaksi sepertinya memerlukan waktu lebih lama lagi,mungkin miliaran tahun.proses ini tentu jika dilihat manusia sangat dahsyat jika hal ini adalah merupakan cikal bakal Big- Bang ( teori terjadinya Alam Semesta ).atau bisa juga kejadian ini tergambar seperti teori kabut Kant- Laplace.ada reaksi- reaksi nuklir yang dahsyat dan reaksi- reaksi kimiawi.benar tidaknya teori manusia tentang Big- Bang dan Kabut,kembali kepada Allah SWT.
_________
Jadi Paragraf kelima disini ditafsirkan sebagai awal atau kelanjutan proses 70,000 tahun pertama,dimana pada proses kedua ini materi mulai muncul di ruang alam semesta untuk selanjutnya membentuk kosmos berupa Galaksi- Galaksi,yang didalamnya terdapat Tata Surya,dan dalam tata Surya terdapat Bintang Besar yakni Matahari,lalu planet- planet dan satelitnya ( bulan ).kemudian terdapat Bumi,tempat manusia hidup dan berkembang biak.
_________Insert :
Teori Berawalnya Alam Semesta,menurut gambaran teroritis Big Bang / Ledakan besar :

[ Bigbang Theori,ada empat dzat dipusat Alam Semesta yang menjadi sumber ledakan dahsyat ini ( Api,Air,Udara dan Tanah ) ]
[ Api,Air,Udara dan Tanah maksudnya disini adalah wujud formasi atomik dari empat dzat tersebut ]
[ Proses kejadian di Pusat Alam Semesta ini di picu oleh Dzat Asal Nur Muhammad ]
[ Yang mengadakan semua kejadian ini adalah Allah SWT,Tuhan Semesta Alam ]
Ilmu pengetahuan mencoba mengungkap bagaimana terjadinya Alam Semesta ini dengan berbagai teori,salah satu teori yang banyak mendapat dukungan para ahli Ilmu Alam adalah Big Bang / Ledakan Besar.perhatikan gambar diatas.
Untuk menghubungkan Hadits dengan Teori ini,bisa dilihat pada titik Pusat Ledakan.Daerah ini yang disebut dalam hadits sebagai "Pohon Yakin",Pusat Kejadian Berawal di Alam Semesta.dititik ini ada 5 Dzat yang sedang berproses untuk mengawali terciptanya materi- materi Alam Semesta,yakni Dzat Asal Nur Muhammad sebagai Core dan Unsur- unsur ( Formasi Atomic Dzat ) yang menyusun Api,Air,Udara dan Tanah sebagai Sumber terciptanya materi saat ledakan terjadi.
Kejadian ini menimbulkan ledakan besar, yang kemudian membentuk materi yang terlempar dari pusat ledakan.kejadian ini menurut teori big bang adalah terjadinya reaksi nuklir yang mengubah energi menjadi materi.materi yang terlempar ini adalah berupa kabut yang kemudian berproses membentuk Planet,Bintang / Matahari,satelit/bulan,yang membentuk formasi berkelompok dimana satu Bintang Raksasa sebagai pusat satu kelompok.formasi ini disebut Galaksi.
