Senin, 19 Desember 2011

Penciptaan Enam Masa

Home

Sunday, December 18, 2011
6:35 PM
Penciptaan dalam Enam Masa

Ayat-ayat alqur'an berkenaan dengan penciptaan Bumi dan langit bumi dalam enam masa.

As-Sajdah : 4.
Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy[1188]. Tidak ada bagi kamu selain dari padaNya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at[1189]. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

Al-A'raaf : 54.
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy[548]. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan- Nya pula) matahari, bulan dan bintang- bintang (masing- masing) tunduk kepada perintah- Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Yunus : 3.
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?


Huud : 7
Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana- Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya[711], dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati", niscaya orang- orang yang kafir itu akan berkata: "Ini[712] tidak lain hanyalah sihir yang nyata".

Al-Furqan : 59.
Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian dia bersemayam di atas Arsy[1071], (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia.

Qaaf : 38.
Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan.


Al-Hadiid : 4.
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa : Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy[1453] Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya [1454]. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

________[ Insert ]
Ketika tata surya kita ini terbentuk dengan sempurna kejadiannya,bumi menjadi perhatian Allah SWT untuk diperlakukan secara khusus.lalu disempurnakanlah kejadian bumi itu untuk kediaman Manusia kelak.[kejadian bumi dan tata surya ini adalah merupakan proses perkembangan alam semesta terutama dalam segmen galaksi bima sakti,proses perkembangan alam semesta ini di topang oleh empat kelompok zat ( partikel ) yang menjadi dasar pembangunnya,yakni partikel api,tanah,udara dan air,ini adalah nama-nama primitif dzat yang merupakan dzat atomik. ]
Tampaknya ketika bumi dan Langit Bumi / 7 Lapis Atmosfir ,dalam proses kejadian,Allah SWT menyaksikannya sendiri dengan menetap di bumi beberapa waktu,sebelum kembali ke tempat- Nya / Arsy.
"Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa" = artinya Allah SWT berada di bumi,sampai bumi itu sempurna kejadiannya.
"Kemudian Dia bersemayam di atas Arsy" = Artinya bahwa setelah bumi itu dirasa cukup kesempurnaannya,maka Allah SWT berkenan meninggalkan bumi dan kembali ke tempat- Nya,yakni Arsy.( ada yang menyatakan bahwa tempat ini ada di langit ke-9,dimanakah tempat yang dimaksud langit ke-9 ini,yang jelas adalah suatu tempat yang misterius ).
Lapisan Atmosfir ini kejadiannya adalah dibawah Kuasa Nur atas Ijin Allah SWT.
Kata "Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan" menyatakan bahwa Allah SWT dan Nur bersama- sama menyempurnakan bumi dan langit bumi / 7 lapisan Atmosfir agar bisa di huni oleh mahluk dan tumbuhan seperti sekarang ini.mungkin juga waktu itu disertai para Malaikat.[perlu dicatat bahwa keberadaan Nur tidak mengenal tempat,Nur ini ada dimana-mana dalam ruang yang diliputinya,Nur adalah ruang itu sendiri dimana alam / kosmos berada didalamnya]
Bumi ini berbeda dengan planet yang lain di tata surya. 7 Lapisan Atmosfir bumi ini tidak dimiliki oleh planet lain,sehingga memang kehidupan itu khusunya tata surya kita,hanya bumilah yang diperuntukkan bagi manusia.bukan planet2 lain seperti mars,jupiter dan lainnya.
___________

Keistimewaan bumi adalah bahwa dipermukaannya terdapat 7 Lapisan Atmosfir ( Langit bumi ) yang berfungsi sebagai perisai / pelindung.terhadap debris benda-benda ruang angkasa yang tertarik ke dalam medan gravitasi bumi hingga benda-benda seperti meteor ini bisa merusak dan menghancurkan sebagian permukaan bumi dimana manusia hidup.

