Rabu, 14 Desember 2011

Tuhan dan Konsep Asal Mula



Home
Tuhan dan Konsep Asal Mula :
 
_______________________________________________________________
Dalam konsep manusia dikenal sebuah konsep Asal Mula dari segala sesuatu.jika sesuatu itu ada,maka pasti ia memiliki awal keberadaan dan sebelum keberadaan itu...sesuatu adalah tidak ada. [ dari tidak ada menjadi ada ].....apakah konsep semacam ini berlaku bagi Tuhan ?....
Konsep diatas..harus dikatakan bahwa ia tidak berlaku bagi Tuhan.Tuhan tidak mengenal konsep ASAL MULA.konsep asal mula "dari tidak ada menjadi ada" hanyalah konsep bagi ciptaan...tidak untuk Pencipta.
Pernyataan bahwa Tuhan itu "ADA" ,...adalah sudah tidak tepat..karena kata ADA memiliki lawan kata TIDAK ADA [ artinya ada keadaan dimana sesuatu itu pernah tdk ada ].ini adalah logika manusia.namun karena akal sudah tidak memiliki perbendaharaan kata yang tepat,maka cukuplah dikatakan bahwa Tuhan itu ADA tetapi Tuhan tidak mengenal kata AWAL.Tuhan tidak memiliki awal keberadaan....disinilah perbedaan Tuhan dan Manusia ( mahluk ) yang paling spesifik...bagaimanapun manusia bukan Tuhan,sehingga banyak konsep-konsep manusia / mahluk pada umumnya yg tidak berlaku bagi Tuhan.
__________________________________
Jika sebuah teori yg disebut steady state menyatakan bahwa alam semesta inilah yg ada dan tidak memiliki awal,maka agama seharusnya menyatakan bahwa yang dimaksud steady state itu adalah Tuhan.bukan alam semesta.alam semesta ini di ciptakan.
__________________________________
Tuhan adalah KARAKTER INDIVIDU ?..benarkah....???
Hal ini tergantung persepsi masing-masing...namun bagi saya,Tuhan adalah Karakter Individu. adakah teori yang bisa membantah ini ?...
Permasalahannya jika Tuhan adalah karakter individu..akal akan bertanya...seperti apakah Tuhan ?..apakah seperti manusia ?...
Perbedaan manusia dengan Tuhan salah satunya adalah pada masalah GENDER.Tuhan tidak memiliki gender...Ia adalah Tuhan sendiri dalam wujudnya.Ia berbeda dari mahluk-Nya dalam hal ini.
Manusia memiliki gender wanita dan pria..karena manusia diciptakan untuk menjadi banyak tanpa harus diciptakan satu persatu.ini adalah cara Tuhan memperbanyak mahluk-Nya secara umum.
Jika logika manusia banyak mengajukan pertanyaan tentang Tuhannya,maka memang demikianlah manusia diciptakan.jika manusia diciptakan dgn tidak diberi logika berfikir yg mengarah pada pertanyaan-pertanyaan akan Tuhannya,maka manusia tidak akan pernah mengenal pertanyaan-pertanyaannya tentang Tuhan.disinilah kelebihan yg diberikan pada manusia,logika..yg super.ini pertanda bahwa manusia itu bukanlah mahluk sembarangan...yang bisa di anggap seperti sesuatu yang berawal dari tidak ada menjadi ada lalu kembali menjadi tidak ada...ini adalah konsep yg tidak tepat.
________________________________
Apa jawab manusia jika Tuhan berkata demikian : " Jika engkau bertanya tentang asal muasal-KU,itu karena AKU menciptakan engkau untuk bertanya seperti itu,jika engkau kuciptakan tanpa pengetahuan untuk bertanya seperti itu,apa jawabmu ? dan jika Aku mengatakan bahwa Asal Muasal-Ku memang sudah ada dan tdk berawal ?...apa jawabmu ? ...memang demikianlah AKU...dan engkau tidak akan memahami ini jika engkau terus saja menggunakan konsep logikamu untuk mengenal diri-Ku.Logikamu tidak cukup untuk mengenal AKU seutuhnya.karena memang demikianlah kodratmu.memang demikianlah engkau kuciptakan".