__________________________________________
Dalam teori Big Bang ( ledakan besar ),dikatakan bahwa pemicu ledakan adalah akibat ruang alam semesta yang mampat sehingga menimbulkan kompresi ( tekanan ) di titik pusat alam semesta.jika demikian berarti ruang alam semesta ini telah ada sebelum kompresi dan ledakan terjadi ( ini asumsi teori big bang,adapun dalam tafsir hadits ini,ruang alam semesta terbentuk bersamaan dengan terbentuknya materi yang menyebar dari pusat ledakan,tidak ada masalah sebenarnya,jika mau menganggap ruang alam semesta telah ada lebih dahulu,maka dzat apa yang membentuk ruang ini ?..tentu bukan dzat atom,untuk itu disini disebut bahwa ruang ini dibentuk oleh Nur ( di Al-Qur'an nama Nur ini kalau tidak salah adalah Ruhul Quddus ),kemudian konspenya adalah bahwa ledakan terjadi di picu oleh satu sebab,yakni Nur.Nur bekerja atas suatu sebab,yakni perintah Tuhan,Allah SWT,Yahweh dalam Taurat,Bapa dalam Nasrani,Visnhu dalam Hindu,Tuhan Yang Maha Esa ) maksudnya .kalau ruang ini talah ada tentu ruang ini memiliki tepi atau batasan.pertanyaannya apakah yang ada di luar batasan alam semesta ini ?..jawabannya adalah ruang tak bertepi atau ruang tak berbatas ( ruang yang tidak terdefinisi oleh ukuran manusia ).sejauh manakah luasan ruang alam semesta ini ?..bagaimanapun luasnya ruang ini tetap memiliki batas.kenapa memiliki batas ?..karena ruang ini bisa mengalami pemampatan.hanya ruang tak bertepi saja yang tidak akan pernah mengalami pemampatan karena tidak memilki batas ( tepi ).kembali pada pemicu Big Bang,bahwa ketika tejadi pemampatan,maka isi alam semesta yang mungkin maksudnya berisi partikel-partikel atomik dalam formasi- formasi tertentu,menjadi terkonsentrasi di pusat ruang alam semesta ( dimensi ruang ini yang pantas adalah berbentuk bola ).akibat tekanan yang dahsyat,maka terjadilah ledakan yang ultra luar biasa dimana akibat ledakan ini menyebabkan terbentuknya materi yang terlempar secara sporadik dalam ruang alam semesta.materi inilah yang menjadi galaksi-galaksi.
Disini yang menjadi pertanyaan kembali adalah ruang alam semesta,darimanakah keberadaannya..?.satu- satunya jawaban untuk teori pemampatan ini adalah bahwa ruang ini ada dan tidak memiliki awal.lalu apa yang ada di luar batas ruang alam semesta ini ?..kalau dijawab tidak ada lagi,maka ruang alam semesta ini mestinya tidak memiliki batas,hanya ruang yang tidak memiliki batas yang tidak ada apa- apa lagi di luar batasnya,karena batas itu memang tidak ada.dan kalau memang ruang yang dimaksud iniadalah ruang yang tidak memiliki batas tersebut,maka proses pemampatan tidak akan pernah terjadi,tak akan ada proses kompresi atau tekanan akibat pemuaian isi ruang alam semesta,karena tidak ada batas yang menahannya sehingga terjadi pemampatan ( kompresi ).kalau tidak ada kompresi maka otomatis Big Bang tidak akan pernah terjadi.
Dari logika diatas,maka dalam konsep ini teori bigbang hanya di ambil pada proses kejadian ledakan saja.sedangkan pemicu ledakan belum bisa di pakai,yang dipakai adalah bahwa pemicu ledakan adalah Dzat Asal ( Nur Muhammad ).Jadi Dzat Asal yang memicu formasi atomik yang disini dibagi dalam empat kategori.formasi atomik Api,formasi atomik Air ( dzat Cair ),formasi atomik Udara ( Eter ) dan formasi atomik Tanah ( tanah disini bukan berarti wujud tanah,tapi merupakan formasi atomik saja,yang kemudian formasi atomik ini banyak terdapat pada tanah setelah terciptanya planet ), sehingga terjadi reaksi dahsyat yang menimbulkan ledakan yang ultra dahsyat yang kemudian hasilnya adalah terlemparnya materi- materi secara sporadik,lalu materi ini berevolusi menjadi galaksi- galaksi yang selanjutnya merupakan lingkungan hidup bagi Mahluk,tumbuhan dan mikro- organisme ( jadi galaksi dan seluruh komponennya adalah manifestasi dzat Api,Udara,Air dan Tanah ,dengan suatu reaksi dahsyat,formasi- formasi Atomik dari ke empat dzat ini mendadak membentuk wujud materi ; seperti reaksi Nuklir dalam pola terbalik.jika reaksi nuklir adalah reaksi perubahan materi menjadi energi,maka terciptanya isi alam semesta ini adalah reaksi Nuklir yang mengubah energi menjadi materi ) .seiring berkembangnya volume yang mendadak ini,maka dzat asal juga ikut berkembang secara volumetrik dalam wujud berdimensi bola bulat tak tampak mata yang menjadi ruang bagi materi- materi ini.ruang ini kemudian yang disebut ruang alam semesta ( ruang kosmos ).ini kalau mengikuti proses ledakan yang terjadi mendadak ( Big Bang ).tapi kalau mengikuti teori kabut seperi milik Kant- Laplace,mungkin akan berbeda lagi.akan tetapi pemicu proses penciptaan ini tetap Dzat Asal Nur Muhammad,ini adalah patokan dasar konsep. ][ ruang berdimensi bola bulat ini meliputi seluruh galaksi dan kabut kosmik didalamnya dimana ruang ini sering disebut sebagai ruang hampa udara ]
[ Ruang Hampa Udara : Adalah ruang yang ada di luar bumi ( diluar planet yang memiliki udara ) dan didalam ruang alam semesta.