__________Penafsiran dari sahabat Ibnu Abbas.ra ,yang bersumber dari Futuhatul Ilahiyat juz III hal,125 :



Alqur'an,Surah : Al-Anbiyaa : 30.
Apakah tidak mengetahui orang-orang kafir itu bahwa sesungguhnya langit dan bumi dahulunya adalah tertutup ( satu ), lalu Kami pecahkan ( pisahkan ) keduanya.
Tafsir Ayat ini menurut Sahabat Ibn Abbas ra adalah :
Maksud kalimat : "Kaana Taa Ratqan",adalah berupa satu benda yang rapat,lalu Allah SWT memisahkan kedua- duanya dengan hawa ( udara ) dan diangkat-Nya langit keatas dan di tetapkan-Nya bumi seperti keadaan sekarang ini.
[ dikutip dari buku Rahasia Kekuatan Ghaib Dibalik Alam yang Nyata,karangan : Ust.Labib MZ,diterbitkan oleh CV.Pustaka Agung Harapan Surabaya ]
[ Perlu dicatat bahwa dalam penyempurnaan langit dan bumi ini,Allah SWT bekerja dengan kalimat demi kalimat- Nya dan Nur bekerja bilamana diperlukan untuk menyempurnakan atau menggenapkan pekerjaan dzat lain yang merupakan fragmennya ]
__________[ Insert : Dalil tambahan : ]


Fushshilat : 11.
Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".
[ Disini Allah SWT hanya cukup berfirman kepada yang dikehendakinya,dalam hal ini Langit dan Bumi,maka keduanya menurut yang menjadi Kehendak-Nya.ini adalah komunikasi Khalik dengan ciptaan- Nya.perkara bagaimana wujud komunikasi tersebut secara detail,itu menjadi urusan Allah SWT.dalam hal ini Langit dan bumi adalah mahluk (fragmen Nur  ) dimata Allah SWT dan mahluk ini mengenal dan memahami dengan baik akan penciptanya dan kodrat yang diberikan padanya.]

__________[ Insert : Catatan : ]
Perlu dicatat,bahwa kata langit dalam Alqur'an memiliki kandungan penafsiran yang bermacam- macam,salah satunya adalah langit bumi / 7 lapis atmosfir bumi,yang lain adalah menyatakan tingkatan,kemudian ada yang bermakna persinggahan-persinggahan di alam barzakh ( 7 langit dalam Isra' dan Mi'raj ),mungkin masih ada makna yang lain.
_________
Profil Bumi yang Sengaja di bedakan dengan planet-planet disekitarnya,terutama permukaannya.



[ Gambar diambil dari print screen simulasi Software 3D Solar System ]
Gambaran Bumi,Matahari dan Planet-planet di tata surya,Bumi ini berbeda / dibedakan dari planet- planet lain.

_________[ Insert ]
Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana- Nya (sebelum itu) di atas air...( Huud : 7 )

"Dalam Enam Masa" = Makna ini dikembalikan pada Allah SWT,mungkin ada beberapa tafsir memuat pembahasan tentang enam masa ini,silahkan melihat ke tafsir.

Singgasananya di atas air = saya kira maksud singgasana di atas air disini adalah,bahwa Tuhan sewaktu menyempurnakan bumi ini berada di atas air atau mengambil kedudukan di atas air,tentang bagaimana Tuhan berada di atas air,jangan cari hal ini,karena pada akhirnya manusia akan bertemu Tuhan dan disanalah semua misteri akan Tuhan bagi manusia akan terungkap.
---------------
Yang di garis bawahi oleh tulisan ini adalah bahwa ketika penciptaan langit dan bumi,Allah SWT sendiri yang ada di bumi,melihat dan mempersiapkan bumi ini agar bisa di huni oleh mahluk,terutama adalah manusia yang akan hidup di dalamnya,turun temurun.hingga bumi ini rusak atau telah sampai ketetapan bagi bani adam untuk meninggalkan bumi bersama umat jin.