________________________________
Mengenal Tuhan :
Selayaknya manusia jangan terburu-buru memberi gambaran akan wujud Tuhan,seperti dalam lukisan atau wujud manusia.tunggulah sampai Tuhan menunjukkan diri-Nya pada manusia.inilah yg tepat.
Banyak manusia yg tidak sabar..lalu membuat-buat gambaran akan Tuhan..sehingga hal ini menimbulkan banyak tafsir yg kebanyakan menyifati Tuhan seperti manusia.Tuhan tidak bisa di sifatkan seperti manusia.untuk itu..bersabarlah..dan tunggulah saatnya tiba.
Konsep Ketuhanan Rasulullah SAW adalah bahwa Tuhan itu merupakan Karakter Individu...silahkan gali hadits-hadits sahih.
Rasulullah tidak pernah menggambarkan bahwa Tuhan itu adalah dzat yg berada dimana saja,atau Tuhan itu bisa menyatu dengan manusia,atau Tuhan itu bisa berada dalam diri manusia.konsep-konsep ketuhanan seperti ini merupakan konsep konsep dalam Islam yang berkembang setelah Rasulullah SAW tiada.ada indikasi bahwa konsep-konsep ketuhanan yg aneh ini teradopsi dari konsep-konsep ketuhanan dari agama non Abrahamik,seperti konsep ketuhanan Brahmanisme...konsep Brahmanisme tdk bisa di campur aduk dengan konsep ketuhanan Abrahamik.dua Induk agama besar ini memiliki perbedaan.
Adapun isu yg di pakai orang bahwa Rasulullah saw mengajarkan ilmu hakikat [ rahasia Allah,katanya ] pd Sy Ali bin Abi Thalib ? ...yg mungkin2 saja menjadi pangkal munculnya konsep ketuhanan dimana Tuhan bisa menyatu dgn mahluk....dll ,sy kira ini isu mengada ada saja.....mana mungkin Rasulullah saw menyembunyikan berita yg jg merupakan hak semua org utk tahu....{ Rasa ke AKU an yg sesat sajalah penyebab semua kekisruhan dlm islam,manalah mungkin islam tercerai berai dlm byk aliran kl tdk ada pendusta agama didalamnya],lalu ajaran islam manakah yg di dustakan?..ini yg hrs di waspadai setiap akal.
Al Quran adalah total dlm ayat2 muhkamat-nya....jika dikatakan tdk boleh manusia mengaku sbg Tuhan,maka tdk boleh,sekalipun di dalam hati.....lalu atas dasar apa konsep hulul dan wahdatul wujud?.....di hadits mana dan di quran mana?....dari hidayah? mana lebih tinggi hidayah nabi atau org biasa?...jgn di balik...kl di balik ini kesesatan akal,lelucon yg tdk lucu.itulah akibatnya kl manusia ada yg mengaku wali yg derajadnya di atas nabi...syariat jd terinjak.
Sy yakin bahwa di setiap aliran islam terdapat jejak syariat yg benar,tdk bisa sebuah aliran di vonis sesat begitu saja.tindakan yg bijak adalah mencari dan mengumpulkan jejak syariat tsb lalu di kemas kembali sbg ajaran tunggal Rasulullah Muhammad saw,jgn tunggu Al Mahdi,neraka tdk menunggu Al Mahdi.
Sy tdk pro pd salah satu mazhab islam,sy hanya segelintir debu dlm umat yg bermimpi bahwa seluruh mazhab bisa duduk satu meja utk merumuskan konsep tunggal islam.

-----------------------------------------------------------------------   
Sekian ,semoga bermanfaat.

Contacts :
Email : djibreell@gmail.com