[ Dalam Konsep ini ( yang berpatokan pada Al-Hadits Nur Muhammad ) bahwa Atom bukanlah dzat asal,Atom adalah fragmen dzat asal yang berada dalam empat dzat ( Api,Air,Udara dan Tanah ).dengan kata lain bahwa Atom itu diciptakan dari dzat asal Nur Muhammad,Atom- atom yang diciptakan ini membentuk empat formasi yang berbeda,formasi ini adalah formasi Atomik Api,Udara,Air dan Tanah.] [ Empat Dzat ( Api,Air,Udara dan Tanah ) bisa disebut sebagai Induk Formasi Atomik,dimana masing- masing Induk Formasi ini berisi Sub Formasi yang tidak diketahui jumlahnya. ][ Catatan : Partikel Api dan Partikel Cahaya adalah partikel yang berhubungan erat, sehingga partikel cahaya sudah termasuk dalam formasi partikel Api . ]
[ Dalam Konsep ini di yakini bahwa dalam Ruang Hampa Udara ada Dzat Asal selain butiran atom,dan Dzat Asal ini juga mengisi setiap pori dalam galaksi dan kabut kosmik, sampai ke pori-pori butiran atom sekalipun. Manusia adalah butiran atom,dengan demikian didalam diri manusia itu ada dzat asal dalam pori antar butiran atom dan didalam pori butiran atom bahkan dalam pori butiran inti atom,sub-inti atom dan seterusnya hingga ke ukuran butiran partikel yang ukurannya berada satu tingkat lebih besar daripada ukuran butiran Dzat Asal . dzat asal Nur Muhammad ada dimana- mana didalam ruang alam semesta,ia adalah air bagi kehidupan itu,ia yang memelihara kehidupan itu,ia yang memonitor kehidupan itu,ia adalah system yang mengatur kehidupan itu,ia pula tempat hukum alam itu,ia pula yang menjalankan hukum alam itu,termasuklah hukum yang disebut Hisab ( azab seperti azab Neraka ).]
[ Tidak jarang ada manusia yang bisa sembuh dari penyakit dimana usaha medik sudah tidak mampu,apa sebabnya..?..ini adalah pekerjaan ( pemeliharaan ) dzat asal Nur Muhammad.diatas dikatakan bahwa dzat asal itu ada sampai dalam pori-pori atom sekalipun apalagi dalam pori-pori sel-sel tubuh. kejadian SEMBUH ini yang kita sebut sebagai Rahmat Allah SWT.segalanya telah tercukupi didalam Nur, Jika Qadha dan Qadhar manusia itu cukup,maka ia berhak mendapat rahmat seperti diatas ( Sembuh secara Ajaib ).]
[ Jangan bertanya tentang Tuhan,Dia-lah Raja Sebenarnya,Dia tidak disibukkkan oleh mahluk-Nya,Alam Semesta dan isinya berjalan dalam proses otomatik yang tak terukur kesempurnaannya oleh akal manusia.segalanya telah di cukupkan,tidak sedikitpun ada yang kurang.segala kebutuhan Mahluk telah dikemas dalam Rahmat dan Azab yang ada dalam System ( Dzat Asal Nur Muhammad ),demikian pula yang lainnya ( dimensi atomik sampai galaksi ).][ Qadha dan Qadhar Seluruh isi Alam Semesta ini dimonitor setiap waktu untuk pemberian Rahmat atau Azab ( Alam Semesta dan Isinya ini terpelihara,Rahmat dan Azab adalah wujud pemeliharaan itu,walau Azab itu adalah derita namun sifatnya tidak memusnahkan,karena dalam Hukum Alam tidak ada kata Musnah,yang ada adalah proses perbaikan atau ditempatkan kembali pada kondisi semestinya ,selain itu adalah perubahan wujud dzat ),tuntunannya bagi manusia telah ada dalam Kitab Suci,kalau ikut bimbingan kitab suci maka ia mendapat Rahmat,tidak mengikuti bimbingan Kitab Suci,maka ia bisa mendapat Azab,tidak ada tawar menawar.Hukum itu berjalan tanpa mengenal apa dan siapa.]