Mungkin ada pertanyaan,manakah lebih dulu,manusia di ciptakan atau bumi ini yang dipersiapkan lebih dulu untuk kehidupan manusia ?...

Menurut saya,ini hanya kemungkinan dari banyak kemungkinan,bahwa bumi ini dan manusia telah di rencanakan jauh sebelumnya oleh Tuhan.dan kalau melihat proses penciptaan,maka bumi adalah lebih dulu di ciptakan,alasannya adalah penciptaan bumi lebih lama daripada penciptaan manusia.tentu saja proses ini di dahului oleh penciptaan galaksi,hanya dulu tidak di terangkan oleh karena manusia belum sampai pengetahuannya.proses terbentuknya galaksi,saya kira adalah proses alam,dan proses alam adalah merupakan kuasa Nur.ketika galaksi sudah terbentuk,maka berikutnya adalah proses penyempurnaan galaksi sebagai hunian mahluk.proses penyempurnaan ini bisa saja hanya terjadi karena kuasa Nur.bisa pula karena Kuasa Tuhan,bisa pula karena kuasa keduannya.seperti penyempurnaan bumi,ketika bumi belum di sempurnaka,kelihatannya bumi belum memiliki atmosfir yang jumlahnya tujuh lapisan tersebut ( klasifikasi para pakar ).kemudian bumi disempurnakan oleh Tuhan bersama Nur.Tuhan turun langsung ke bumi dan menyempurnakan penciptaannya.mungkin planet-planet lain seperti mars,Jupiter dan lainnya,hanya di sempurnakan oleh kuasa Nur.Tuhan tidak melibatkan diri.hanya bumi ini saja.demikian pendapat saya < maaf,saya bukan siapa-siapa bagi anda,silahkan cerna tulisan saya menurut logika dan pengetahuan anda >.

Ketika manusia di ciptakan di surga,Tuhan sudah mengantisipasi sebelumnya dengan penciptaan bumi.jika kemudian manusia di tempatkan di surga,dan mereka belum memenuhi syarat,maka manusia akan di kirim ke bumi.disini saya berfikir dalam porsi saya sebagai manusia,adapun mengenai hal sebenarnya,hanya Tuhan yang tahu.
Kemudian,ternyata manusia belum memenuhi syarat untuk berada di surga,hal ini terbukti bahwa manusia tidak mampu memegang sebuah amanat atau sebuah larangan Tuhan-nya.yakni larangan untuk tidak mendekati sebuah pohon.walaupun kejadian ini juga di picu oleh tipu daya gol.Jin,namun mungkin dalam pandangan Tuhan,manusia memang belum bisa memegang sebuah amanat Pencipta,Tuhan-nya.dalam pandangan Tuhan,mungkin bahwa Nabi Adam as seharusnya masih bisa melawan tipu daya tersebut,akan tetapi Nabi Adam as tidak mampu karena suatu sebab.maka itu dalam ayat lain dikatakan bahwa Nabi Adam adalah memang lemah,mungkin maksud ayat tersebut terlalu lemah,hingga tidak bisa melawan keinginannya untuk mendekati pohon yang dilarang tersebut,tidak bisa melawan keinginannya agar tetap patuh pada amanat / larangan Tuhan.
Pada akhirnya bumi adalah menjadi pilihan untuk bani Adam dan Umat Jin.bumi menjadi tempat untuk menempa manusia dan jin agar bisa memenuhi syarat untuk menghuni surga.kehadiran manusia di surga ternyata membuat umat jin menjadi angkuh,dan hal ini tidak di benarkan bagi penghuni surga.sehingga umat jin juga harus di uji di bumi.

___________
[ insert ]
[ Tidak satupun dari planet-planet di tata surya ini yang menyerupai bumi dalam perkara kehidupan didalamnya,mirip pun tidak ]


[ Gambar diambil dari print screen simulasi Software 3D Solar System ]
[ Lubang-lubang di permukaan planet Mars yang kemungkinan besar akibat Meteor,lihat bedanya dengan bumi ]
Tujuh Langit / Atmosfir bumi ( bukan tujuh persinggahan langit ) benar-benar membedakannya dari yang lain,planet lain banyak mengalami kerusakan akibat benturan dengan meteor atau mungkin asteroid, Hal ini juga menunjukkan bahwa kondisi ini telah di atur sedemikian rupa hingga manusia tidak akan bisa menghuni planet- planet di sekitar bumi,ada planet / bumi yang lain yang di sediakan setelah manusia itu wafat dan di bangkitkan kembali. itulah makna mahluk / ciptaan,mahluk itu di atur,tidak bisa melampaui batas kebebasan yang telah di tetapkan.
___________
Setelah Bumi sempurna kejadiannya dan Allah SWT kembali ke Arsy,( makna "Istawa" atau bersemayam disini di artikan sebagai " Kembali Ke Arsy- Nya" / ke tempat-Nya.)

Dimanakah Arsy ?...tempat Tuhan berada ?..apakah Arsy itu suatu tempat di dalam alam semesta ?..atau di luar alam semesta ?..wallahu a'lam bissawab.
------------
Lalu,mungkin dimasa-masa kemudian, Allah SWT menyatakan pada para Malaikat akan diciptakannya Manusia yang akan menjadi "Khalifah" di bumi,yakni Nabi Adam as.Nabi Adam kemudian diciptakan di Syurga,lalu di turunkan ke bumi bersama umat Jin,termasuk umat jin yang di sebut Iblis.
-----------------
_________[ Insert : Kehidupan awal bumi : ]
Kehidupan awal bumi telah di gambarkan oleh temuan Ilmu Pengetahuan,bahwa jutaan / miliaran tahun sebelum adanya manusia,bumi itu diawali oleh kehidupan jasad renik dan bakteri,disusul kehidupan kerang-kerangan di laut,lalu disusul kehidupan tumbuhan dan ikan,lalu kehidupan ampibi,insect dan lumut.sebesar pohon,kemudian muncul rawa- rawa dengan hutan pakis dan paku- pakuan serta reptil pertama,kemudian muncul pinus menggantikan paku-pakuan dan mulai terjadinya gurun,kemudian disusul mamalia pertama,tanaman biji terbuka,kemudian muncul keidupan dinosaurus dan burung pertama,kemudian kehidupan dinosaurus mulai musanah dan muncul tanaman berbunga. periode berikutnya di sebut periode tersier dan Quarter,dalam periode ini diperkirakan telah ada manusia di bumi,terutama di periode Quarter.kehadiran manusia ini terindikasi ilmu pengetahuan kurang lebih 500,000 tahun yang lalu.
Dengan demikian,Bumi setelah sempurna kejadiannya,maka muncullah masa kehidupan yang mengawali kehidupan manusia.masa ini di perkirakan oleh ilmu pengetahuan sekitar 590 juta tahun.
setelah itu manusia mulai terindikasi jejaknya di bumi,jika di ukur dari sekarang th.2010,maka kurang lebih 500,000 tahun yang lalu.
Berita terbaru menyebutkan bahwa ada jejak peradaban manusia di temukan di Al-Karmel ( Israel ) yang masih berdekatan dengan Al- Quds / Baitul Maqdis / Palestina. [ yang menulis sudah berusaha mencari sumber detailnya,namun belum ketemu ]
------------------------------------
Sebuah Dugaan :
Kemungkinan Nabi Adam as dan Isterinya,pertamakali di turunkan ke bumi adalah di daerah Al-Quds / Baitul maqdis / Palestina.karena daerah ini juga yang menjadi tempat Mi'raj Rasulullah Muhammad SAW menuju Sidrat Al- Muntaha.Kejadian Mi'raj yang mengambil posisi di Baitul Maqdis ini, seakan menunjuk Baitul Maqdis sebagai tempat mendarat dan bermukim manusia pertama,yakni nabi Adam as dan Isterinya. Wallahu' A'lam Bissawwab.( pendapat lain menyatakan Srilangka sebagai tempat bermukimnya nabi Adam dan Hawwa pertamakali di bumi ini ).namun semua pendapat ini adalah dugaan semata,tidak ada dalil Al-Qur'an ataupun dalil Kitab Suci Abrahamik yang mendukungnya.jika ada tentu dalilnya sudah beredar di tengah umat,walaupun dari agama non Islam.
--------------------------
[ Insert ]
Spontanity Theori :
Theori spontanitas seperti yang dikemukakan oleh barat,mungkin bahkan sangat mungkin terjadi.artinya memang ada mahluk yang tidak diciptakan oleh Tuhan langsung,melainkan mahluk tersebut tercipta di alam.jika mahluk tersebut dikatakan tercipta di alam,maka penciptaannya adalah di dalam kuasa Nur.jadi sebenarnya yang mengadakan adalah Nur. Nur bisa mencipta ? …ya…ini kuasa yang diberikan Tuhan pada Nur.oleh sebab itu Tuhan di dalam kitab suci sering menggunakan kata "KAMI".buka "AKU" saja.kecuali Tuhan bertindak langsung,maka Tuhan akan berkata "AKU",jika hal itu di serahkan pada Nur,maka Tuhan akan berkata "KAMI".