[ Rahmat = berisi hal-hal yang baik ; Azab = berisi hal-hal yang buruk ; di mata Allah SWT, Rahmat dan Azab itu sama saja,semua berisi hal-hal yang baik,karena semua adalah wujud pemeliharaan,Manusia tidak bisa bebas berbuat karena yang membuat rencana adalah Tuhan dan hal ini tak terbantahkan ]
[ Allah SWT,tidak kita ketahui ada dimana dan kemana,Dia bisa berada didekat mahluk- Nya tanpa disadari oleh Mahluk.bisa saja Allah SWT pernah berada di dekat kita,mana kita tahu,contoh adalah Nabi Musa dan Nabi Zakaria.namun kalau ada suara ghaib yang dibisikkan dalam hati ( fikiran ),jangan percaya kalau ia mengaku Tuhan,kita bukan nabi dan bukan siapa-siapa,jadi suara-suara ghaib itu bisa dari Syaitan gol.Jin ]
[ Ruang Tak Bertepi,mungkin kata ruang adalah berkaitan dengan batasan.jika ia ruang maka pasti ada batasnya,kalau tidak ada batasnya maka ia bukan ruang,kalau ia bukan ruang maka tak akan ada tempat untuk ruang alam semesta,otomatis alam semesta tak akan pernah ada.jadi apakah sebenarnya yang menjadi tempat keberadaan ruang alam semesta ini...?..tampaknya Science yang dikembagkan manusia akan berhenti sampai disini.batas akal sudah mencapai puncaknya.dihadapan akal terbentang suatu keadaan yang samasekali diluar jangkauan ( tidak terdefinisi ).dari limit ini bisa di ambil hikmah,bahwa Tuhan memang tidak terbatasi oleh apapun dalam segala hal.Tuhan tidak bisa dibatasi oleh akal mahluk,sebaliknya akal mahluk yang dibatasi oleh Tuhan.kenapa harus dibatasi,karena memang yang namanya Mahluk ( ciptaan ) pasti terbatas ( Kodrat ),tidak ada kata Tuhan menciptakan Tuhan,yang namanya ciptaan pastilah Mahluk namanya ( terbatas ).ini realita yang mutlak harus diterima,pengetahuan itu tiada batasnya akan tetapi akal ada batasnya,Hanya Tuhan yang tidak terbatas ( unlimited ),Dia-lah pemilik pengetahuan itu,Dia adalah puncak pengetahuan itu dan pengetahuan itu berakhir pada-Nya.]
[ Kalau dicermati, yang namanya UKURAN di alam semesta ini, sebenarnya tidak memiliki batas,baik batas terbesar maupun batas terkecil,kita tidak pernah tau berapa angka terbesar dan berapa angka terkecil,keduanya memiliki sifat menerus dan tidak terbatas.akal tidak akan mampu untuk terus mengejarnya. walaupun akal itu terus tumbuh cerdas tak terbatas,maka UKURAN itu juga akan tetap tidak terbatas bagi akal.kadarnya tetap.oleh sebab itu bagaimanapun Tuhan dan Mahluk dipisahkan oleh Jurang Ilmu Pengetahuan yang tidak terbatas.dan kadar batasan ini tetap adanya.logika matematik ini mungkin cukup menjadi gambaran. ] [ mungkin juga harus di catat,bahwa Science itu tidak berada di atas Akal,Science ada di bawah Akal,kalau Science sampai diposisikan di atas Akal bisa jadi Science akan menjadi BERHALA di suatu masa kelak.]