Mahluk yang bisa tercipta di alam adalah seperti Hewan.
Kemudian Tumbuhan
Kemudian Micro Organisme.

Adapun Malaikat,Jin dan Manusia, adalah diciptakan langsung oleh Tuhan.

---------------------------
Anda harus membaca tulisan yang didalamnya membahas mengenai Nur agar bisa memahami tulisan ini.karena Nur adalah sesuatu yang nampak baru muncul disini dan berbeda, padahal Nur sudah di perkenalkan dalam Islam semenjak Rasulullah Muhammad SAW. nama Nur ini kemudian tenggelam oleh keadaan,ada juga sebagian orang yang tetap memelihara nama Nur ini,mungkin orang-orang tertentu saja dan nama Nur jarang di munculkan / di sebut didepan umat.entah mengapa.mungkin karena Nur itu sukar difahami.
---------------------------
Saya yakin bahwa dulu,nabi Isa / Isa Al-Masih sudah memperkenalkan Nur ke umatnya,yang sekarang di kenal dalam Nasrani sebagai Roh Kudus.
---------------------------
Kemudian,saya kira 7 Resi yang membawa RgVeda,juga sudah memperkenalkannya ke umatnya,yang sekarang di kenal dengan nama Brahman,maaf jika terjadi salah faham,saya tidak bermaksud merendahkan nama Brahman yang sangat di sucikan dalam Agama Hindu karena Brahman adalah Tuhan dalam agama Hindu.saya hanya mencoba mencari sebuah korelasi antara Nur dalam agama Islam dengan persamaannya dalam agama lain.sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya jika hal ini menyinggung perasaan umat lain.
[ Saya pernah membaca tulisan,bahwa didalam kepercayaan Hindu,yang isinya menyatakan bahwa diciptakan pertama adalah Brahman,tulisan ini tidak sempat saya simpan.atau mungkin tulisan tersebut menyatakan bahwa yang pertama diciptakan adalah Brahma.saya tidak ingat lagi.saya sedang mencari tulisan tsb,ini untuk keperluan pengetahuan saja,bukan untuk hal-hal lain,apalagi untuk melecehkan sebuah agama,tidak,saya tidak pernah bermaksud demikian,saya sedang mencari suatu sebab yang umum tentang mengapa kita manusia ini cenderung tidak setuju jika Tuhan manusia adalah sama,Tuhan hanya SATU saja,mustahil Ia lebih dari SATU.semoga tidak terjadi salah faham ].
---------------------------

Demikian,semoga bermanfaat.
Tulisan ini bisa benar dan bisa tidak menurut anda,terserah pada anda.
Trims._______________ht@2011



Contacts :

Email : djibreell@gmail.com