[ Ada satu hal yang lebih baik dihindari dalam upaya pemikiran terhadap hakikat kehidupan ini,yakni faham "Gigantis" ( perwujudan- perwujudan raksasa ).cukuplah itu ada dalam dunia khayal anak-anak dan film atau cerita komik.Akal selama ini di arahkan ke Science ( hal- hal yang rasional ),hal ini patut di jadikan patokan bahwa perwujudan gigantis itu sepertinya terlalu jauh untuk dilibatkan dalam upaya pemikiran mengenai hakikat kehidupan.namun hal ini kembali pada diri masing-masing ]
[ Kalau ada pertanyaan bahwa Nur Muhammad adalah Mahluk,tidakkah ia merasa menderita ketika ledakan terjadi ?...jawabannya adalah bahwa Nur Muhammad bukanlah mahluk seperti manusia yang diberi parameter rasa sakit akibat suatu ledakan.hanya mahluk seperti Manusia,Malaikat,Jin dan Hewan yang meiliki parameter ini.ini merupakan kodrat masing-masing dzat, sifatnya spesifik terhadap tujuan dzat tersebut diciptakan.dzat manusia diciptakan untuk hidup dalam lingkungan alam dan lingkungan sosial,bukan sebagai dzat lain dengan berbagai fungsi dan tujuan diciptakannya.jadi lain kolam maka lain pula ikannya.]
___
Teori lain adalah seperti yang dikemukakan oleh Kant-Laplace,yang menyatakan bahwa materi di Alam Semesta berawal dari Kabut,teori ini hanya di pusatkan pada lingkaran Bumi dan tata surya,namun kalau di perluas ada kemungkinan bahwa teori ini setara akurasinya dengan penafsiran ilmu pengetahuan tentang big bang.Wallahu a'lam bissawwab.
[ Apapun teori yang menjadi temuan Ilmu Pengetahuan tidaklah menjadi persoalan bagi Konsep Nur dalam tulisan ini.sebab Konsep Nur ini  bisa menyesuaikan terhadap teori apa saja selama teori itu tidak berseberangan dengan Al- Qur'an dan Al- Hadits ]
Kalau kita mengacu pada teori steady state ( keadaan tetap ),artinya bahwa pemicu kejadian ini hanya sekali terjadi,ini berarti komposisi Alam Semesta adalah tetap,namun kalau kita mengacu pada Nur ( Muhammad ),maka disini Nur ( Muhammad ) bisa memicu kejadian yang sifatnya menambah komposisi.artinya bahwa dimasa-masa selanjutnya akan tercipta galaksi-galaksi baru dari komposisi dzat yang bertambah akibat di picu oleh Nur ( Muhammad ),atau dengan kata lain di picu oleh SYSTEM.sehingga Ruang Alam Semesta dan Isinya berkembang secara VOLUMETRIK dalam pola yang menerus ( continue ).pola perkembangan yang menerus ini menyebabkan ruang bagi kehidupan itu menjadi tidak terbatas jumlahnya.galaksi-galaksi akan terus bertambah.tidak adanya batas perkembangan ini disebabkan oleh Ruang Tak Bertepi ( tempat ruang Alam Semesta diciptakan ) yang memang tidak terbatasi oleh definisi.
__________________________________________
Alam Semesta di masa - masa setelah terjangkau perangkat manusia,jauh setelah kejadian penciptaan berawal :

[ Gambar diambil dari situs Internet , ini adalah FAKTA temuan IPTEK ]
[ Keterangan original dari sumber ( NASA ),di Translate oleh Google Search Engine : ]
Galaksi yang paling jauh, belum diamati muncul sebagai tambalan samar cahaya dalam foto yang diambil oleh Teleskop luar angkasa Hubble. Spiral cerah ( paling bawah ) adalah galaksi agak lebih dekat ke Bumi, dan obyek oranye terang adalah bintang di galaksi kita sendiri / Bima Sakti / Milky Way. Teleskop difoto ini sebagian kecil saja dari langit, yang disebut Hubble Ultra Deep Field, pada tahun 2004. Image kredit: NASA / ESA / S. Beckwith (STScl) and the HUDF Team Beckwith (STScl) dan Tim HUDF .
_____


[ Gambar diambil dari Software 3D Solar System / th.2010 ]
Model Orbital Planet dari Tata Surya / Solar System bagi bumi kita.
_____
Tafsir paragraf Keenam :
Diciptakan atau akan diciptakan Ruh atau Roh,ini inti kandungan paragraf ke enam.
Adapun asal diciptakannya Ruh / Roh ,maka lebih baik kita mengarah dulu pada Alqur'an sbb :

Alqur'an,Surah : Al Israa' : 85.
Dan mereka bertanya kepadamu ( Muhammad ) tentang Roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan- ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit".
_____________Catatan :
Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak terlalu banyak mengutak atik Roh melalui pemikiran / Penafsiran.didunia ini terlalu banyak penafsiran tentang roh,yang bercampur baur antara faham beberapa agama,paganis dan animis.hal ini membuat dunia menjadi ramai dengan berbagai cerita- cerita mistik yang tidak jelas landasan penafsirannya.
_____________
Terkadang Kata Roh / Ruh juga tersirat sebagai Nur,atau sebaliknya,sehingga membuat sukar penafsiran.namun disini di putuskan bahwa dalam paragraf keenam ini,kata nur adalah roh/ruh.
_____________
Roh / Ruh kemungkinan diciptakan dari Nur Muhammad atau dari salah satu dari empat Fragmen ( Api,Air,Udara dan Tanah ).
Ruh para nabi dan Ruh Umat para nabi :
Makna yang bisa di ambil dari paragraf ini adalah bahwa kelak jika manusia itu sudah diciptakan,maka diantara mereka ada yang menjadi Utusan / Nabi / Rasul,dan tiap-tiap nabi / rasul memiliki umat.tiap- tiap umat akan mengikuti tuntunan yang dibawa / di wahyukan kepada nabi / rasul yang di tunjuk dalam umat tersebut.
_________
Tafsir paragraf Ketujuh :
Paragraf ini masih berkisar masalah penciptaan Roh / Ruh.dalam arti diciptakan atau akan diciptakan kelak.
Hendaklah kita kembali pada kata bahwa semua manusia itu sama dihadapan Allah SWT,yang membedakan adalah hanya ketqwaannya.
Jadi tidaklah Allah SWT itu menciptakan rencana Umat Muhammad dari awal sebagai perlakuan khusus,yang mungkin dimaksud paragraf ini adalah bahwa umat para nabi / rasul kelak,ada yang taat dan ada pula yang tidak.kata kaum mukminin hanya mempertegas bahwa kaum inilah yang benar- benar umat Muhammad.
Paragraf ini sarat dengan sisipan yang bermakna syariat,dan yang berhubungan dengan masalah penciptaan Nur Muhammad dan Fragmen- fragmennya hanyalah masalah penciptaan Roh.intinya ditegaskan kembali bahwa manusia itu diciptakan kelak bersama Rohnya,atau bisa berarti bahwa roh-roh manusia itu telah diciptakan sebelum jasadnya lahir ke dunia.
___________
Sedikit tentang roh / ruh yang telah diciptaan sebelum manusia itu ada, roh / ruh ini menempati suatu ( dimensi kehidupan ) alam yang dalam hal ini di coba untuk di definisikan sebagai "Alam Embryo Roh".ini untuk kemudahan harmonisasi.
____________Dalil :

Alqur'an,Surah : Maryam : 9.
Tuhan berfirman: "Demikianlah". Tuhan berfirman: "Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan sesunguhnya telah Aku ciptakan kamu sebelum itu, padahal kamu (di waktu itu) belum ada sama sekali".
____________
Sedikit tambahan batasan,bahwa "alam embryo roh" adalah alam/tempat ruh- ruh di tempatkan sebelum di tiupkan kepada embrio dalam kandungan.hal ini sesuai dengan dalil Surah Maryam : 9 , di atas. alam ini tentu dalam pemeliharaan Allah SWT dan Nur Muhammad. Alam ini tidak di tempati bagi mahluk seperti Jin dan Manusia.dan alam ini tidak terjangkau oleh Jin dan Manusia,kecuali para Malaikat.sebab dikatakan dalam Alqur'an,bahwa Malaikat yang meniupkan Roh ke dalam rahim.
Alam embryo roh : adalah alam dimana ruh / roh masih dalam tingkat embrio ( bibit ),belum memiliki pengetahuan,sampai masa kelahirannya di dunia.setelah kelahiran,barulah pengetahuan itu di peroleh dari lingkungannya.( ruh / roh disini di lahirkan bersama jasad manusianya,yang disebut bayi ).
____________
Berikutnya adalah kalimat tauhid dalam Islam,Tiada Tuhan Selain Allah,ini juga sisipan ke arah syariat,tujuannya jelas bahwa Islam itu adalah agama yang percaya kalau Tuhan Itu hanya satu adanya.dan Nabi Muhammad adalah Utusan Allah SWT.
_________
Tafsir paragraf Kedelapan :
Nabi Muhammad didalam lampu aqiq dalam posisi sholat :
Sedikit di singgungkan dengan syariat,bahwa Rasulullah Muhammad adalah Suri Tauladan yang patut di contoh.ini salah satu makna bagian paragraf ini.
____________Dalil :

Alqur'an,Surah : Al-Ahzab : 21.
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
____________
Sedangkan ruh para nabi mengelilinginya sambil bertasbih,bertahlil selama 100 tahun lamanya.Kemudian Allah memerintahkan kepada semua ruh untuk melihat kepada Nur Muhammad maka melihatlah mereka kepadanya...dan seterusnya :
Bagian ini di tafsirkan sbb :
Yang dikelilingi ruh-ruh ini adalah dzat Asal Nur Muhammad,setelah ruh-ruh diciptakan.
______
Semua ruh para nabi mengelilingi Nur Muhammad,bertasbih dan bertahlil selama 100 tahun,kemudian diperintahkan kepada semua ruh untuk melihat kepada Nur Muhammad :
Disini ada suatu proses selama 100 tahun,dimana ruh para nabi terlibat proses tersebut,sedang ruh yang lain bisa ikut terlibat,bisa tidak,kalau dilihat dari kata " kemudian ".wallahu a'lam bissawwab.
Proses 100 tahun ini,di tafsirkan sebagi proses lanjutan setelah ruh di ciptakan,ada hal yang di sempurnakan dalam proses ini sehingga ruh- ruh tersebut benar- benar siap untuk di tiupkan kedalam rahim,bilamana diperlukan kelak.dan sementara sebelum di tiupkan kedalam rahim,ruh- ruh tersebut di tempatkan di suatu tempat yang dalam tulisan ini disebut "alam embryo roh" ( silahkan gunakan istilah anda tentang nama "Alam Embrio Roh" ,jika istilah saya kurang bisa diterima ).
____________Catatan :
Ruh-ruh disini,tidak hanya ruh-ruh manusia saja,tapi sudah termasuk ruh-ruh Jin.karena ruh itu hanya satu,bisa untuk jin dan bisa pula untuk manusia,kira kira demikian penafsirannya.
Ruh-ruh ini belum memiliki pengetahuan,masih berupa embrio ( istilah sederhananya ).nanti ruh- ruh ini baru akan berkembang pengetahuannya setelah lahir ke dunia sampai wafatnya sebagai manusia atau Jin.
Ruh-ruh yang telah lahir kedunia,setelah matinya jasad,tidak akan kembali ke alam asalnya,melainkan ke tempat yang telah di tetapkan,kecuali bagi ruh yang meninggal dalam kandungan dalam kondisi masih embrio ( kandungan yang gugur ).demikian penafsiran / pendekatannya.
____________
Berikutnya adalah sebuah gambaran / image bagi kehidupan manusia kelak,mungkin juga termasuk Jin. Bahwa kelak Manusia / Jin itu,setelah lahir kedunia,maka mereka akan memiliki masing-masing peran dalam lingkungan sosialnya. peran-peran tersebut diantaranya adalah :
Pemimpin/Raja, Raja / Ratu Adil, dan lain-lainnya seperti disebutkan dalam hadits paragraf ke delapan ini.
____________
Tafsir paragraf Kesembilan :
Bagian ini berkenaan masalah syariat,yakni sholat wajib lima waktu.tidak ada yang harus di tafsirkan disini kecuali mengikuti rukun- rukun sholat yang telah di tetapkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.
Tafsir paragraf Akhir :
Maka tidaklah dibakar seseorang dari golongan orang kafir selama bentuknya masih dalam wujud manusia,tetapi bentuk mereka diganti dengan wujud babi,kemudian dibakarlah mereka diatas api neraka.
Hal ini memang benar,kelak akan dirasakan oleh mereka bahwa dirinya seperti seekor babi yang dibakar,ini perasaan secara fisik.Oleh sebab itu taatlah pada Allah dan Rasul-nya. jangan biarkan fikiran di belenggu syaitan.memang untuk keluar dari pengaruh syaitan ini amat sulit,tapi harus di mulai untuk menjauhi ketika petunjuk itu datang pada diri.tidak dibiarkan manusia itu sendiri dalam usahanya yang mulia.
____________Akhir Tafsir Hadits Nur Muhammad.

Kesimpulan :

Inti hadits adalah adanya dzat asal yang merupakan asal mula / sumber dari segala penciptaan yang ada.


Sekian,semoga bermanfaat.
Trims._____ht@2011



Contacts :

Email : djibreell@gmail.com